Skip to main content

Contoh Bisnis Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan Untung Besar

Rata-rata pegawai tidak menyukai pekerjaan mereka, dan itu sudah menjadi rahasia umum. Salah satu hal yang paling sering dikeluhkan adalah perkara gaji yang dirasa terlalu kecil, dan target kerja yang begitu menekan. Memang tak bisa dipungkiri, banyak pegawai yang menjalani kerasnya dunia pekerjaan dengan upah kerja yang dirasa kurang sesuai.

Nah, daripada menghabiskan tenaga dengan mengeluh, kenapa tidak menggunakan energi Anda untuk menjalankan bisnis sampingan agar mendapat pemasukan tambahan?

Jangan khawatir, menjalankan bisnis tidak melulu identik dengan modal besar kok. Nyatanya banyak jenis bisnis sampingan modal kecil yang juga menguntungkan untuk di tekuni. Seperti misalnya beberapa jenis usaha berikut ini.

Contoh Ide Bisnis Sampingan Modal Kecil

Usaha Minuman
Di saat cuaca sedang panas-panasnya, segelas minuman dingin tentunya banyak di cari untuk melepaskan dahaga. Sedangkan di musim hujan, banyak orang akan menghangatkan tubuh dengan segelas minuman teh, kopi, susu atau wedang jahe hangat. Nah, bukannya ini bisa menjadi peluang usaha yang bisa menghasilkan uang jika ditekuni?

Untuk menjajakan minuman, langkah awal bisa dengan mendirikan gerai minuman di depan rumah Anda, atau menyulap halaman depan rumah Anda menjadi lokasi nongkrong para kawula muda. Atau kalau Anda ingin memperluas jangkauan pasar, Anda bisa menyewa satu stan di pujasera. Pastikan bahwa lokasi tempat Anda berjualan strategis dan ramai dikunjungi oleh banyak orang.

Modal utama yang Anda perlukan tentu saja biaya untuk membeli peralatan membuat minuman seperti blender dan bahan baku. Tentunya tak butuh modal besar kan untuk membeli peralatan tersebut? Dan bahkan anda mungkin tak perlu membelinya, sebab peralaan tersebut sama seperti peralatan rumah tangga yang biasa dipakai sehari-hari.

Jika anda punya dana lebih, tak ada salahnya anda menyewa stand di depan pasar, atau di tempat keramaian lainnya, agar prospeknya semakin bagus. Dan yang terpenting, pastikan citarasa minuman yang anda jual memang benar-benar lezat dan diminati banyak orang.

Untuk tahap awal, anda bisa promosi di media sosial baik itu facebook, IG dan lainnya, atau bisa juga dengan membuat website khusus. Selain itu tak ada salahnya jika anda membagikan brosur di kampus-kampus atau tempat keramaian lainnya agar pelanggan anda makin banyak.

Berdagang Sayur Keliling
Apabila Anda memiliki jam kerja shift dan Anda sering mendapatkan shift sore atau malam hari, manfaatkan waktu luang Anda di pagi hari dengan berjualan sayuran atau bahan sembako lainnya. Untuk usaha satu ini, Anda hanya memerlukan kendaraan gerobak yang bisa didorong manual atau ditarik dengan sepeda motor anda.

Untuk produk sayuran segar yang Anda jual, Anda dapat bekerjasama dengan pedagang di pasar tradisional sebagai suppliers Anda. Pastikan supplier tersebut terpercaya dengan memberikan produk sembako berkualitas dengan harga murah.

Untuk menjajakan barang jualan Anda, Anda dapat berkeliling di satu lingkungan perumahan dengan kendaraan Anda, terutama di perumahan yang terletak cukup jauh dari pasar tradisional. Umumnya banyak ibu yang tidak memiliki cukup waktu untuk pergi ke pasar setiap pagi, sehingga mereka akan memilih membeli sayuran dari pedagang sayur keliling. Nah, selain berjualan sayuran segar Anda juga bisa berjualan produk lauk-pauk lainnya seperti buah-buahan, ikan, berbagai jenis kerupuk, dan lain sebagainya.

Jasa Laundry
Bisnis sampingan modal kecil lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan membuka usaha laundry. Jasa laundry sangat diminati terutama di kalangan masyarakat yang tinggal di kota besar. Alasannya adalah tak lain karena mereka senantiasa sibuk sehingga secara otomatis mereka akan mencari kemudahan dalam menyelesaikan tugas sehari-hari, salah satunya adalah urusan cucian. Anda pun pasti paham kan perasaan jengkel bercampur malas ketika melihat cucian yang menumpuk di akhir pekan, kan?

Tapi kali ini Anda bisa mengubah hal tersebut menjadi peluang bisnis yang pastinya sangat menguntungkan. Apabila Anda sudah memiliki mesin cuci, maka Anda hanya perlu mengeluarkan untuk biaya pembelian detergen dan softener.

Dan kalaupun belum, Anda hanya membutuhkan budget sekitar 7.5 juta saja untuk membeli satu unit mesin cuci tabung dan mesin pengering. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan budget untuk pembelian timbangan, keranjang plastik, setrika, dan jika diperlukan, sisihkan uang untuk membayar pegawai.

Nah, diantara beberapa ide bisnis sampingan modal kecil dari kami diatas, mana yang menginspirasi Anda?

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar