Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Jangan Sembarangan Memilih Asuransi Kesehatan, Perhatikan Tips Berikut Ini

Kesehatan adalah aset utama yang harus dijaga karena perannya yang sangat penting bagi setiap sendi kehidupan. Berbekal kesehatan yang baik, maka Anda pun bisa melakukan sejumlah aktivitas penunjang lainnya seperti bekerja, berkarya, dan juga kegiatan-kegiatan produktif yang lainnya.

Selain menjaga kesehatan dengan berolahraga dan juga mengkonsumsi makanan yang menyehatkan, banyak pula yang melengkapinya dengan penggunaan asuransi. Tentu jenis asuransi yang digunakan adalah asuransi kesehatan karena tujuan utama yang hendak dicapai adalah proteksi terhadap kesehatan pribadi dan keluarga.


Ada banyak sekali jenis dan agen asuransi di luar sana. Namun, memilih asuransi kesehatan untuk diri sendiri dan juga untuk keluarga sebaiknya tidak dilakukan secara sembarangan apalagi serampangan. Anda harus memperhatikan banyak aspek sebelum benar-benar memutuskan untuk mengambil jenis asuransi kesehatan yang Anda inginkan. 

Meski Pemerintah sendiri telah menyediakan asuransi kesehatan berupa BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) kesehatan, namun tidak ada salahnya apabila Anda juga memiliki jenis asuransi kesehatan lain. Asuransi kesehatan lain ini dapat digunakan sebagai sarana pelengkap bagi asuransi BPJS yang telah Anda miliki. Dengan memiliki jenis asuransi lain, maka bisa digunakan untuk meng-cover apabila ada jenis masalah kesehatan yang tidak ditanggung oleh asuransi kesehatan BPJS.

Apabila Anda ingin mencari asuransi kesehatan, berikut adalah beberapa tips penting yang dapat digunakan sebagai acuan dalam memilih asuransi kesehataan yang bisa dipertimbangkan.

Pilih Asuransi Yang Bisa Meliputi Semua Anggota Keluarga
Apabila Anda sudah termasuk orang-orang yang berkeluarga, maka asuransi kesehatan yang bisa menanggung semua anggota keluarga merupakan pilihan yang pas dan sesuai. Dengan memilih satu polis yang bisa meng-cover setiap anggota keluarga mulai dari suami/istri, dan juga anak-anak tentu akan menghemat pengeluaran premi setiap bulannya. Selain harga premi yang cenderung lebih rendah, asuransi dengan polis yang bisa meliputi setiap anggota keluarga juga lebih praktis bila dibandingkan dengan masing-masing anggota memiliki polis tersendiri secara terpisah.

Kemudahan Untuk Proses Klaim
Tips memilih asuransi kesehatan yang berikutnya adalah kemudahan melakukan klaim terhadap asuransi. Hal ini sangat penting untuk dipertimbangkan karena akan menyangkut efektivitas dari proses klaim apabila Anda membutuhkan perawatan. Jika Anda ingin membeli asuransi kesehatan, sebaiknya pilih perusahaan asuransi dan juga produk asuransi yang mudah untuk digunakan atau mudah untuk diklaim.

Memilih produk asuransi yang bisa diklaim dengan mudah dan secara cashless merupakan pilihan yang pas dan tepat. Dengan menggunakan sistem cashless ini maka Anda bisa menggunakan kartu asuransi pada berbagai Rumah Sakit mitra dengan tanpa harus mengeluarkan uang terlebih dahulu. Proses klaim yang bisa dilakukan secara cashless ini tentu akan lebih praktis dan juga efektif apabila dibandingkan dengan sistem reimbursement karena prosesnya bisa lebih panjang.

Pilih Kelas Dan Jenis Perawatan Sesuai Dengan Yang Dibutuhkan
Memilih asuransi kesehatan juga harus mempertimbangkan kelas dan jenis perawatan yang dibutuhkan. Secara umum ada beberapa tingkatan kelas yang berbeda. Semakin tinggi kelas yang diambil semisal VVIP ataupun VIP tentu premi yang harus dibayarkan juga akan lebih mahal bila dibandingkan dengan jika Anda memilih kelas yang regular.

Selain itu, memilih jenis perawatan yang sesuai dengan kebutuhan juga merupakan hal yang sangat penting. Masing-masing produk asuransi tentu dapat memiliki cakupan jenis perawatan yang berbeda. Mulai dari jenis rawat inap, rawat jalan, rawat gigi, persalinan, dan ataupun jenis perawatan lainnya. 

Dengan banyaknya jenis perawatan ini, tentu Anda harus lebih cermat dan teliti dalam memilih asuransi kesehatan agar tidak rugi dalam membayarkan premi asuransi. Anda bisa saja memilih produk asuransi yang menawarkan paket perawatan lengkap dan komplit, namun produk ini akan memiliki harga premi yang jauh lebih mahal.

Cek Kemudahan Akses Ke Rumah Sakit Mitra Perusahaan Asuransi
Setiap perusahaan asuransi kesehatan sudah tentu memiliki rekanan atau mitra Rumah Sakit untuk perawatan. Jumlah rekanan ini tentu bisa berbeda antara satu dan yang lainnya. Ada tipe rumah sakit tertentu yang tidak masuk dalam jaringan suatu perusahaan asuransi namun ternyata termasuk ke dalam rekanan perusahaan asuransi lainnya. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih asuransi yang memiliki rekanan Rumah Sakit yang jelas agar memudahkan ketika sewaktu-waktu membutuhkan perawatan.

Jika Anda termasuk jenis orang yang mobile atau suka bepergian karena urusan pekerjaan, maka memilih asuransi kesehatan yang memiliki banyak rekanan Rumah Sakit diberbagai kota/wilayah merupakan suatu hal yang perlu dipertimbangkan. Apabila sewaktu-waktu membutuhkan perawatan, maka tidak perlu repot karena hanya perlu menuju ke Rumah Sakit rekanan perusahaan asuransi yang ada di kota tempat Anda membutuhkan tersebut.

Perhatikan Nominal Premi Yang Harus Dibayarkan
Tidak bisa dipungkiri bahwa komponen utama dalam suatu asuransi adalah besar-kecilnya premi yang harus dibayarkan. Besar-kecilnya premi asuransi biasanya berkaitan dengan jenis kelas yang dipilih dan juga cakupan perawatan yang termuat dalam suatu produk asuransi. Kelas VVIP tentu akan jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan kelas perawatan VIP apalagi kelas regular. Pun demikian juga dengan paket perawatan lengkap, preminya akan jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan produk asuransi yang khusus meng-cover beberapa jenis perawatan saja.

Oleh karena itu memilih asuransi kesehatan juga harus mempertimbangkan premi yang disesuaikan dengan total pendapatan Anda. Sebaiknya jangan memilih produk-produk asuransi yang memiliki jumlah nominal premi cukup memberatkan karena tidak sebanding dengan jumlah pendapatan yang Anda miliki tiap bulannya.

Pastikan Perusahaan Asuransi Tersebut Masuk Dalam Pengawasan OJK
Hal penting lainnya yang tidak boleh disepelekan dalam memilih asuransi kesehatan adalah dengan memastikan bahwa perusahaan asuransi tersebut telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perusahaan asuransi yang telah terdaftar oleh OJK akan memiliki lisensi resmi sehingga cenderung aman untuk dipilih karena usahanya pun terawasi.

Dengan memilih perusahaan-perusahaan asuransi yang sudah terdaftar oleh OJK maka Anda setidaknya satu langkah lebih jauh untuk menghindar dari kemungkinan penipuan. Perusahaan yang terdaftar pada OJK merupakan perusahaan resmi dengan alamat yang jelas dan juga dengan bisnis yang nyata bukan perusahaan bodong.

Itulah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan apabila hendak memilih jasa asuransi kesehatan baik untuk diri sendiri maupun untuk keluarga. Dengan semakin banyaknya perusahaan dan juga produk-produk asuransi, maka Anda harus benar-benar cermat dan teliti dalam memilih jenis asuransi yang pas sesuai dengan kebutuhan dan juga kenyamann  hidup.

Memilih asuransi kesehatan memang membutuhkan kecermatan dan juga ketelitian. Apabila Anda salah dalam memilih produk dan jenis asuransi maka akan membuat asuransi tersebut menjadi tidak efektif dan juga efisien. Bahkan tak jarang  hal ini akan membuat Anda menjadi rugi secara finansial maupun non-finansial.

Posting Komentar untuk "Jangan Sembarangan Memilih Asuransi Kesehatan, Perhatikan Tips Berikut Ini"