Bukalapak Luncurkan Fitur Asuransi, Nih Manfaat dan Cara Klaimnya

Asuransi sangatlah penting untuk memberikan perlindungan akan hal yang tidak diprediksi ke depannya. Demi memberikan jaminan, agar terhindar dari suatu yang buruk. Karena begitu pentingnya asuransi, maka Bukalapak pun sebagai marketplace andalan masyarakat Indonesia menambah fitur asuransi pada platformnya. Hal ini bertujuan demi menjaga segala transaksi jual beli supaya berjalan secara aman dan nyaman. Sehingga, tidak ada yang dirugikan maupun mengalami sebuah kekecewaan.


Nah, dalam menggunakan fitur andalan ini Anda bisa setting langsung di akun Bukalapak yang sudah dimiliki. Semua user dapat menggunakan fasilitas ini untuk memberikan jaminan yang terbaik. Baik Anda sebagai Seller maupun Customer, juga dapat merasakan manfaat dari diluncurkannya fitur baru pada marketplace ternama ini. Nah, untuk lebih jelasnya langsung saja baca selengkapnya di bawah ini.

Tentang Fitur Perlindungan
Bukalapak kini menyediakan Fitur Perlindungan Pengiriman untuk pembeli dalam melindungi barang atau produk yang dibeli pada lapak tertentu di Bukalapak selama proses pengiriman. Melalui fitur ini, pembeli dapat menggunakan asuransi pengiriman ketika checkout dan melakukan klaim asuransi pengiriman.

Fitur ini memberikan kenyamanan untuk Pembeli dari kemungkinan terjadinya kerugian atas barang atau produk yang dibeli mengalami kerusakan atau hilang selama dalam pengiriman. Dalam hal ini, Bukalapak bekerjasama dengan Axinan yang dijamin sepenuhnya oleh PT. Sompo Insurance Indonesia.

Syarat dan Ketentuan Asuransi Bukalapak
Perlindungan Pengiriman barang yang disediakan di Bukalapak merupakan tanggung jawab dari PT. Sompo Insurance Indonesia, disalurkan melalui Bukalapak dan dibantu operasionalnya melalui Axinan.

Semua ekspedisi dan seller/official seller akan memiliki asuransi yang dapat dipilih oleh pembeli dengan premi sebesar 0.4% dari total harga ditambah biaya pengiriman.

Nilai tanggungan yang dapat diasuransikan senilai harga barang ditambah dengan ongkos kirim, setinggi tingginya Rp100.000.000 per 1 (satu) order paket pengiriman. Harga tersebut tidak termasuk dengan harga packing kayu jika pengiriman dilakukan dengan packing kayu. Untuk barang seni budaya maksimal Rp50.000.000 per 1 paket pengiriman.

Kerugian yang ditanggung oleh Perlindungan Pengiriman adalah kerusakan total pada 1 paket pengiriman atau kehilangan paket pengiriman dalam perjalanan.

Kerugian Total Loss terjadi jika:
Kerusakan dan/atau kerugian karena suatu peristiwa yang dijamin polis dimana biaya perbaikan, penggantian dan/atau pemulihan ke keadaan semula sesaat sebelum terjadi kerugian dan/atau kerusakan sama dengan atau lebih tinggi dari 75% (tujuh puluh lima persen) dari harga pertanggungan sebenarnya.

Hilang karena pencurian.
Apabila dalam 1 paket pengiriman terdapat sebagian jumlah barang yang mengalami kerusakan total atau kehilangan, maka yang digantikan hanya sebagian sesuai dengan nilai barang yang mengalami kerugian tersebut.

Lama tanggungan Polis ini adalah selama 40 hari kalender.
Untuk kasus barang hilang, Bukalapak akan meminta konfirmasi kehilangan dari pihak ekspedisi pengiriman terkait (3 hari kalender untuk pengiriman Instant, Same Day, dan Next Day; 7 hari kalender untuk pengiriman Reguler).

Proses pemrosesan klaim adalah 3x24 jam setelah semua dokumen/proses yang diperlukan diberikan oleh pihak pembeli.

Dikarenakan Asuransi telah disediakan secara langsung pada waktu checkout pembelian, maka pelapak tidak perlu membayar biaya asuransi kepada pihak ekspedisi secara langsung.

Apabila barang memiliki nilai > Rp1.000.000 (kecuali makanan dan barang-barang yang mudah rusak), maka pembeli diharuskan mengirimkan barang tersebut kepada pihak asuransi sesuai dengan informasi yang ada pada klaim portal/diinfokan oleh tim Bukalapak. Biaya pengembalian barang ini akan ditanggung oleh pihak asuransi dan harus dilengkapi dengan dokumen pendukung seperti tanda terima pengiriman dari pihak ekspedisi.

Pembeli dapat mengajukan klaim dengan menghubungi tim BukaBantuan.
Dalam kasus barang hilang atau rusak, tetapi pembeli tidak memilih untuk menggunakan Perlindungan Pengiriman saat pemesanan di Bukalapak, maka apabila terjadi kehilangan atau kerusakan barang, pembeli tetap akan mendapat penggantian dari jasa pengiriman terkait maksimum sebesar 10 (sepuluh) kali dari biaya pengiriman atau sesuai dengan ketentuan yang ada. Proses ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab antara pelapak dan jasa pengiriman dimana pelapak melakukan klaim secara mandiri ke pihak jasa pengiriman terkait.

Biaya asuransi tidak dapat dikembalikan/refund apabila barang sudah diproses/dikirimkan oleh pihak penjual.

Perlindungan Pengiriman hanya berlaku untuk pembelian produk fisik (kecuali untuk pengiriman dengan Buka Global dikarenakan pengiriman ke luar negeri). Virtual Product, Buka Emas, dan Voucher juga tidak dapat menggunakan Perlindungan Pengiriman.

Pembeli tidak dapat mengajukan klaim untuk produk emas/logam mulia.
Pengiriman dengan menggunakan Ambil Sendiri dan BukaSend tidak dapat menggunakan Perlindungan Pengiriman.

Pengiriman dengan asuransi dari jasa pengiriman bukan menjadi tanggung jawab Bukalapak. Jika terjadi kerusakan atau kehilangan saat proses pengiriman, klaim dapat dilakukan oleh pelapak ke pihak jasa pengiriman terkait.

Klaim kerusakan atau kehilangan yang diajukan untuk pengiriman menggunakan Perlindungan Pengiriman akan diinvestigasi terlebih dahulu oleh penyedia perlindungan (PT. Asuransi Sompo Indonesia) dengan ketentuan:

Jika klaim berhasil diverifikasi, pembeli akan menerima penggantian dana untuk barang pesanan yang rusak atau hilang dan pelapak akan menerima dana hasil penjualan.

Jika klaim tidak dapat diverifikasi, penyelesaian klaim akan dilakukan sesuai ketentuan pengiriman yang berlaku.

Definisi barang seni dan budaya:
Hasil kesenian, hasil seni budaya, hasil kesenian dan kebudayaan, hasil karya dan benda budaya.
Tidak diproduksi secara massal dan/atau dikerjakan dengan tangan (tidak dengan mesin) di beli di toko seni dan/atau galeri.

Yang termasuk barang seni dan budaya:
  • Lukisan.
  • Patung.
  • Artefak.
  • Kerajinan Tangan.
  • Cincin Batu Akik atau Batu Akik.
  • Hasil Seni Fotografi.
  • Guci Keramik.
  • Kristal.
  • Barang Antik (sudah langka di pasar dan memiliki nilai sejarah).

Cara Membeli Produk Dengan Menggunakan Perlindungan Pengiriman
Lakukan pembelian barang melalui pelapak.
Pada halaman checkout, apabila pembeli menginginkan perlindungan pengiriman, maka pembeli harus melakukan pemilihan asuransi pengiriman. Centang pada bagian Jaminan resiko bila barang rusak atau hilang dalam pengiriman.

Cara Melakukan Klaim Perlindungan Pengiriman
Apabila pembeli mengalami kerusakan atau hilang selama dalam pengiriman, maka Pembeli dapat melakukan klaim perlindungan pengiriman dengan melihat Detail Pembelian pada tab Transaksi. Pilih barang yang ingin diklaim, lalu klik tombol Klaim.

Ikuti langkah-langkah panduan klaim. Pemrosesan klaim oleh partner Bukalapak adalah 3x24 jam setelah semua dokumen/proses yang diperlukan diberikan oleh pihak pembeli. Apabila klaim kamu disetujui, maka pengembalian dana akan ditransfer ke Saldo Bukalapak.

Fitur BukaAsuransi

1. Melihat Paket Asuransi Kesehatan
Pengguna dapat melihat paket asuransi kesehatan yang bisa dibeli.

2. Melakukan Pengajuan Aplikasi Asuransi
Pengguna dapat mengajukan aplikasi untuk paket asuransi yang tersedia.

3. Melihat Detail Asuransi Aktif
Pengguna dapat melihat detail aplikasi asuransi yang sudah disetujui, serta dapat mengunduh e-polis asuransi.

Syarat dan Ketentuan Fitur BukaAsuransi
Fitur BukaAsuransi hanya dapat digunakan melalui aplikasi Bukalapak terbaru (Android/iOS).
Fitur BukaAsuransi diperuntukkan bagi pengguna yang telah memiliki akun dan telah login ke Bukalapak sebelum melakukan transaksi.

Pengguna harus terlebih dahulu melakukan verifikasi nomor telepon dan e-mail di akun Bukalapak.
Pengajuan aplikasi asuransi saat ini hanya dapat dilakukan untuk diri sendiri (pemilik akun Bukalapak). Ketika pengajuan aplikasi sudah disetujui (e-polis terbit), pengguna tidak bisa mengajukan aplikasi lagi.

Paket asuransi kesehatan yang saat ini ditawarkan adalah paket asuransi per tahun dengan pilihan pembayaran tahunan atau bulanan.

Pengguna dapat membatalkan aplikasi yang telah disetujui selama masa Free Look Period (14 hari setelah e-polis terbit), dan mendapatkan pengembalian uang pembelian.Contoh: E-polis terbit 1 Januari dan Free Look Period sampai tanggal 15 Januari.

Pengajuan pembatalan aplikasi asuransi saat ini hanya bisa dilakukan oleh pihak partner (Allianz), kemudian akan dibantu oleh Bukalapak untuk memperbaharui data pengguna di Bukalapak.

Proses klaim Asuransi dapat langsung ditujukan kepada pihak partner (Allianz). Perihal detail cara klaim bisa dilihat pada aplikasi.

E-polis pengguna akan terbit maksimal 1x24 jam sejak transaksi berhasil dan dapat dicek pada halaman Asuransi pengguna.

Untuk saat ini, pengguna hanya dapat menggunakan metode pembayaran Kartu Kredit untuk pembayaran Recurring Asuransi Kesehatan.

Pengguna dapat membatalkan aplikasi yang telah disetujui setelah lewat masa Free Look Period, namun tidak akan mendapatkan pengembalian uang pembelian.

Bukalapak berhak mengubah syarat dan ketentuan fitur BukaAsuransi sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Dengan menggunakan fitur BukaAsuransi, pengguna dianggap telah mengerti dan menyetujui Syarat dan Ketentuan yang berlaku.

Biaya Asuransi Pengiriman
Biaya asuransi adalah biaya tambahan untuk mengasuransikan paket yang dikirim, demi menjamin bahwa barang yang dikirim akan aman sampai tujuan, tidak hilang, atau rusak di jalan. Biaya asuransi akan dikenakan pada barang yang mudah pecah atau barang membutuhkan perlindungan khusus. Biaya asuransi ditanggung oleh pihak pembeli pada saat melakukan pembelian.
  • Cara Mengatur Biaya Asuransi Pengiriman pada Barang Jualan
  • Login ke akun Bukalapak.
  • Klik icon Lapak Saya, lalu pilih Daftar Barang.
  • Masuk ke halaman Barang Dijual.
  • Klik tombol Lihat Rincian pada barang yang dipilih.
  • Klik Ubah Rincian Lainnya.
  • Masuk ke halaman Edit Barang.
  • Pada halaman Edit Barang, scroll ke bawah, cari kolom Atur Penjualan Barang, lalu klik tanda panah kecil kebawah yang ada di ujung kolom.
  • Ceklis/ hilangkan ceklis pada Wajib Asuransi.
  • Klik Jual
Manfaat Asuransi Bukalapak

1. Asuransi bisa menjadi alat pendistribusian biaya dan manfaat yang lebih adil.
Asuransi bermanfaat sebagai pendistribusian biaya dan manfaat, sebab semakin besar kemungkinan terjadinya risiko kerugian, maka akan semakin besar pula premi pertanggungannya. Contohnya adalah dalam asuransi kesehatan. Jika kamu memiliki rekam medik yang buruk, usia tua, merokok, dan sakit-sakitan, maka premi yang harus kamu bayar akan lebih besar. Bahkan bisa jadi polis asuransi kamu ditolak oleh perusahaan asuransi.

2. Asuransi Memberikan Rasa Aman Dan Perlindungan
Dengan memiliki polis asuransi, kamu akan terhindar dari kemungkinan risiko kerugian di kemudian hari. Dengan begitu maka hati akan tenang karena objek yang diasuransikan, seperti kesehatan, jiwa, atau harta benda, telah dijamin oleh penanggung yaitu perusahaan asuransi.

3. Asuransi Bisa Memberikan Kepastian
Ini merupakan manfaat utama asuransi, karena pada dasarnya asuransi berusaha untuk mengurangi konsekuensi yang tidak pasti dari suatu keadaan yang merugikan (peril), yang sudah diperkirakan sebelumnya. Dengan begitu maka biaya atau akibat finansial dari kerugian tersebut menjadi pasti atau relatif pasti.

4. Asuransi Menjadi Instrumen Pengalihan Dan Penyebaran Risiko
Dengan memiliki asuransi maka kemungkinan timbul risiko kerugian dapat dialihkan dan disebarkan kepada pihak penanggung.

5. Asuransi Menjadikan Hidup Lebih Tenang
Asuransi bisa membuat hidup lebih tenang karena segala risiko yang dapat diasuransikan telah ada yang menanggung, maka hidup terasa lebih tenang dan penuh semangat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel