Skip to main content

Bongkar Informasi Asuransi Garda Medika, Ketahui Manfaatnya

Asuransi merupakan sarana untuk mendapatkan perlindungan. Asuransi bukan suatu hal yang tabu lagi. Karena pada akhir-akhir ini asuransi menjadi incaran masyarakat dunia. Bukan hanya Indonesia, namun juga hampir belahan dunia. Mengapa banyak sekali yang menggunakan asuransi. Karena pada dasarnya semua orang ingin selamat dari berbagai resiko masa akan datang. Baik itu mengenai resiko kendaraan, jiwa, kesehatan atau pun yang lainnya. Dalam dunia asuransi seseorang yang tertanggung akan mendapatkan perlindungan dan berbagai manfaat. Dengan berkembangnya asuransi yang begitu pesat, banyak perusahaan menawarkan berbagai produk dengan kelebihan-kelebihan tertentu. Adapun perusahaan yang menawarkan produk dengan kelebihan tertentu yaitu astra dengan produk garda medika.

Asuransi garda medika memang dikenal sebagai proteksi kesehatan. Kesehatan menjadi hal termahal dalam dunia ini. Sering kita jumpai banyak sekali berbagai penyakit menyebar di muka bumi. Entah seiring dengan perkembang zaman atau yang lainnya. Namun, pada inti kenyataannya penyakit sekarang memang menyebar dimana-mana. Berbagai penyakit dapat kapan saja menyerang Anda. Tanpa bisa diprediksi kapan akan datang dan kembali pulang. Semua tergantung pada kehendak Tuhan yang tak pernah tahu kapan waktunya datang. Namun sebagai manusia kita hanya bisa berusaha untuk sebisa mungkin menjaga kesehatan, agar penyakit apapun tak melanda kita semua. Akan tetapi, jika penyakit telah melanda maka kita mau tidak mau harus mengobatinya. Namun, bagaimana jika keuangan untuk berobat tidak ada?. Maka dari itu mulai dari sekarang segera ikuti asuransi garda medika dengan berbagai manfaat luar biasa. Asuransi dengan berbagai kelebihan dan manfaat ini bisa Anda gunakan jika penyakit datang secara tiba-tiba. Namun apa saja manfaatnya. Untuk lebih jelasnya langsung saja simak yang ada di bawah ini ya guys. Bongkar informasi lengkap tentang asuransi garda medika. Yukz.


1. Informasi Tentang Asuransi Garda Medika
Untuk mengenal lebih jauh tentang asuransi garda medika, maka kami akan mengulas sekilas mengenai sejarah, kelebihan maupun kekurangan dari asuransi garda medika. Berikut penjelasannya.

a. Sejarah asuransi garda medika
Garda Medika memang merupakan produk asuransi di bawah Perusahaan Astra. Akan tetapi, pada awal berdiri sekitar tahun 1956, asuransi ini bernama PT Maskapai Asuransi Buana. Dan pada akhirnya, kepemilikan saham diambil alih oleh Astra International (AI). Setelah peralihan tersebut terjadi namanya juga dirubah menjadi PT Asuransi Astra Buana. Yang mana oleh masyarakat lebih dikenal dengan Asuransi Astra. Nah, salah satu produk yang paling diunggulkan dari Asuransi Astra adalah asuransi kesehatan Garda Medika. Garda Medika adalah salah satu produk dari perusahaan astra yang menawarkan asuransi kesehatan demngan fungsi melindungi karyawan. Bukan hanya itu, garda medika juga memberikan premi terjangkau dengan beberapa cakupan proteksi. Adapun cakupan proteksi tersebut yaitu;

1) Rawat inap
Berbagai penyakit dapat menimpa kapan saja. Entah itu penyakit dengan level ringan maupun berat. Jika Anda terserang penyakit, dan kelihatannya serius, maka dokter akan menyarankan atau pun mengharus kan rawat inap. Nah, kebetulan sekali asuransi garda medika juga menyediakan proteksi rawat inap. Jadi, jika Anda disarankan atau diharuskan untuk menjalani rawat inap sudah tak perlu khawatir lai tentang dana dan lain sebagainya. Karena semua ini akan ditanggung oleh garda mediaka

2) Rawat jalan
Selain rawat inap garda medika juga menawarkan rawat jalan. Jika Anda terkena penyakit dan hanya perlu rawat jalan, maka garda mediaka juga akan melindungi semuanya. Jadi, Anda juga tak perlu khawatir untuk dananya.

3) Layanan bantuan darurat
Jika Anda membutuhkan layanan bantuan darurat, garda medika juga memberi solusinya. Bukan hanya rawat inap dan jalan, garda medika juga menyediakan layanan bantuan darurat yang cukup terpercaya. Yeah, begitulah semua produk asuransi garda memang sangat terpercaya.
Asuransi Astra secara garis besarnya tidak hanya mencakup kesehatan lho guys.Akan tetapi, juga ada ada produk lain. Misalnya seperti;
  1. Asuransi retail
  2. Asuransi commercial
  3. Asuransi syariah

Nah, sedangkan perusahaan Astra, melalui asuransi Garda Medika, memfokuskan diri pada penyediaan proteksi kesehatan. Jadi, untuk Anda yang ingin mencari perlindungan kesehatan gunakan garda medika, dan nikmati manfaatnya.

b. Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Garda Medika
Setiap produk asuransi tentu memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Begitu juga dengan asuransi garda medika. Beberapa kelebihan dari asuransi garda medika yaitu;

1) Aplikasi Garda Mobile HR-Akses
Bagi para peserta Garda Medika Anda sungguh sangat beruntung. Dalam pertumbuhannya perusahaan astra cukup tanggap dalam merespon perkembangan teknologi digital. Ini semua terbukti dengan hadirnya Garda Medika. Dengan aplikasi garda mobile HR-Akses peserta dapat memantau semua histori klaim karyawan, mencari informasi provider kesehatan terdekat serta info lengkap klaim asuransi setiap bulannya. Tekhnologi tersebut dapat membantu divisi sumber daya manusia untuk terus memantau kesehatan karyawannya secara instan.

2) Jaringan Provider Luas
Selain Garda Mobile HR-Akses, nikmati juga layanan provider yang luas. Jaringan provider rumah sakit dari garda medika memiliki kualitas mantul yang telah tersebar di seluruh Indonesia. Terlebih lagi jaringan rumah sakit yang bekerjasama dengan Garda Medika tergolong sangat besar. Dimana jaringan rumah sakit tersebut berkisar hingga 900 titik di seluruh Indonesia.

3) Layanan Garda Siaga 24 Jam
Kelebihan lain, dari Garda Medika yaitu menyediakan beberapa produk menguntungkan untuk Anda nikmati. Adapun produk tersebut yaitu Garda Siaga. Garda Siaga merupakan layanan gawat darurat 24 jam dengan menggunakan ambulans atau pun sepeda motor yang telah dilengkapi dengan peralatan medis standar bagi para nasabahnya. Namun, sayang sekali guys layanan ini baru tersedia di Jabodetabek. Akan tetapi untuk Anda luar Jabodetabek tenang saja, karena tentu sebentar lagi juga akan meluar di seluruh Indonesia. Garda siaga menyiapkan 22 titik Emergency Medical Assistance (EMA) yang telah siap mendapatkan laporan darurat dari para pelanggan. Sesaat laporan diterima, maka petugas akan langsung menuju lokasi untuk memberikan pertolongan pertama. Bagaimana, luar biasa bukan.

4) Para petugas paramedis yang telah tersertifikasi
Asuransi garda medika memiliki petugas paramedic yang sudah tersertifikasi dalam menangani serta menghadapi kondisi darurat. Sehingga kenyamanan dan keselamatan para pelanggan menjadi prioritas utama untuk mereka. Dengan keunggulan layanan dan jaringan luas, Garda Medika akan sangat membantu Anda dalam resiko kesehatan.

5) Klaim monitoring
Untuk memastikan layanan klaim sesuai yang dimiliki, claim monitoring melakukan pengawasan atas perawatan di provider dan melakukan koordinasi dengan dokter serta perwakilan kantor untuk memberi rekomendasi terbaik kepada pasiennya.

6) Claim reporting
Pelaporan kepada perwakilan perusahaan mengenai informasi perawatan dan penggunaan manfaat kesehatan untuk analisa yang berguna bagi kelangsungan perusahaan.
Nah, jika tadi telah berbicara mengenai keunggulan maka disini kami juga akan mengulas kekurangannya. Segala sesuatu pada dasarnya memang memiliki kekurangan dan kelebihan. Begitu juga dengan asuransi garda medika. Ia juga memiliki kekurangan. Adapun kekurangan tersebut yaitu;

1. Tidak menyediakan untuk peserta individu
Kekurangan dari asuransi kesehatan Garda Medika ini tidak tersedia bagi peserta individu. Jadi, bila perusahaan Anda tidak memilih Garda Medika sebagai mitra maka Anda juga tidak bisa mendaftarkan diri menjadi nasabah. Nah, sedangkan bagi Anda yang memiliki perusahaan atau bisnis tertentu, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan Garda Medika sebagai rekan Anda. Inovasi yang terus-menerus selama puluhan tahun dilakukan oleh Astra Garda Medika tentu jadi jaminan bagi reputasi perusahaan Anda.

2. Cara Klaim Asuransi Garda Medika
Bagi Anda yang telah mengenal asuransi garda medika, pernahkah berfikir tentang bagaimana cara klaimnya. Yups betul sekali, terkadang proses klaim asuransi itu membingungkan. Karena proses klaim asuransi itu biasanya beda perusahaan, membuat nasabah juga bingung untuk melakukannya. Namun disini kami hadir untuk menyampaikan informasi tentang cara klaim asuransi garda medika. Adapun cara klaim asuransi garda medika untuk rwat inap dan jalan yaitu;

a. Siapkanlah kartu asuransi dan juga tanda pengenal
Sebelum pergi ke rumah sakit untuk berobat, siapkanlah kartu asuransi dan juga kartu tanda pengenal Anda. Kedua kartu ini dapat Anda gunakan sebagai alat pembayaran untuk mengganti biaya rumah sakit. Bukan hanya itu, kartu tanda pengenal juga dapat digunakan sebagai penanda kepimilikan. Jadi, Anda jangan sampai lupa untuk membawanya, ya.

b. Berikan pada bagian administrasi
Setelah kartu asuransi dan juga tanda pengenal sudah siap, sesampainya di rumah sakit, segera pergi ke bagian administrasi. Kemudian tunjukkanlah kartu asuransi tersebut.

c. Tunggu pihak rumah sakit memberi konfirmasi
Setelah Anda menunjukkan kartu asuransi, maka pihak rumah sakit akan melakukan konfirmasi. Bukan hanya melakukan konfirmasi, pihak rumah sakit juga akan melakukan pengecekan data. Jika semuanya sesuai dan tidak ada masalah, maka mereka akan langsung melakukan swipe EDC. Swipe EDC tersebut menggunakan kartu Anda untuk rawat jalan. Dan showcard jika Anda harus rawat inap.

d. Pemeriksaan dan perawatan dengan dokter
Setelah tahapan konfirmasi selesai, maka Anda sudah diperbolehkan untuk langsung menemui dokter yang diinginkan dan menjalani perawatan. Jika ingin melakukan rawat inap, maka Anda akan diberikan kamar yang sesuai dengan kartu. Dimana, pemberian kamar tersebut tanpa dipungut biaya.

e. Pembayaran dan lain-lain
Selama limit pembiayaan yang ditanggung oleh asuransi belum terlewati, maka Anda bisa melakukan pengobatan secara gratis tanpa biaya sepeser pun. Akan tetapi, jika pada suatu ketika limit Anda sudah terlewati, maka tetap dikenakan biaya meski sudah menggunakan kartu asuransi. Bukan hanya itu, namun juga ada beberapa perawatan yang tidak dapat dijamin oleh asuransi.

3. Manfaat Asuransi Garda Medika
Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan asuransi garda medika. Adapun manfaat tersebut yaitu;
  • Hidup aman, nyaman dan tentram
  • Mengcover adanya resiko kesehatan
  • Perlindungan finansial untuk masa akan datang

Demikianlah artikel dari kami yang membahas tentang asuransi garda medika. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu dam bisa menjadi referensi untuk semuanya. Dapatkan manfaat luar biasa darinya. Bukan hanya itu, namun Anda juga bisa menikmati keunggulannya. Sekian dari kami, terimakasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar