Skip to main content

Tips Bisnis Lengkap Tentang Budidaya Lele

Budidaya lele jika ditekuni secara serius bisa menghasilkan keuntungan yang tak bisa dipandang sebelah mata. Dan untuk anda para pemula, menekuni usaha ini juga sangat disarankan, sebab lele merupakan jenis ikan yang mudah dibudidayakan. Dan penjualannya pun juga mudah. Bisa langsung dijual sendiri di pasar ataupun bekerja sama  dengan pengepul.


Walaupun budidaya lele terlihat mudah dilakukan, namun untuk bisa sukses dalam menjalankan bisnis ini, tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Sudah banyak sekali para pembudidaya yang akhirnya menyerah dan terpaksa alih profesi karena mengalami kerugian.

Tips Budidaya Lele
Nah, untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya pelajari dulu tips bisnis budidaya lele di bawah ini, sebelum anda memulainya.

1. Pengetahuan Mengenai Ikan Lele yang Cukup
Jika ingin memulai suatu usaha, pastikan Anda memiliki pengetahuan yang baik dalam bidang tersebut. Memulai budidaya lele harus diiringi dengan pengetahuan mengenai ikan lele yang baik pula. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan yang mungkin terjadi. Dengan begitu kegagalan saat budidaya dapat diminimalisir.

Anda dapat mendaptkan berbagai macam informasi mengenai ikan lele melalui beberapa sumber. Yang pertama yaitu melalui buku budidaya lele yang sangat mudah ditemukan di toko buku. Yang kedua melalui internet, dengan kemudahan akses yang ada, Anda dapat belajar dari internet tanpa batas. Yang ketiga yaitu dengan mendatangi pengusaha budidaya lele. Anda dapat melakukan wawancara dan bertanya mengenai banyak hal tentang budidaya ikan lele.

2. Membuat Kolam yang Baik atau Sesuai Standart
Terdapat tiga macam jenis kolam ikan lele. Diantaranya yaitu kolam tanah, kolam semen dan kolam terpal. Ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, untuk pemula, Anda sangat disarankan untuk membuat kolam terpal terlebih dahulu.

Kolam terpal selain lebih mudah dibuat juga lebih murah biaya. Dengan begitu, modal yang dikeluarkan dapat ditekan dan digunakan untuk membeli keperluan lainnya. Beberapa kelebihan kolam terpal yaitu lebih hemat dan mudah dibuat, mudah untuk melihat dan mengatur ketinggian air, serta bebas dari kontaminasi tanah sehingga ikan yang dihasilkan lebih sehat dan bersih.

3. Kualitas Air dan Bibit yang Baik
Kualitas air kolam sangat berperan penting dalam pertumbuhan ikan lele. Ikan lele tidak menyukai hidup di air yang jernih. Buatlah air sedikit keruh dengan bantuan tumbuhan air seperti enceng gondok dan talas. Tumbuhan tersebut dapat menjadi rumah alami bagi lele serta sebagai sumber oksigen dan penyerap racun dalam air.

Setelah kondisi kolam sesuai, Anda dapat memasukkan bibit lele yang sudah didapatkan. Bibit lele yang bagus yaitu yang berwarna agak terang, berukuran sama rata, gesit dan agresif. Beri makan bibit ikan lele dua kali setiap harinya. Umumnya ikan lele diberi makan pelet, namun jika pelet dirasa terlalu mahal, Anda juga dapat mengkombinasikannya dengan kroto, ikan kecil atau cacing sebagai makanan alaminya.

4. Pengkondisian Kolam Lele
Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebagai pemula dalam budidaya lele, yaitu ketinggian air dan pengamanan kolam lele. Ketinggian kolam lele harus dikontrol mengingat air dapat menguap dan ikan lele terus tumbuh semakin besar. Tambahkan air setiap minggunya agar lele dapat tumbuh dengan baik.

Anda juga harus berhati-hati dengan predator lele. Predator alaminya yaitu kucing dan burung. Untuk mengatasi agar lele Anda tidak dimakan bururng maupun kucing yaitu dengan memasang jaring yang dipasang menutupi kolam. Dengan begitu, ikan lele Anda tetap aman dari predator.

5. Pemasaran Ikan Lele
Pemasaran ikan lele dapat dilakukan dengan beberapa cara. Diantaranya yaitu dengan menjualnya sendiri di pasar, sebagai penyetok di rumah makan dan menjual olahan ikan lele. Jenis olahan lele yang bayak diminati yaitu abon lele.

Promosi juga perlu Anda lakukan untuk mengenalkan produk Anda. Gunakan kecanggihan teknologi dengan mempromosikan usaha Anda melalaui media chatting dengan menyebarkan pesan atau broadcast, membuat website dan juga promosi di media sosial seperti facebook dan instagram. Selain itu Anda juga dapat mempromosikannya langsung kepada tetangga, rekan kerja maupun partner bisnis lainnya.

Nah, sebenarnya tips bisnis budidaya lele diatas tidak terlalu sulit bukan? Jadi, bulatkan tekad anda dan tekuni usaha ini dengan sungguh-sungguh sampai bisa sukses didalamnya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar