Seputar Asuransi Investasi yang penting untuk anda ketahui.

Saat ini semua keadaan serba tak pasti. Segala risiko bisa saja terjadi, musibah yang tidak terduga bisa muncul kapan saja dan merusak semua rencana yang telah disusun.

Untuk itu memiliki proteksi yang bisa melindungi, tentu menjadi sebuah solusi yang tepat. Mengalihkan sebagian risiko yang bisa saja terjadi pada pihak asuransi dapat memberikan ketenangan dalam hidup.

Untuk anda yang memiliki penghasilan lebih tentu dengan mudah dapat memiliki investasi dan proteksi.  Tetapi bagi anda yang memiliki penghasilan cukup, tentu agak susah jika harus memaksakan keduanya.


Proteksi menjadi hal yang wajib anda miliki. Berapa pun penghasilan anda sisihkan sebagian untuk memiliki proteksi. Karena anda tidak pernah tahu apa yang terjadi kedepannya. Selanjutnya barulah anda memikirkan investasi.

Saat ini perusahaan ansuransi menyediakan produk asuransi yang juga investasi. Sehingga anda bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus dalam satu polis yang anda beli. Keuntungan ganda dalam satu transaksasi.

Asuransi Investasi adalah sebuah produk yang di dalamnya terdapat pasal perlindungan yang anda dapatkan dari produk tersebut. Serta perhitungan investasi bagi hasil untuk kurun waktu tertentu.

Tentu saja untuk mendapatkan manfaat investasi anda harus menunggu sampai batas waktu yang ditentukan pada awal perjanjian. Waktu yang ditetapkan biasanya diatas sepuluh tahun lebih.

Untuk manfaat perlindungan anda sudah bisa mendapatkannya sejak awal masa perjanjian kerja sama dilakukan. Perlindungan bahkan bisa dirasakan oleh seluruh anggota keluarga sehingga memeberikan ketenangan 

Nilai premi bervariasi tergantung hasil yang akan anda perolehan dan lamanya berinvestasi. Tetapi anda masih bisa memilih nominal yang sesuai dengan kemampuan anda, sehingga tidak menjadi beban.

Keuntungan dari asuransi plus investasi adalah kemudahan yang ditawarkan untuk proteksi dan investasi. Anda bisa menggunakannya sebagai jaminan hari tua atau berbagai rencana lain di akhir periode premi.

Kemudahan pembayaran premi menggunakan kartu kredit maupun auto debit, membuat pemilik polis tidak harus datang ke kantor asuransi. Ini akan memberikan banyak kebebasan waktu bagi para nasabah asuransi.

Hasil yang didapatkan dari Asuransi Investasi terbilang lumayan, tergantung modal yang anda setorkan dan nilai keuntungan yang dihasilkan tiap tahunnya. Dana yang disimpan tidak akan hilang dan terus berkembang.

Asuransi jenis ini juga memiliki kekurangan diantaranya, jumlah premi  yang harus dibayarkan lebih tinggi dari asuransi proteksi saja. Hal ini karena perusahaan asuransi akan memberikan hasil investasinya pada anda di akhir periode.

Selain itu nilai tunai dari asuransi ini lebih kecil dari premi yang dibayarkan. Jika anda berniat berhenti sebelum batas waktu yang disepakati, maka anda akan mengalami kerugian karena sebagian dana akan hilang.

Jenis investasi yang akan dilakukan oleh pihak perusahaan asuransi kadang tidak diketahui oleh nasabah.  Mungkin juga karena nasabah yang enggan terlibat jauh d dan lebih memilih, menunggu  hasil investasi kelak, tanpa ingin tahu prosesnya.

Sebelum memutuskan memilih produk asuransi, anda perlu mengetahui beberapa hal berikut ini

Kebutuhan
Anda harus mengetahui dengan pasti kebutuhan anda saat ini, sehingga bisa memutuskan jenis asuransi yang sesuai dengan kondisi anda. Jika anda bekerja ditempat yang penuh risiko, asuransi jiwa menjadi hal penting. 

Jika pekerjaan anda menuntut kondisi yang prima setiap saat maka asuransi kesehatan dengan cakupan luas menjadi hal yang wajib anda miliki. Bisa juga asuransi untuk semua aset yang anda miliki, agar aman terhindar dari risiko rusak atau hilang. 

Jika semua kebutuhan perlindungan dasar sudah anda miliki maka saatnya anda memikirkan investasi. Jangan berinvestasi jika risiko yang mungkin terjadi belum mendapatkan solusi yang tepat.
Asuransi  investasi bisa anda pilih jika kebutuhan perlindungan sudah tersedia dan masih ada dana yang bisa anda gunakan untuk berinvestasi. Jika tidak sebaiknya anda tunda terlebih dahulu.

Anggaran 
Premi asuransi harus terus anda bayarkan sampai dengan batas waktu periode yang ditetapkan. Lamanya waktu bisa sepuluh hingga dua puluh tahun. Pembayaran bisa dilakukan bulanan, bahkan tahunan.

Jangan sampai biaya yang harus dibayarkan dalam waktu yang lama ini mengganggu biaya rumah tangga sehari-hari. Hal ini agar anda terhindar dari kerugian penghentian perjanjian sebelum waktunya. 

Jika anda memiliki dana yang terbatas saat ini, pilih asuransi dengan premi rendah. Tanyakan pada agen asuransi anda kemungkinan untuk meningkatkan premi jika suatu saat nanti penghasilan anda meningkat.

Ini akan menjadi  cara aman agar anda terhindar dari beban premi yang tidak sesuai. Perencanaan keuangan memang seharusnya dilakukan dengan tepat agar tidak menjadi masalah baru nantinya.
Premi yang meningkat, berarti keuntungan yang anda dapatkan akan meningkat juga. Ini menjadi solusi untuk pendapatan yang terbatas saat ini dan akan meningkat  pada saatnya nanti. 

Reputasi baik
Asuransi investasi merupakan sebuah proses panjang untuk mendapatkan hasil dari dana yang disetorkan. Perubahan politik dan ekonomi tentu akan mempengaruhi nilai investasi yang anda tanamkan.

Perusahaan asuransi yang sudah berpengalaman lama, akan lebih mampu mengatasi risiko yang mungkin terjadi. Hal Ini penting untuk menjaga investasi anda tidak mengalami kerugian karena salah penempatan.

Anda bisa mendapatkan informasi mengenai perusahaan asuransi tersebut dari berbagai media elektronik yang kini mudah diakses. Selain itu anda juga bisa bertanya langsung pada agen asuransi perusahaan tersebut. 

Anda bisa menilai kinerja perusahaan tersebut dari neraca tahunan yang dibuka transparan bagi seluruh nasabah. Perusahaan asuransi yang baik mampu memberikan keuntungan pada  nasabahnya.

Aturan yang jelas
Melakuan asuransi investasi sama saja dengan anda melakukan kerja sama, oleh sebab itu aturan yang berlaku harus jelas. Jangan sampai anda mengalami masalah karena tidak mengerti aturan yang ditetapkan. 

Baca semua ketentuan yang tertuang pada polis asuransi anda. Jika ada yang dirasakan tidak jelas, baiknya anda tanyakan terlebih dahulu kepada agen asuransi. Ini akan menghindari kesulitan yang memungkin timbul nantinya.

Jangan merasa ragu atau malu untuk bertanya. Karena anda akan melakukan kerja sama dalam waktu yang lama. Nominal yang dibayarkan pun tidak sedikit. Lebih baik semua jelas dari awal.

 Banyak kasus yang terjadi adalah kesulitan mengajukan klaim karena prosedur dan dokumen yang tidak lengkap. Oleh karena pastikan anda mengerti setiap tahapan yang harus dilalui agar pengajuan klaim tidak ditolak .

Ada juga produk asuransi yang memberikan perlindungan bagi seluruh anggota keluarga. Anda harus mengetahui manfaat yang diterima apakah hanya untuk pemegang polis atau dapat digunakan oleh seluruh anggota keluarga 

Sudah saatnya anda memikirkan pentingnya perlindungan bagi anda dan seluruh keluarga, bahkan aset yang dimiliki.  Perlindungan yang bisa menghasilkan investasi bagi anda kedepannya.

Sehingga waktu yang berjalan dan dana yang tersimpan tidak akan sia-sia. Waktu akan terus berjalan anda harus cerdas memanfaatkan semua kesempatan yang ada agar bisa memberikan keuntungan.

Asuransi investasi menjadi pilihan tepat untuk anda yang ingin berinvestasi dengan aman tetapi tetap mendapatkan perlindungan. Semua risiko yang mungkin terjadi kini telah diatasi oleh pihak asuransi. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel