Skip to main content

Berbagai Macam Asuransi Lion Air Yang Harus Anda Ketahui

Bertemu lagi di artikel kami dan akan membahas tentang beberapa fasilitas perjalanan yang wajib anda ketahui. Sobat, anda tentunya pernah bepergian menggunakan fasilitas kendaraan via udara. Berbagai perusahaan pesawat menawarkan berbagai promo menarik guna memfasilitasi kebutuhan perjalanan anda. Tidak terkuali dengan Perusahaan Penerbangan Lion Air yang menjadi sahabat perjalanan anda karena harga tiket yang ditawarkan sesuai dengan budget pribadi anda.

PT. Lion Mentari Airlines beroperasi sebagai Lion Air adalah sebuah maskapai penerbangan bertarif rendah yang berpangkalan pusat di Jakarta, Indonesia. Lion Air sendiri adalah maskapai swasta terbesar di Indonesia. Dengan jaringan rute di Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, Australia, India, Arab Saudi, dan Jepang, serta rute charter menuju Cina Hong Kong, Korea Selatan, dan Makau. Lion Air menjadikan dirinya sebagai pemain Regional yang akan berkompetisi dengan AirAsia dari Malaysia. Sepanjang tahun operasionalnya, Lion Air mengalami penambahan armada secara signifikan sejak tahun operasionalnya pada tahun 2000 dengan memegang sejumlah kontrak besar, salah satunya yaitu kontrak pengadaan pesawat dengan Airbus dan Boeing dengan total keseluruhan sebesar US$ 46.4 Milliar untuk armada 234 unit Airbus A320 dan 203 Pesawat Boeing 737 MAX.


Perusahaan sendiri telah memiliki perencanaan jangka panjang pada maskapai untuk memberdayakan armadanya untuk mempercepat ekspansinya di kancah regional Asia Tenggara dengan membuat anak perusahaannya sendiri, yaitu Wings Air dan Batik Air sebagai pemerkuat operasional maskapai di Indonesia dan untuk di luar negeri, Lion Air memperkuat kehadirannya dengan mendirikan Malindo Air dan Thai Lion Air. Lion Air mengoperasikan lebih dari 100 pesawat Boeing 737-800/900ER Maskapai penerbangan ini telah ditandai dengan ekspansi yang cepat akibat deregulasi dari industri penerbangan di Indonesia tahun 1999 dan keberhasilan model bisnis tarif murahnya.

Dengan membaca profil perusahaan Lion Air, anda berhak memberikan review perjalanan anda menggunakan pesawat Lion Air. Pilihan utama yang anda cari adalah dalam melakukan perjalanan, tentunya harus ada asuransi perjalanan sebagai fasilitas andalan untuk memajukan perusahaan penerbangan. Dan, ada beberapa manfaat jika anda menggunakan Lion Air sebagai sahabat perjalanan anda:

1. Perjalanan Nyaman dan Mudah
Lion Air bekerjasama dengan PT. Asuransi Simas Net mempersembahkan Lion Air Travel Insurance untuk perlindungan yang lebih lengkap untuk Anda dan keluarga. Sehingga anda bisa merasakan berbagai fasilitas tambahan demi kenyamanan perjalanan anda bersama keluarga maupun seorang diri.

2. Lion Air Travel Insurce
Lion Air Travel Insurance bekerjasama dengan PT. Asuransi Simas Net melindungi perjalanan Anda, termasuk kecelakaan dan ketidaknyamanan perjalanan seperti keterlambatan perjalanan dan evakuasi darurat medis. Produk ini dijamin oleh PT Asuransi Simat Net dan khusus dibuat untuk penumpang Lion Air. Anda sekarang tidak perlu kawatir jika anda secara otomatis telah terdaftar sebagai nasabah asuransi perjalanan sesuai dengan kesepakatan awal dan peraturan dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan atasan.
Kriteria seperti apa, yang bisa mendapatkan asuransi perjalanan selama anda menggunakan fasilitas Lion Air:
  1. Usia serendah-rendahnya 75 tahun saat sampai di Indonesia
  2. Tempat keberangkatan, tujuan dan rute penerbangan harus di wilayah Indonesia
  3. Periode perjalanan tidak boleh lebih dari 31 hari
  4. Asuransi perjalanan berlaku ketika penumpang mulai berangkat hingga sampai kembali ke bandara tempat tujuan. Jadi, fasilitas yang diberikan hanya berlaku saat pergi dan pulang dalam satu kali perjalanan.
  5. Pihak Lion Air akan memeriksa, melindungi dan mengecek chek up mulai dari pemberangkatan hingga sampai ke bandara tempat tujuan anda.

Lion Air Travel Insurce menyediakan berbagai macam fasilitas demi kenyamanan perjalanan anda. Serta melengkapi penerbangan Air Liormu dengan jaminan asuransi lengkap.

1. Jaminan Kecelakaan Diri
Pihak Lion Air akan memberi santunan bagi anda yangs sedang mengalami kecelakaan dalam perjalanan. Besar santunan yang diberikan sesuai dengan undang-undang Kmenhub tentang Biaya Santunan Penumpang.

2. Jaminan Santunan Keterlambatan Penerbangan
Anda pernah mengalami transit di bandara? Jika ia, ternyata Lion Air memberi asuransi jika mengalami translit? Dan pihak Lion Air akan membayar santunan jika mengalami keterlambatan penerbangan

3. Jaminan Kehilangan/Kerusakan Bagasi
Barang-barang bawaan anda ada yang kurang? Atau kondisinya justru membuat mood perjalanan anda menghilang karena koper anda mengalami lecek di pinggirnya. Jangan khawatir, karena anda sudah tepat sekali menggunakan perusahaan penerbangan ini sebagai andalan travelling anda. Karena Lion Air akan memberikan dana pengganti barang-barang anda yang rusak maupun rusak selama berada di bagasi.

Keuntungan Asuransi Lion Air Travel Insurance yaitu:
  1. Adanya jaminan kecelakaan diri dengan tenggang waktu satu bulan setelah hari –H
  2. Biaya perawatan medis Darurat akan dibantu proses pencairannya akibat kecelakaan. Dengan begitu, biaya adminstrasi separuhnya akan diurus oleh pihak Lion Air
  3. Keterlambatan Penerbangan akan mendapatkan asuransi perjalanan
  4. Kerusakan dan kehilangan bagasi menjadi tanggung jawab Lion Air dan akan dikembalikan sesuai aslinya setelah 3 hari setelah perjalanan.

Lion Air bekerjasama dengan PT. Asuransi Simas Insurtech mempersembahkan Lion Air Travel Insurance untuk perlindungan yang lebih lengkap untuk Kamu dan keluarga untuk melindungi perjalananmu, termasuk kecelakaan dan ketidaknyamanan perjalanan seperti keterlambatan perjalanan dan evakuasi darurat medis. Produk ini dijamin oleh PT Asuransi Simat Insurtech dan khusus dibuat untuk penumpang Lion Air.

Lion Air Travel Insurtech tersedia dalam 2 jenis perlindungan sebagai berikut:
1. Pulang Pergi Untuk penumpang yang melakukan perjalanan pulang pergi dengan Lion Air, Kamu akan terlindungi sejak keberangkatan, selama perjalanan hingga kembali ke bandara asal.
2. Sekali perjalanan Untuk penumpang yang menempuh penerbangan sekali jalan, Kamu akan terlindungi sejak keberangkatan hingga tiba di bandara tujuan.

Jaminan lainnya yang bersifat permanen akan diberikan oleh Lion Air Travel Insurtech antara lain :

Kecelakaan Diri
Jaminan ini memberikan penggantian atas resiko kecelakaan diri, maksimum sesuai dengan plan yang dipilih apabila Kamu meninggal dunia atau cacat tetap total sebagai akibat dari kecelakaan yang terjadi baik ketika di atas pesawat terbang maupun selama dalam perjalanan di daerah tujuan. Tetapi semoga anda dalam setiap perjalanan selalu dilindungi Tuhan.

Biaya Perawatan Medis Darurat akibat Kecelakaan
Jaminan ini memberikan penggantian biaya perawatan medis darurat di Rumah Sakit sebagai akibat dari cedera karena kecelakaan yang diderita oleh Tertanggung selama perjalanannya di daerah tujuan. Biaya perawatan ini biasanya akan ditempatkan di kelas VIP sebagai bentuk rasa tanggung jawab pihak Lion Air kepada penumpang.

Evakuasi Medis Darurat dan Repatriasi
Jaminan ini memberikan penggantian biaya repatriasi jenazah dan evakuasi / repatriasi medis darurat (dalam keadaan kritis) yang anda butuhkan ketika meninggal atau di rawat di Rumah Sakit daerah tujuan sesuai dengan lokasi anda.

Keterlambatan Penerbangan
Jaminan ini memberikan penggantian atas terganggunya jadwal penerbangan yang disebabkan oleh keterlambatan keberangkatan dengan minimum keterlambatan 5 jam hingga lebih satu hari. Pihak Lion Air akan menyediakan tempat penginapan nyaman agar kondisi penumpang tetap terjaga.

Kerusakan dan Kehilangan Bagasi
Jaminan ini memberikan penggantian atas kehilangan / kerusakan bagasi & harta benda pribadi anda yang ada di dalam bagasi ketika dalam perjalanan menggunakan Lion Air. Anda akan dihhubungi oleh operator bandara jika mengalami kerusakan pada bagasi anda.

Pengurangan Waktu Perjalanan
Jaminan ini memberikan penggantian atas timbulnya biaya tambahan yang tidak dikembalikan dari tiket Lion Air jika Kamu harus memperpendek waktu perjalanan disebabkan oleh cedera badan atau sakit keras atau meninggalnya istri / suami / anak Kamu. Pengurangan waktu perjalanan dilakukan hanya pada saat kondisi darurat saja. Apakah anda pernah mengalaminya?

Kehilangan Dokumen Perjalanan
Jaminan ini memberikan penggantian biaya pembuatan kembali atas hilangnya dokumen perjalanan yang diakibatkan oleh perampokan, pembongkaran, atau pencurian ketika Tertanggung berada di luar negeri. Maupun selama dalam perjalanan, dokumen anda ada yang tidak utuh. Makan, pihak Lion Air akan bertanggung jawab atas kehilangan dokumen perjalanan anda.

Tanggung Gugat Pribadi
Jaminan ini memberikan penggantian atas tuntutan ganti rugi dari Pihak Ketiga sebagai akibat dari ketidaksengajaan Kamu yang menyebabkan luka badan atau kerusakan harta benda milik Pihak Ketiga. Biasanya sering terjadi pada antrian chek up tiket.

Penyerangan dengan Kekerasan
Jaminan ini memberikan penggantian biaya-biaya yang timbul jika Kamu diserang dengan kekerasan ketika dalam perjalanan di daerah tujuan. Dan masih berada di wilayah bandara kepergian hingga kepulangan anda.

Layanan Bantuan Medis Darurat selama 24 jam
Memberikan bantunan layanan medis darurat selama 24 jam selama dalam perjalanan Kamu di daerah tujuan. Serta menerima konsultasi gratis dokter perusahaan penerbangan dengan syarat, anda masih berada di sekitar bandara.

Dalam dunia penerbangan, masalah asuransi memang tidak bisa dipisahkan mengingat sektor ini memang masuk ke dalam bisnis berisiko tinggi. Dalam kasus MH17, para penumpang yang menjadi korban tentunya sudah dilindungi oleh asuransi. Masalahnya, seberapa besar pertanggungannya? Jawabannya sudah ditentukan dalam Konvensi Montreal (Montreal Convention) yang diresmikan tahun 1999. Di mana besarnya nilai klaim yang didapat penumpang akibat kecelakaan selalu mengalami perubahan setiap waktu karena mengikuti laju inflasi global.

1. Special Drawing Rights (SDR)
Industri penerbangan memang memiliki keunikan tersendiri, hal ini disebabkan karena pertanggungan asuransi dari bisnis ini tidak menggunakan mata uang konvensional, melainkan menggunakan mata uang khusus milik International Monetary Fund (IMF) yaitu Special Drawing Rights. Sekarang ini, kurs 1 SDR sama dengan USD 1,5. Jadi bila dikonversi ke dalam mata uang Rupiah menjadi sebesar Rp 17.250 (asumsi 1 USD = Rp 11.500).

2. Penggantian tahap pertama
Berdasarkan Konvensi Montreal, pemberian santunan dari pihak maskapai kepada penumpang terbagi atas 2 tahap. Pertama adalah mereka wajib membayar ganti rugi sampai SDR 100 ribu atau sekitar Rp 1,725 miliar. Jumlah tersebut bisa berlaku kalau si korban meninggal dunia atau mengalami luka serta mendapat cacat. Perusahaan penerbangan pada masa ini tidak boleh membuat kasus banding.

Bagaimana dengan di Indonesia?
Menurut Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), Julian Noor, ada beberapa asuransi yang akan melindungi penumpang dan maskapai bila pesawat mengalami kecelakaan. Dari pihak korban, proteksi yang diperoleh rupanya menjadi santunan wajib dari PT Jasa Raharja.

Nilai pemberian pertanggungan dari Jasa Raharja sendiri bisa berbeda-beda tergantung dari kondisi korban. Noor menyebutkan, penumpang bisa mendapatakan dana sampai Rp 25 juta per orang kalau mengalami luka. Sementara untuk yang meninggal atau cacat tetap nilainya akan lebih tinggi yaitu Rp 50 juta.

Selain dari Jasa Raharja, penumpang juga wajib menerima penggantian dana tambahan berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 77 Tahun 2011 mengenai Tanggung Jawab Pengangkut Angkutan Udara. Undang-Undang tersebut pernah diberlakukan ketika kecelakaan pesawat Sukhoi Superjet100 (SSJ-100) jatuh di Guning Salak, Jawa Barat pada 9 Mei 2012 silam.

Kabarnya, nilai pertanggungan yang diterima sebesar Rp 1,25 miliar per orang jika kondisinya meninggal dunia. Namun, mengingat seluruh penumpang SSJ-100 tewas, maka mereka semua menerima dana penggantian dalam jumlah yang sama.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar