Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Bagaimana Menentukan Polis Asuransi Yang Benar? Berikut Cara-Caranya

Berbicara tentang asuransi sama halnya dengan membicarakan jaminan segala aspek kehidupan di masa mendatang. Meskipun semua orang tidak tahu bagaimana keadaan hari esuk maupun masa depan yang akan datang, namun keberadaan sebuah asuransi membantu mereka untuk sekedar memberikan gambaran persiapan untuk menghadapinya.

Jika anda ingin menjaminkan beberapa hal yang akan datang dengan asuransi, maka anda membutuhkan sebuah tanda bukti yang  biasa disebut sebagai polis asuransi. Menentukan polis asuransi merupakan langah awal bagi anda sebelum anda memutuskan untuk menggunakan asuransi. Sebab dengan polis inilah segala sesuatu yang berhubungan dengan asuransi yang anda pilih bisa difungsikan. Maka dari itu, anda harus dapat memilih dan menentukan polis yang tepat untuk asuransi anda.

Kegunaan polis asuransi
gambar via futuready.com
Sebelum menuju ke penjelasan lebih jauh, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan polis asuransi. Agar anda tidak salah faham dengan definisinya, sebab di asuransi sendiri terdapat banyak istilah. Dimana terkadang orang-orang salah mengartikanya. Polis asuransi merupakan sebuah bukti yang secara tertulis menjelaskan beberapa hal tentang hak dan kewajiban antara pengguna asuransi dengan perusahaan asuransi tertentu.

Mengapa seseorang harus menentukan polis asuransi yang benar? Sebab dengan pilis asuransi, pengguna asuransi akan memiliki ikatan secara hukum dengan perusahaan asuransi. Sehingga masing-masing pihak akan sama-sama mengetahui tanggung jawa masing-masing, dimana dengan polis tesebut seluruh hak dan kewajiban kedua belah pihak akan terlindungi. Ada beberapa kegunaan polis asuransi (untuk pengguna) yang mungkin perlu anda ketahui yaitu:
  • Menjadi sebuah bukti ketika pengguna mengalami kerugian (salah satu resiko), yang mana pembahasan perihal kerugian telah tertulis pada polis.
  • Bukti untuk setiap pembayaran premi yang rutin dibayarkan pada perusahaan asuransi.
  • Jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal diluar perjanjian yang ada, maka polis bisa digunakan untuk menuntut perusahaan asuransi yang mungkin teledor dalam memberikan pelayanan berupa jaminan kepada anda.
Sedangkan kegunaan polis bagi penanggung jawab asuransi (perusahaan) antara lain sebagai berikut :
  • Sebagai bukti dari jaminan yang diberikan oleh penanggung jawab (perusahaan) kepada pengguna atas resiko kerugian yang dialami, untuk pembayaran seluruh kerugian sesuai dengan perjanjian pada polis.
  • Sebagai bukti atas pembayaran premi yang dilakukan oleh pengguna secara rutin.
  • Sebagai salah satu alat bukti untuk menolak apabila terjadi penuntutan dari pihak pengguna kepada perusahaan asuransi (baik yang berupa klaim maupun ganti rugi yang tidak tercantum di dalam polis).
Banyak sekali perusahaan asuransi terkenal dengan kualitas terbaik yang bisa anda jadikan sebagai penjamin dari perencanaan masa depan anda nantinya. Namun sebelum melangkah lebih jauh, anda harus terlebih dahulu menentukan polis asuransi yang bisa menguntungkan bagi anda dan tidak merugikan perusahaan.


Penentuan Polis Asuransi
Perusahaan asuransi menawarkan banyak sekali jenis asuransi yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda. Sebelum anda menentukan polis, pilihlah dulu apa jenis asuransi yang ingin anda buat, setelah itu anda bisa menanyakan lebih detail tentang kebijakan dan seluruh aturan yang terkandung di dalamnya.

Di sini merupakan titik awal anda dalam menentukan polis asuransi yang benar. Anda harus dengan teliti memahami setiap isi dan bagian dari polis tersebut. Nah agar anda tidak salah memilih dan tidak kebingungan, anda bisa menggunakan beberapa cara berikut untuk menentukan polis :

Usahakan polis yang anda pilih adalah yang benar-benar anda butuhkan
Nah, hal ini menjadi penting, kenapa? Karena tidak mungkin seseorang akan mengasuransikan sesuatu yang tidak dibutuhkan. Perusahaan asuransi tentu memiliki banyak sekali jenis penawaran asuransi dengan berbagai macam polis masing-masing. Anda di sini harus memilih yang sesuai dan benar-benar anda butuhkan. Misalnya, saat ini anda memiliki anak yang masih sekolah di tingkat SD. Kemudian anda menginginkan anak anda bisa lulus minimal sampai SMA, namun anda tahu bahwa biaya pendidikan semakin mahal. Maka asuransi tepat adalah asuransi pandidikan.

Pilihlah polis yang bisa memberikan double claim
Dalam menentukan polis asuransi double claim (klaim ganda), akan memberikan keuntungan tersendiri bagi anda dari segi penggunaan dan pemanfaatan yang optimal. Misalnya, anda bekerja disebuah perusahaan yang memberikan fasilitas berupa asuransi kesehatan, sedangkan anda sendiri sudah memiliki asuransi kesehatan mandiri. Maka usahakan untuk menggunnakan pelayanan berupa klaim dobel yang diberikan pihak perusahaan.

Dengan begitu, jika anda ingin mengajukan klaim pada asuransi pribadi anda, maka anda hanya cukup membawa bukti kwitansi dari rumah sakit tempat anda periksa. Layanan ini memberikan kemudahan bagi pengguna untuk memperoleh dua keuntungan sekaligus.

Polis berjamaah
Jika di perusahaan asuransi tersebut memiliki banyak pilihan polis, maka anda harus menentukan polis asuransi yang bisa digunakan untuk berjamaan (anggota keluarga). Polis sejenis ini akan memudahkan anda dalam pembayaran. Sebab dalam satu keluarga hanya memakai satu polis artinya yang perlu anda bayar ya hanya satu polis tersebut. Dari segi pembiayaan ini jelas lebih hemat, dan anda bisa memanage keuangan anda untuk hal yang lain.

Syarat dan ketentuan harus anda pahami
Memilih polis memang membutuhkan kejelian dalam mencermati setiap batasan dan aturan yang ada di dalamnya. Anda harus telaten membaca Polis Asuransi satu persatu dan memahaminya agar anda tidak rugi di kemudian hari. Setiap perusahaan asuransi memiliki kebijakan yang berbeda pada setiap polis yang ditawarkan. Namun pada dasarnya ada beberapa ketentuan yang sudah umum di setiap perusahaan asuransi, yaitu:
  • Terdapat nominal besaran pembayaran premi yang harus anda penuhi secara rutin. Dan juga terdapat sebuah sistem yang digunakan untuk penghitungan premi sesuai dengan kapasitas dan kemampuan anda.
  • Beberapa pertanggungan perusahaan asuransi yang dapat anda klaim seperti rumah sakit atau klinik yang anda pilih, persyaratan untuk mengajukan rawat inap, pelayanan rumah sakit yang bisa di klaim (pelayanan dokter, obat, pembiayaan kamar dan lainnya).
Pada dasarnya, dalam menentukan polis asuransi memang harus anda pahami dulu dengan benar, baru setelahnya bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan asuransi anda. Selain itu anda juga harus menggunakan skala prioritas. Misalnya anda ingin mengasuransikan pendidikan anak dan kendaraan, maka anda harus dahulukan mana yang kiranya lebih penting. Sehingga anda tidak akan mengalami banyak kerugian di hari kemudian.

Selain itu, dalam menentukan polis asuransi, jenis dari asuransi yang ditawarkan juga harus anda pahami. Di sini anda juga harus memilih perusahaan mana yang bisa memberikan pelayanan yang menguntungkan bagi anda. Saat ini perusahaan asuransi saling bersaing untuk mendapatkan calon pengguna asuransi dengan berbagai penawaran yang menarik. Nah disini kejelian anda harus anda gunakan, jangan sampai hanya karena sedikit iming-iming yang diberikan, anda lantas menjadi ngawur dalam memilih perusahaan asuransi yang dapat dipercaya.