Skip to main content

Ketahui Berbagai Asuransi Syariah di Indonesia. Hidup Aman, Nyaman dan Berkah!

Masa depan yang tidak dapat diprediksi janganlah membuat Anda berpasrah diri. Sebagai ciptaan Tuhan yang mensyukuri segala nikmat-Nya sangat penting sekali bagi kita untuk menyiapkan perlindungan sebelum sesuatu menimpa. Meskipun tidak pernah berharap sesuatu yang buruk terjadi, akan tetapi alangkah baiknya kita tetap harus berjaga-jaga. Atas dasar itulah maka asuransi syariah dengan sistem bebas riba yang halalan toyyiban hadir ditengah masyarakat untuk memberi solusi perencanaan masa depan cerah Anda dan keluarga. Asuransi Syariah merupakan perlindungan berdasarkan prinsip syariah dengan usaha tolong-menolong dan saling melindungi diantara para peserta. Dimana tolong menolong tersebut melalui pembentukan kumpulan dana yang dikelola sesuai dengan prinsip syariah untuk menghadapi risiko tertentu. Lalu, apa saja Asuransi syariah itu?. Untuk lebih jelasnya langsung simak yang ada di bawah ini ya guys. Dibawah ini akan kami singgung mengenai beberapa Asuransi syariah dan hal-hal yang berkaitan dengannya. Langsung simak yukz.


1. Berbagai Macam Asuransi Syariah
Sekarang ini banyak sekali Asuransi yang menawarkan layanan dengan berbagai keunggulan. Yeah, dapat kita ketahui karena Asuransi memang patut menjadi pilihan yang bijak dan tepat untuk masa akan datang. Namun, apakah Anda pernah berfikir bagaimana system Asuransi. Adakah yang syariah. Yups, begitu juga saya ketika masih baru mengenal Asuransi. Saya sempat berfikir begitu juga, karena takut jika mengandung riba dan lain sebagainya. Nah, kebetulan sekali dari pengalaman tersebut, maka disini saya akan berbagi mengenai berbagai Asuransi syariah yang patut Anda miliki. Langsung saja, simak yang ada di bawah ini;

a. Asuransi Takaful
Asuransi syariah yang pertama yaitu takaful. Takaful memiliki prestasi bagus sebagai Asuransi Syariah Terbaik di Indonesia. Asuransi takaful juga telah mendapatkan pengawasan secara langsung oleh Dewan Pengawas Syariah Nasional (OJK), jadi tak perlu diragukan lagi keamanannya. Asuransi ini juga memiliki banyak produk yang tersedia. Misalnya seperti; dana pendidikan (fulnadi), takaful salam, takafullink salam cendikia dan asuransi kesehatan (fullmedicare).

b. PRUSyariah
PRUSyariah merupakan salah satu jenis Asuransi syariah terbaik di Indonesia juga. PRUSyariah adalah salah satu dari anak asuransi Prudential. Asuransi PRUSyariah layak untuk Anda pertimbangkan, karena cukup menguntungkan. Selain itu, kinerja sangat baik serta kredibilitas yang handal dan juga sistem pembagian profit begitu baik mampu menarik banyak peserta. Maka, segera miliki Asuransi PRUSyariah.

c. Allianz Syariah (Alizza)
Asuransi syariah di Indonesia selanjutnya yaitu Allianz. Allianz memiliki jenis asuransi pilihan berbasis syariah yang cukup menguntungkan untuk para anggotanya. Bagaimana tidak menguntungkan asuransi ini menawarkan sistem cashless (kartu) dan reimbursement (penggantian). Bukan hanya itu, asuransi allianz syariah (alizza) juga memiliki produk yang cukup banyak. Mulai dari asuransi kesehatan, jiwa, rumah, mobil hingga tasbih untuk Ayang berencana ingin menunaikan ibadah ke tanah suci.

d. Asuransi Sinar Mas Syariah
Selain allianz, PRUSyariah dan takaful sinar mas juga tak mau kalah. Perusahaan sinar mas juga menyediakan sistem asuransi syariah yang sesuai dengan anjuran agama Islam. Yang mana ini bisa dimiliki oleh nasabah beragama muslim.

e. Asuransi Bumiputera Syariah
Asuransi bumiputera syariah merupakan pilihan yang patut Anda dan keluarga pertimbangkan. Karena asuransi ini memiliki beberapa produk unggulan yang dapat Anda dan keluarga nikmati. Tiga produk unggulan, dari bumiputera syariah yaitu; mitra amanah (asuransi jiwa), mabrur (haji) dan iqra plus (pendidikan). Bagaimana, banyak bangaetkan produk yang bisa Anda dan keluarga miliki.

f. Asuransi Syariah Panin
Panin merupakan asuransi syariah yang berasal dari PT. Panin Tbk. Asuransi ini telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga terpercaya dan aman untuk dimiliki. Disamping terpercaya dan aman, asuransi ini juga memiliki berbagai manfaat perlindungan tambahan dengan produk utama asuransi jiwa.

g. Asuransi Syariah Central Jaya (CARlisya)
Asuransi satu ini dimiliki oleh PT. AJ Central Asia Raya. Asuransi yang menawarkan basis syariah ini juga telah diawasi oleh otoritas jasa keuangan (OJK). Ada beberapa produk unggulan dari asuransi syariah central jaya yang bisa Anda dan keluarga miliki. Adapun produk unggul dari asuransi ini, yaitu:
1) Carlisya pro safe
2) Carlisya pro fixed
3) Carlisya pro mixed.

Asuransi tersebut menjamin para pesertanya agar terbebas dari riba. Karena Asuransi ini melakukan sistem penerapan murni syariah pada hukum pelaksanaannya.

h. Asuransi Syariah BNI Life
BNI Life merupakan asuransi berbasis syariah yang dapat Anda miliki. Asuransi ini memiliki produk yang diperuntukkan untuk dua kelompok. Baik itu untuk individu maupun bisnis. Untuk yang individu, BNI Life menawarkan tiga produk Asuransi. Produk tersebut yaitu;
  • Wadi’ah cendikia (pendidikan)
  • Investa plus (perlindungan jiwa dan manfaat investasi)
  • Multi investa (perencanaan hari tua, pendidikan, dan haji atau umroh).

Sedangkan, untuk bisnis BNI Life menawarkan dua produk. Dua produk tersebut yaitu;
  • Health plan syariah
  • Asuransi pembiayaan jiwa syariah

i. Asuransi Syariah Manulife
Salah satu asuransi dari perusahaan Manulife ini menggunakan sistem cashless dan reimbursement yang sangat mudah bagi para nasabahnya. Selain itu, asuransi ini juga memiliki prinsip sebagai manfaat utama yaitu prinsip tolong-menolong.Asuransi ini juga menawarkan beberapa produk untuk Anda dan keluarga miliki. Misalnya seperti;
  1. Berkah Healhthsafe atau Manulife Berkah Medicare Plus (penggantian biaya rumah sakit dan pembedahan yang disebabkan oleh penyakit maupun kecelakaan)
  2. Manulife Berkah Crisis Cover Protection (memberikan manfaat perlindungan bagi peserta yang didiagnosis menderita salah satu dari 50 penyakit kritis)
  3. Berkah Waiver of Basic Contribution (Asuransi dengan manfaat pembebasan kontribusi dasar jika peserta mengalami ketidak mampuan total tetap)
  4. Berkah Payor Benefit Plus (Asuransi dengan manfaat pembebasan kontribusi dasar jika peserta meninggal atau pun mengalami ketidak mampuan total tetap)
  5. Manulife Berkah Income Replacement (asuransi dengan memberi santunan pembayaran bulanan jika peserta meninggal atau menderita ketidak mampuan total tetap selama periode pembayaraan manfaat, baik itu 12, 24, 36 maupun 48 bulan)
  6. Berkah Accidental Death and Disability Benefit (asuransi dengan pemberian santunan meninggal atau cacat total tetap akibat kecelakaan)
  7. Berkah Yearly Renewable Term (Asuransi dengan pemberian tambahan santunan meninggal dunia bagi para pesertanya)

2. Beberapa Istilah dalam Asuransi Syariah yang harus Anda Ketahui
Asuransi syariah memang berbeda dengan yang lainnya. Maka dari itu untuk Anda yang baru mengenalnya pasti sedikit akan bingung dengan beberapa istilah biasanya. Karena dalam asuransi syariah terdapat beberapa istilah yang mungkin masih asing di telinga kebanyakan orang. Apa saja beberapa istilah yang biasanya di gunakan?. Berikut jawabannya;

a. Akad
Dalam asuransi syariah akad adalah perjanjian tertulis yang memuat kesepakatan-kesepakatan tertentu, beserta hak dan kewajiban para pihak sesuai dwengan prinsip syariah.

b. Akad tabarruk
Dalam asuransi syariah adalah akad hibah dalam bentuk pemberian uang dari satu peserta kepada dana tabarruk untuk tujuan tolong-menolong diantara para peserta, yang tidak bersifat serta bukan bertujuan komersial.

c. Akad Wakalah bil Ujrah
Yaitu akad tijarah yang memberikan kuasa kepada perusahaan sebagai wakil peserta untuk mengelola dana tabarruk dan/atau investasi, sesuai kuasa atau wewenang yang diberikan, dengan imbalan berupa ujrah (fee).

d. Akad Mudharabah
Dalam asuransi syariah mudharabah adalah akad untuk memberikan bagi hasil atas investasi dana tabarruk.

e. Kontribusi
Kontribusi merupakan sejumlah dana yang dibayarkan oleh para peserta kepada perusahaan yang sebagian akan dialokasikan sebagai iuran tabarruk dan lainnya untuk fee (ujrah) instansi.

f. Iuran Dana Tabarruk
Iuran ini adalah sebagian dari kontribusi yang dibayarkan oleh peserta. Dimana kemudian dimasukkan kedalam kumpulan dana tabarruk dengan Akad

g. Dana Tabarruk
Merupakan kumpulan dana yang berasal dari kontribusi para peserta, yang mekanisme penggunaannya sesuai dengan akad tabarruk, sebagaimana telah disepakati.

h. Surplus atau Defisit Underwriting
Surplus atau Defisit Underwriting adalah selisih lebih/kurang dari total pemberian peserta ke dalam dana tabarruk setelah dikurangi pembayaran santunan/klaim, kontribusi reasuransi, dan cadangan teknis, dalam satu periode tertentu

3. Berbagai Manfaat yang Bisa Anda Miliki dengan Asuransi Syariah
Ada beberapa manfaat luar biasa yang bisa Anda dapatkan ketika memiliki asuransi syariah. Apa saja manfaatnya. Bukankah sama dengan asuransi lainnya?. Dari pada terus penasaran temukan jawabannnya di bawah ini;

a. Penerapan Prinsip Tolong Menolong
Pada dasarnya asuransi syariah menerapkan prinsip tolong menolong. Sehingga pada saat membelinya artinya Anda mendonasikan sebagian dana untuk membantu peserta asuransi lainnya yang terkena musibah.

b. Penerapan Sistem Risk Transfer
Dengan diterapkannya system risk transfer Anda tidak akan kehilangan dana yang sudah didonasikan atau diinvestasikan. Hal ini dikarenakan pada periode tertentu, semua keuntungan yang diperoleh akan dibagikan secara merata kepada kedua belah pihak, sehingga konsep tersebut dirasa lebih adil dan menguntungkan.

c. Tidak Mengenal Dana Hangus
Dalam asuransi syariah menggunakan konsep wadiah atau titipan sehingga memberikan pola pengembalian untuk dana peserta dari rekeningnya yang sudah dipisahkan dengan tabarruk. Jadi, tak perlu khawatir jika dana Anda hangus

d. Lebih Transparan
Pengelolaan dana dalam asuransi syariah menggunakan konsep pembagian yang jelas. Sebagaimana di awal akad seperti risiko ataupun keuntungan yang akan dibagi. Bukan hanya itu, namun pengelolaan dana tabarruk juga dilakukan secara transparan kepada peserta asuransi.

e. Tidak Ada Riba dan Larangan
Asuransi syariah sama sekali tidak mengandung riba atau segala hal yang dilarang atau tidak sesuai dengan syariat islam dalam segala aktivitasnya.

f. Diawasi Dewan Pengawas Syariah
Aktivitas atau kegiatan asuransi ini diawasi oleh dewan pengawas syariah. Dewan pengawas syariah ini berperan untuk mengawasi perusahaan asuransi agar dalam setiap kegiatan atau aktivitanya  sesuai dengan prinsip syariah. Bagaimana, Yukz segera miliki asuransi syariah, dan rasakan berbagai manfaatnya.

Demikianlah tadi artikel dari kami yang membahas tentang asuransi syariah di Indonesia. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda. Raih keberkahan Anda dan keluarga dengan Asuransi syariah. Dijamin halalan toyyiban, bebas dari riba. Sekian dari kami, terimakasih.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar