Urutan Asuransi Terbaik di Indonesia Berdasarkan Reputasi

Asuransi menjadi kebutuhan utama di zaman modern ini. Pasalnya, semua segi kehidupan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jika badan sakit, pengeluaran akan membengkak berada di luar keadaan bahkan bisa di luar ekspatasi anda. Jika anda menabung biaya lain-lain sebanyak 6 juta pertahun, tiba-tiba anak anda mengalami kecelakaan serta menghabiskan biaya kurang lebih 10 juta. Pentingnya anda untuk mempunyai asuransi tidak dilihat dari segi finansialnya saja. Dengan asuransi, anda dapat mensiasati kondisi keuangan anda dalam menghadapi kebutuhan tidak terduga datangnya.


Kini, asuransi semakin mendapatkan tempat yang paling dipercaya oleh masyarakat Indonesi.a maka, tidak heran bila sekarang banyak perusahaan-perusahaan jasa asuransi menawarkan berbagai bentuk fasilitas untuk pelanggannya guna merekrut masyarakat sebanyak-banyaknya agar bersikap siaga dalam menghadapi masalah finansial yang bisa datang sewaktu-waktu. Kurang lebih ada sekitar 70 perusahaan asuransi di Indonesia yang sedang beroperasi hingga saat ini. Pada artikel kali ini akan membahas tentang perusahaan asuransi kategori asuransi jiwa terbaik sepanjang tahun 2018. Langsung saja disimak di bawah.

1. Aila Finansial
Merupakan salah satu perusahaan asuransi ternama Indonesia yang sudah teruji kualitasnya mulai dari kalangan masyarakat bawah hingga ke atas. Sejak berdirinya perusahaan besar ini namanya yaitu PT AIG Life. Pada tahun 2019, PT AIG Life merubah namanya menjadi AIA Finansial. Perubahan nama ini didasari beberapa fakta pada masyarakat sekitar. Penggunaan nama asuransi PT AIG Life pengucapan lafalnya susah di ingat bagi sebagian orang awam. AIA Finansial berada di bawah naungan perusahaan AIA Grup.

2. Asuransi Allianz
Asuransi Allianz mulai beroperasi di Indonesia pada tahun 1981. Tahun 1996, Allianz mulai mengembangkan bisnisnya hingga dalam ranah asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun. Karena visi dan misi Asuransi Allianz berbasis menolong sesama manusia, masyarakat lansia mempercayai perusahaan ini dalam urusan pendanaan pensiun. Allianz sendiri mempunyai 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 agen tersebar di semua wilayah Indonesia.

3. AXA Mandiri
Axa mandiri merupakan perusahaan asuransi terbesar di dunia dengan manajement aset bernilai tinggi. Axa mandiri adalah bagian dari perusahaan jasa AXA Grup. Mampu mencapai keberhasilan di berbagai negara di dunia dan memiliki total karyawan hingga 166.000 orang, 105 juta nasabah di 65 negara. Sebagai perusahaan asuransi terbaik di dunia, Axa Mandiri telah diakui Interbrand sebagai asuransi terbesar pertama di dunia karena mencapai manajemen yang kuat selama 2009-2017 selama 9 tahun berturut-turut. Ini tidak terlepas dari kepercayaan nasabah terhadap AXA Mandiri.

4. Cigna
Asuransi Cigna merupakan asuransi berbasis jiwa dan kesehatan. Merupakan asuransi terbaik di Indonesia. Bagian dari anak perusahaan Cigna Coorpation yang salah satu dari perusahaan kesehatan di Amerika Serikat. Walaupun kedengarannya masih asing, tentu masyarakat Indoesia sudah mengetahuinya melalui intenet. Dengan pencapaian rasio tingkat salvabilitas, atau di sebut dengan RBC ( Risk Based Capital) sebesar 640 persen. Berdasarkan undang-undnag pemerintah RI tentang Asuransi sebesar 120 persen pada tahun 3016. Dan faktanya lagi, Cigna sudah beroperasi lebih dari 30 negara, dengan total nasabah kurang lebih 100 juta orang.

5. PT FWD Life Indonesia
Merupakan perusaan asuransi jiwa terbesar di Asia Tenggara hingga ke Asia Pasifik. FWD Grup sendiri sudah beroperasi di Negara-negara Asean khusunya Thailand, Filiphina, Singapura dan Vietnam. Asal FWD Grup berasal dari negara Hongkong dan Macau. FWD sebagai asuransi berbasis kemajuan Asia Pasifik menawarkan pengalaman untuk konsumen baru dengan menawarkan dan menghadirkan produk-produk teknologi masa depan. Di Indonesia, PT ini mendapatkan sambutan luar biasa dari para kementrian karena visi misi utama adalah untuk mensejahterahkan seluruh negara-negara yang berada di wiliayah Asia Pasifik.

Ada beberapa kriteria untuk menilai apakah perusahaan asuransi tersebut sudah masuk kategori menjadi asuransi terbaik kriteria tersebut yaitu:

1. Macam-Macam Asuransi yang ditawarkan
Anda pernah mendengar bahwa perusahaan asuransi tidak hanya menawarkan asuransi jiwa saja. Namun, ada bebrapa kategori asuransi demi menunjang invensitas kehidupan anda. Artinya perusahaan asuransi tersebut telah memiliki eksitensi dalam menjalankan usahanya demi tercapainya kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat Indonesia

2. Pertumbuhan Aset
Seperti pemaparan yang sudah dijelaskan di atas, jika pertumbuhan aset per tahunnya melebihi 120 persen, maka perusahaan asuransi tersebut telah memiliki loyalitas manajemen keuangan yang baik dalam menangani berbagai macam asuransi. Dengan begitu, kriteria-kriteria perusahaan asuransi memperoleh hasil terbaik.

3. Laba Bersih
Laba bersih yang didapat merupakan perjumlahan dari keuntungan laba kotor dan benar-benar murni tanpa adanya indikasi biaya lain-lain. Laba bersih yang didapat dalam perusahaan asuransi merupakan faktor penting dalam menentukan kualitas kerja, citra dan kewibawaan suatu perusahaan. Manajemen yang dibentuk dengan baik akan melahirkan tim baik pula. Mulai dari atasan, karyawan sampai kepada pegawai-pegawai di sekitarnya.

4. Lihat Bukti dalam Perjanjian
Dalam menandatangi bukti dan perjanjian, anda harus tanyakan dulu yang sekiranya dari perjanjian tersebut ada beberapa point yang belum dimengerti. Visi, misi, slogan maupun iklan seringkali membuat anda tergoda untuk mengikutinya. Nah, anda harus pandai-pandai dalam memilah informasi yang sebenarnya. Sebaiknya, anda menanyakan kepada seseorang yang memang sudah maupun pernah menjadi nasabah asuransi di perusahaan tersebut.

Sesuai fakta sekarang ini, banyak perusahaan asuransi mengeluarkan jurus jitu dengan menawarkan iklan dan produk terbai. Namun, anda tidak harus mengandalkan itu semua yang tertuang dalam konteks kata-kata ajakan dan harga dalam penawarannya. Keputusan anda terletak pada diri anda. Pilihlah sesuai dengan nurani anda dan pertimbangan masyarakat luas mengenai citra dari perusahaan asuransi yang akan anda kunjungi.

Misalnya anda ingin membeli sebuah produk asuransi pendidikan. Ada pertimbangan yang harus anda telaah terlebih dahulu yaitu:
  1. Tentukan cakupan asuransi yang dibutuhkan. Misalnya dokumen tentang keluarga anda, all risk dan      sebagainya.
  2. Ingat, pilihlah premi perbulan atau pertahun sesuai dengan kondisi finansial anda.
  3. Pilihlah perusahaan asuransi yang sudah mendapatkan, terdaftar dan diakui oleh OJK sebagai perusahaan asuransi terjamin dan terpercaya.
  4. Kenali produk, manfaat, tujuan serta biaya manfaatnya secara keseluruhan.
  5. Tanyakan berapa kebijakan-kebijakan dalam sebuah ketentuan perusahaan asuransi dengan sejelas-jelasnya.
  6. Budayakan membaca dengan teliti dengan penuh khidmat isi dari keseluruhan syarat dan ketentuan isi polis di atas perjanjian bermaterai.

Pentingnya dalam meneliti perusahaan asuransi begitu denngan polis diperiksa betul-betul harus teliti sebelum anda mengambil keputusan besar dalam menentukan masa depan keluarga anda. Dengan kata lain, perusahaan asuransi tidak hanya mengeluarkan janji-janji manis rayuan mautnya demi keuntungan semata tanpa memperhatikan kesejahteraan nasabahnya.

Apakah dalam melihat kinerja yang baik akan mendapatkan kepercayaan tinggi dalm masyarakat luas? Tentu. Secara umum, kriteria perusahaan asuransi bisa dilihat dari:

1. Lamanya Perusahaan Asuransi Berdiri.
Anda harus menanyakan profil dari perusahaan tersebut. Karena, perusahaan yang sudah lama berdiri tentunya sudah mempunyai berbagai pengalaman di bidang asuransi. Serta mampu menunjukkan dan mempertahankan reputasinya sebagai perusahaan asuransi terbaik. Menjamin keamanan dan meminimalisasi resiko kebangkrutan.

2. Memiliki Reputasi dan Kepercayaan di Hati Masyarakat
Anda harus mencari perusahaan asuransi dengan kredibel dan mempunyai reputasi menjanjikan untuk semua kalangan. Dalam bekerja, bersikap sebaik mungkin demi melayani antrian panjang masyaarkat hanya untuk membayar asuransi. Dengan demikian, anda menjadi lebih yakin untuk bekerja sama dengan perusahaan asuransi agar uang anda tidak serta-merta langsung di bawa kabur.

3. Bertanyalah kepada Orang-Orang yang berpengalaman.
Malu bertanya, sesat dijalan. Malu bertanya, ujung-ujungnya anda tidak berani menanyakan apakah perusahaan asuransi tersebut sudah membuat masyarakat untuk berdedikasi tinggi demi kelangsungan kehidupan keluarga anda? Niscaya anda akan mengambil keputusan yang baik dan lebih bijak.

4. Premi sesuai dengan Ekonomis
Perusahaan asuransi dengan menetapkan tarif premi sekitar xxxx rupiah tidak menuntut kemungkinan anda bisa mendapatkan hasil maksimal. Anda harus menyesuaikan jumlah premi dengan gajian yang anda dapatkan jika tidak ingin di luar upah minimum daerah atau pusat. Anda dapat mencari produk asuransi yang bagus dan tentunya harga premi ekonomis sesuai dengan kemampuan keluarga anda.

Berdasarkan penilaian Rating 123 Asuransi berdasarkan versi infobank untuk membantu anda dalam memantapkan pilihan anda:

1. Rasio Risk Based Capital ( RBC)
Merupakan salah satu metode penghitungan dengan satu metode pengukuran Batas Tingkat Solvabilitas yang disyaratkan dalam undang-undang dalam mengukur tingkat keamanan finansial atau kesehatan suatu perusahaan asuransi. Semakin besar rasio solvabilitas, semakin perusahaan asuransi tersebut mengalami kinerja kerja meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

2. Besarnya Dana Jaminan
Berdasarkan UU No.40 Tahun 2014 dan peraturan OJK No. 71/POJK.05/2016 tentang Kesehatan Keuangan Perusahaan Asuransi dan Perusahaan Reasuransi, perusahaan wajib membentuk Dana Jaminan paling rendah 20% dari ekuitas minimum yang dipersyaratkan. Dana jaminan ini merupakan asetr perusahaan asuransi atau perusahaan reasuransi yang merupakan jaminan terakhir dalam rangka melindungi kepentingan pemegang plosi, tertanggung atau peserta dalam hal perusahaan asuransi dan perusahaan reasuransi dilikuidasi.

3. Laporan Tentang Cadangan Teknis dan Klaim Utang
Laporan ini bersifat transparant. Artinya sebagai alat ukur untuk mengetahui kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajibannya sebagai pemegang polis dalam jangka waktu yang panjang. Nilai disarankan adalah sama dengan atau lebih dari 100%.

4. Rasio Beban Klaim
Rasio tersebut mencerminkan pengalaman klaim yang terjadi serta kualitas usaha penutupannya. Dengan demikian, untuk mengkategorikan perusahaan yang baik, dibutuhkan nilai rasio beban klaim dengan atau lebih kecil dari 100%. Semoga dengan adanya klarifikasi asuransi terbaik di Indonesia bisa membantu anda dalam menentukan pilihan anda.

Sesuaikan dengan gajian anda dalam menentukan premi dan perusahaan asuransi demi kelangsungan investasi tabungan masa depan anda. Yang terpenting jangan terburu-buru dalam menentukan pilihan. Anda harus menanyakan kepada teman-teman anda yang sudah berpengalaman dalam memilih asuransi. Dan tentunya anda harus menerima segala keputusan anda jika anda sudah merasa yakin dengan pilihan anda. Karena memilih asuransi adalah sebuah keputusan dengan variasi resiko yang luas. Apakah anda berkeinginan untuk mengasuransikan seluruh kebutuhan anda? Pertimbangkan dahulu sebelum memutuskan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Bisnis Online Updated at: 11:18:00 AM
Tags :

Related : Urutan Asuransi Terbaik di Indonesia Berdasarkan Reputasi

0 komentar:

Post a Comment