Skip to main content

Ketahui Cara Klaim Asuransi Bagasi Hilang Semua Maskapai Secara Mudah Terarah Memuaskan

Asuransi, menjadi ternding dikalangan masyarakat. Tidak hanya memberikan satu perlindungan, namuan banyak ragamnya. Misalnya seperti; Asuransi mobil, perjalanan, bagasi dan masih banyak lagi. Saat ini, auransi pesawat terbang tengah menjadi perbincangan. Yups betul sekali, meskipun masuk dalam data resiko kecil, namun sekali terjadi masalah akan sangat berbahaya. Maka dari itu Asuransi pesawat hadir dengan berbagai solusi. Banyak produk ditawarkan oleh Asuransi pesawat, misalnya seperti; bagasi hilang dan lain-lain.


Ketika melakukan perjalanan pernahkah Anda menggunakan pesawat terbang?. Jika pernah, Apakah Anda juga pernah mengalami kasus kehilangan bagasi atau barang bawaan?. Hal ini, tentu membuat perjalanan kita tidak nyaman dan merasa berantakan bukan. Memang sangat menjengkelkan. Bisa dibayangkan bukan? Pasti kerugian dan kekecewaan begitu mendalam dapat dirasakan. Kehilangan bagasi merupakan hal yang cukup sering terjadi di dunia penerbangan. Hal itu mungkin disebabkan karena keteledoran pihak maskapai maupun penumpang itu sendiri. Bagasi yang sering hilang biasanya berupa barang bawaan yang sudah tercatat saat chek in (mendaftar). Jika barang barang bawaan Anda penting, asuransikan dahulu sebelum melakukan perjalanan. Agar perjalanan Anda aman dan nyaman. Akan tetapi jika Anda telah mendaftar Asuransi, dan mengalami kasus kehilangan bagasi, tidak perlu terlalu panic guys. Karena Asuransi siap sedia menangani. Jika peristiwa kehilangan bagasi tersebut Anda alami, maka segera lakukan klaim pada pihak Asuransi. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menangani itu semua. Adapun hal-hal tersebut yaitu;

1. Cara Klaim Asuransi Bagasi Hilang dengan Mudah, Terarah dan Memuaskan
Dengan sudah mengikuti Asuransi perjalanan maka dapat membuat rasa kekecewaan kehilangan teratasi. Kehilangan bagasi, tentu menjadi panik bukan. Nah, ketika keadaan panic terkadang bingung atau lupa bagaimana cara melakukan klaimnya. Maka dari itu disini kami akan memberikan tatanan bagaimana cara klaim asuransi bagasi hilang dengan mudah, terarah dan memuaskan. Maka ketika peristiwa kehilangan bagasi menimpa Anda, sebaiknya segera urus klaimnya. Namun, untuk mengurus klaimnya ada beberapa cara agar Asuransi Anda segera di proses. Adapun cara-cara tersebut yaitu;

a. Hubungan customer service maskapai yang bersangkutan
Hal pertama yang harus Anda lakukan setelah menyadari hilangnya bagasi ialah melapor. Dan untuk pihak pertama yang harus Anda datangi adalah maskapai. Anda harus menceritakan kronologi hilangnya bagasi tersebut. Serta meminta surat keterangan kehilangan dari maskapai terkait. Kemudian datanglah ke kantor pelayanan di bandara (Lost and Found Service) agar klaim cepat diproses. Jangan sampai Anda menunda-nunda untuk menghubunginya ya guys. Karena dengan semakin Anda mengulur waktu untuk menghubungi, maka proses klaimnya juga menjadi lambat. Maka, jangan suka menunda, jika telah mampu Anda lakukan. Karena pada dasarnya menunda-nunda pekerjaan itu tidak baik. Sebagaimana menunda pelaporan ini juga tidak baik. Tentu sudah jelas bukan, apa alasannya. Yups, betul sekali, sebagaimana di atas.

b. Surat keterangan hilang dari polisi
Untuk mengajukan klaim Asuransi bagasi hilang, Anda juga memerlukan surat keterangan kehilangan dari polisi setempat. Akan tetapi, Anda baru dapat mengajukan laporan kehilangan setelah 24 jam lamanya. Dan sama seperti saat melapor pada maskapai, Anda juga harus menceritakan kronologi kejadian tersebut. Jelaskan secara rinci barang yang hilang beserta ciri-cirinya secara jujur dan nyata. Hal ini bertujuan agar kasus yang Anda laporkan diterima. Serta proses untuk mendapatkan surat keterangan hilang dari polisi dimudahkan dan segera diberikan. Karena surat keterangan dari polisi ini juga merupakan salah satu syarat dokumen yang harus Anda lampirkan ketika akan mengajukan klaim bagais hilang.

c. Pantau terus informasi terkait pencarian bagasi
Setelah melapor, hal yang dapat Anda lakukan hanyalah menunggu. Selain menunggu, maka Anda juga harus terus memantau perkembangan informasi dari pihak maskapai. Jika sampai 3 hari belum ada informasi apapun, segera hubungi pihak maskapai atau bandara lagi. Biasanya, bagasi akan dinyatakan benar-benar hilang jika dalam 3 minggu belum ditemukan.

d. Membuat klaim asuransi serta meminta kompensasi
Menurut hukum di Indonesia, batas waktu bagasi dinyatakan hilang ialah 2 minggu (14 hari). Maka, jika telah melebihi jangka waktu yang ditentukan, Anda dapat membuat klaim asuransi. Bukan hanya itu, namun juga meminta kompensasi kepada pihak maskapai. Untuk mengajukan asuransi, Anda harus memiliki beberapa dokumen penting agar klaim diterima. Adapun dokumen yang diperlukan antara lain;
  1. Surat keterangan kehilangan dari polisi
  2. Struk atau kuitansi pembelian barang yang hilang (jika ada). Serta bukti dari perbankan jika barang barang yang hilang dibeli menggunakan kartu kredit atau debit. Sebenarnya tidak sulit mengajukan klaim bagasi hilang ke perusahaan asuransi. Asalkan, dokumen-dokumen yang menjadi persyaratan dapat dipenuhi, kemungkinan besar klaim Anda akan diterima dan segera diproses.

2. Kompensasi Terhadap Bagasi
Dalam asuransi bagasi hilang terdapat dua kompensasi untuknya. Yaitu kompensasi untuk bagasi dan bagasi gabin yang tercatat hilang. Untuk lebih jelasnya tetap pantengin artikel kami ya guys. Berikut penjelasannya.

a. Kompensasi terhadap bagasi yang tercatat hilang
Sebagaimana pasal 5 Permenhub 77/ 2011, besarnya jumlah ganti rugi yang harus dibayarkan pihak maskapai kepada penumpang adalah sebagai berikut. Ganti rugi untuk para penumpang yang telah mengalami kehilangan, musnah atau rusaknya bagasi tercatat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 huruf c, maka jumlahnya ditetapkan sebagai:
  1. Kehilangan bagasi tercatat atau isi bagasi tercatat atau bagasi tercatat musnah diberikan ganti kerugian sebesar dua ratus ribu rupiah untuk per kg. Dan ganti rugi paling banyak adalah empat juta rupiah per penumpangnya. Serta kerusakan bagasi tercatat, diberikan ganti rugi sesuai jenisnya bentuk, ukuran dan merknya.
  2. Bagasi tercatat dianggap hilang, dan akan mendapat ganti rugi sebagaimana poin satu. Dan apabila tidak diketemukan dalam waktu empat belas hari kalender sejak tanggal dan jam kedatangan penumpang di bandar udara tujuan.
  3. Penunmpang akan mendapatkan dana tunggu atas bagasi tercatat yang belum ditemukan dan dan belum dapat dinyatakan hilang oleh pengangkut sebagaimana dimakhsud dalam poin nomer dua. Dimana dana tersebut berjumlah sebesar dua ratus ribu rupiah seharinya. Dan paling lama adalah tiga hari kalender.

Meski demikian, dalam Pasal 6 ayat 1 dan 2, maskapai dapat dibebaskan dari tuntutan ganti rugi terhadap barang berharga yang disimpan dalam bagasi tercatat. Akan tetapi, ada pengecualian ketika check-in penumpang telah menyatakan serta menunjukkan bahwa di dalam bagasi tercatat terdapat barang berharga dan pengangkut setuju untuk mengangkutnya. Maskapai biasanya akan meminta kepada para penumpang untuk mengasuransikan bagasi tersebut.

b. Kompensasi Bagi Bagasi Kabin yang Hilang
Sebagaimana pada Permenhub 77/2011 juga mengatur kompensasi untuk bagasi kabin yang dibawa penumpang masuk ke dalam pesawat dalam pasal 4 ayat 1 dan 2. Adapun pengaturan kompensasi tersebut yaitu;
  1. Pengangkut tidak bertanggung jawab untuk kerugian yang dikarenakan hilang atau rusaknya bagasi kabin. Namun, ada pengecualian apabila penumpang dapat membuktikan bahwa kerugian tersebut disebabkan oleh tindakan pengangkut atau orang yang dipekerjakannya.
  2. Namun, jika pembuktian penumpang sebagaimana dimaksud dalam poin satu dapat diterima oleh pengangkut atau berdasarkan keputusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap (inkracht) dinyatakan bersalah, maka ganti rugi ditetapkan setinggi-tingginya sebesar kerugian nyata penumpang.

3. Manfaat Asuransi Bagasi yang Dapat Anda Nikmati

a. Bepergian aman, nyaman dan tak perlu cemas
Kehilangan, termasuk suatu resiko dalam bepergian. Taka da yang tahu jika resiko tersebut tiba-tiba menghampiri kita. Namun, untuk lebih amannya agar terhindar dari resiko tersebut ada baiknya ikutkan asuransi. Agar jika sewaktu-waktu resiko menimpa, Anda tak perlu khawatir lagi. Dengan begitu entah perjalanan untuk bekerja atau pun berwisata akan aman dan nyaman. Dan tentunya tak perlu cemas lagi.

b. Beri perlindungan keseluruhan
Resiko saat akan bepergian terkadang tidak hanya menimpa pada saat perjalanan berlangsung. Akan tetapi, ketika Anda berada di Bandara, juga bisa terjadi. Resiko rusak atau hilangnya bagasi bisa saja menghampiri. Nah, untuk berjaga-jaga akan lebih baiknya Anda mengikut sertakan asuransi ketika akan bepergian. Maka dengan asuransi tersebut Anda bisa mendapatkan perlindungan secara keseluruhan. Baik itu saat berada dalam perjalanan maupun masih di Bandara.

c. Penanggungan semua kerugian
Selain bepergian aman, nyaman dan tak perlu cemas. Manfaat lain yang bisa Anda dapat dari asuransi bagasi hilang yaitu penangungan akan semua kerugian. Jadi apabila Anda akan melakukan perjalanan, alangkah baiknya gunakan asuransi tambahan. Sebagaimana asuransi bagasi. Karena, jika Anda tidak melakukan asuransi dan bagasi Anda hilang tidak aka nada yang bertanggung jawab. Berbeda dengan apabila Anda mengikut sertakan asuransi tambahan seperti bagasi. Dengan asuransi bagai, maka jika saat perjalanan mengalami resiko Anda akan mendapatkan perlindungan semua kerugian. Entah itu kerugian dikarenakan murni hilang atau pun kelalaian pihak maskapai dalam bagasi.

d. Biaya terjangkau
Bepergian tanpa membawa barang rasanya begitu hampa. Namun, jika hendak bepergian dengan menggunakan pesawat dan membawa barang banyak akan sungguh merepotkan. Bagaimana tidak, jika barang tyang kita bawa itu banyak maka harus menitipkannya dalam bagasi. Dan sayangnya penitipan barang dalam bagasi itu memerlukan biaya. Namun, perlu Anda pertimbangkan kembali masalah ini. Karena sesungguhnya biaya yang akan Anda kelukan sungguh dapat mengcover semua kerugian jika nanti dalam perjalanan terjadi sesuatu tidak diinginkan. Jadi, jangan biarkan hanya karena takut membayar, rasa kecewa Anda tak kunjung pudar bila terjadi resiko kehilangan. Perlu Anda ketahui banwasanya pembayaran bagasi ini sangatlah terjangkau.

Nah, itu tadi hal-hal yang dapat Anda lakukan apabila kehilangan bagasi, serta cara klaim asuransinya. Meskipun caranya cukup mudah, akan tetapi alangkah baiknya kita tidak mengalami hal tersebut bukan,? Selain membuat bingung dan khawatir, perjalanan Anda pun dapat terganggu. Maka sebaiknya Anda membawa barang barang penting ke kabin pesawat. Sehingga Anda dapat dengan mudah memantaunya agar tidak hilang. Sekian artikel dari kami mengenai cara klaim asuransi bagasi hilang. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat dan bisa membantu Anda. Sekian dari kami, terimakasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar