Skip to main content

Asuransi Kecelakaan Pesawat yang Harus Anda Ketahui

Asuransi sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan anda. Anda dituntut untuk menabung dan menyisihkan sebagian penghasilan anda untuk membayar premi asuransi. Pernahkah anda mendapatkan resiko kecelakaan dan anda tanggung sendiri setelahnya? Mulai dari biaya, prosedur pendaftaran rumah sakit dan sebagainya sehingga anda harus mengambil uang dari tabungan anak anda untuk mengganti biaya kondisi darurat?


Setelah membaca artikel ini, semoga anda berfikir kembali untuk menginvestasikan sebagian gaji anda untuk mengikuti asuransi kecelakaan. Apalagi, anda seorang pekerja yang menjadikan pesawat sebagai transportasi utama demi kelancaran bisnis anda. Atau anda benar-benar membutuhkan deadline cepat untuk menyelesaikan laporan anda. Sehingga anda rela pulang pergi ke luar kota menaiki pesawat. Sekarang, anda harus mengetahui bahwa ada suransi kecelakaan pesawat yang harus anda ketahui. Berikut penjelasannya:

1. Pentingnya Asuransi Kecelakaan Pesawat
Asuransi kecelakaan pesawat adalah jenis asuransi kerugian yang menjamin resiko anda atas kecelakaan pesawaat yang sedang anda tumpangi atau meninggal dunia karena kecelakaan pesawat. Santunan tunai ini diberikan kepada tertanggung akibat:
  • Meninggal dunia karena kecelakaan pesawat, hilang atau belum ditemukan sewaktu-waktu setelah pesawat yang ditumpangi jatuh sekurang-kurangnya 60 hari sejak terjadinya kecelakaan.
  • Mengalami cacat baik secara fisik maupun secara total akibat dari kecelakaan pesawat yang dijamin oleh polis.

2. Manfaaat Mengikuti Asuransi Kecelakaan Pesawat
  • Mendapatkan santunan meninggal dunia akibat kecelakaan pesawat.
  • Bisa mengurangi biaya lain-lain, jika anda mengalami kecelakaan pesawat yang sewaktu-waktu biaya dibebankan tidak berkurang terhadap tabungan anda.

3. Syarat dan Ketentuan
Sama seperti syarat-syarat pengajuan asuransi lainnya, syarat dan ketentuan berlaku untuk:
  • Usia masuk mulai dari umur 17-60 tahun
  • Masa pertanggungan 1 tahun dan dapat diperpanjang
  • Mata uang yang diutamakan yaitu rupiah.
  • Minimum premi sebanyak 15.000 bahkan bisa lebih per tahunnya.
  • Jalur distribusi menggunakan bank mandiri
  • Isi lengkap formulir yang telah nasabah asuransi siapkan. Biasanya berisi tentang nama lengkap, nama telepon, email aktif, tanggal lahir, provinsi dan alamat tempat tinggal anda serta nomor rekening aktif.
Hidup anda dan semuanya tidak terlepas dari resiko. Mulai dari keadaan darurat, kecelakaan sewaktu-waktu, dan kesehatan anda juga mempengaruh dalam kehidupan anda. Oleh karena itu, investasikan sebagian pengeluaran anda untuk mengasuransikan ke perusahaan asuransi terpercaya. Berikut asuransi kecelakaan pesawat di Indonesia yang sering diikuti:

1. Asuransi HappyMe Micro
Memberikan perlindungan berupa santunan bagi keluarga anda salah satunya ada yang meninggal maupun kecelakaan pesawat. Dan juga santuanan biaya pemakaman dengan premi terjangkau. Berlaku untuk 24 jam di semua wilayah teritorial Indoneisa atas resiko kecelakaan pesawat dalam polis. Kemudahannya yaitu asuransi ini berlaku mulai umur 1 tahun sampai umur 64 tahun. Periode asuransi berlaku selama 1 tahun.

2. Special Drawing Rights
Bisnis angkutan udara memang memiliki resiko keselamatan lebih sedikit dibandingkan dengan transportasi lainnya. Oleh karena itu, kebutuhan asuransi dalam resiko kecelakaan tersebut wajib anda miliki. Di sini, anda akan mendapatkan ganti rugi berupa :
  • Penggantian tahap pertama dari kecelakaan pesawat.
  • Penggantian tahap kedua dari kecelakaan peswat.
  • Penggantian barang bawaan anda selama di pesawat kecuali dokumen penting tidak bisa diganti semestinya
  • Premi dilakukan setelah anda merasakan kecelakaan peswat

3. Aplikasi Android Aplikasi Finansialku
Jika anda tidak ingin repot dalam mengurus asuransi anda, anda bisa mendwonlod aplikasi finansialku di smartphone anda. Fiturnya yang sangat lengkap akan senantiasa membantu ada dalam mengola keuangan dari premi anda dan bisa menyusun anggaran biaya sendiri.

Asuransi kecelakaan pesawat juga diatur oleh undang-undang lo. Besarnya uang pertanggungjawaban telah ditentuka oleh Konvensi Montreal (Konvensi Montreal). Pada konvensi ini diatur, bahwa nilai klaim yang didapatkan oleh penumpang pesawat, selalu mengikuti laju inflasi globar secara menyeluruh. Sehingga perubahan akan datang sewaktu waktu.

Seperti kecelakaan pesawat tahun kemarin oleh Lion Air JT 160 tepatnya jatuh di Kota Karawang, Jawa Barat menimbulkan korban yang sangat banyak sangat harapan jauh dengan hidup. Para penumpang sudah seharusnya wajib mendapatkan santunan dari kecelakaan pesawat tersebut. Berapa jumlah santunan yang wajib diberikan? Konvensi Montreal menentukan bahwa, nilai klaim yang didapatkan oleh penumpang akibat kecelakaan pesawat mengikuti laju keuangan.

1. Aturan Premi
Anda wajib membayar yang namanya premi. Premi wajib dibayarkan kepada kepada pemilik polis atau pemilik perusahaa asuransi saat anda memutuskan untuk memberli asuransi. Untuk administrasi premi, besar jumlahnya akan disesuaikan dengan ketentuan yang telah disetujui kedua belah pihak. Biaya premi disesuaikan dengan jenis, waktu dan besar uang pertanggung jawaban yang akan diberikan nantinya saat kecelakaan pesawat.

Jangan sampai anda lupa untuk membayar unag premi. Sebab, di asuransi kecelakaan pesawat, kebanyakan dari mereka mengganggap hangus dan secara otomatis nama anda di blacklist dari daftar pengajuan asuransi kecelakaan pesawat. Hal ini tidak bisa diganggu gugat sehubungan resiko kecelakaan bisa datang kapan saja sewaktu-waktu. 

2. Dasar Hukum Asuransi Kecelakaan Pesawat
Sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 77 2011 tentang Tanggung Jawab Pengangkut Angkutan Keluarga. “ Penumpang meninggal yang dunia akan mendapatkan ganti rugi 1,25 miliar. Lebih teaptnya itu terdaoat dalam pasal 2 dan pasal 3 Permenhub Nomor 77 Tahun 2011.

Pasal 2 ‘’ Pengangkut yang mengoperasikan pesawat udara wajib bertanggung jawab atas kerugian terhadap: Penumpang yang meninggal dunia, cacat tetap atau luka-luka

Pasal 3 ‘’ Jumlah ganti kerugian terhadap penumpang yang meninggal dunia, cacat       tetap atau luka-luka sebagaimana dimaksud dalam pasal 2 huruf a ditetapkan sebagai berikut:

Penumpang yang meninggal dunia di dalam pesawat udara karena akibat kecelakaan pesawat udara atau kejadian yang semata-mata ada hubungannya dengan pengangkutan udara diberikan ganti kerugian sebesar rp 1.250.000 per penumpang.

Penumpang yang meninggal dunia akibat suatu kejadian yang semata-mata ada hubungannya dengan pengangkutan udara pada saat proses meninggalkan ruang tunggu bandar udara menuju pesawat udara atau pada saat proses turun dari pesawat udara menuju kedatangan di bandar udara dengan tujuan dan/atau bandar udara persinggahan (transit) diberikan ganti kerugian sebesar rp 500.000 per penumpang.

Penumpang yang mengalami cacat tetap meliputi:
  1. Penumpang yang dinyatakan cacat tetap total oleh dokter dalam jangka waktu paling lambat 60 hari kerja sejak terjadinya kecelakaan diberikan ganti kerugian sebesar rp 1.250.000 per penumpang.
  2. Penumpang yang dinyatakan cacat tetap sebagian oleh dokter dalam jangka waktu paling lambat 60 hari kerja sejak terjadinya kecelakaan diberikan ganti kerugian.

Beberapa Hak Keluarga Korban Pesawat yang Jatuh adalah sebagai berikut:

Kemungkinan resiko penerbangan
Pemerintah Indonesia melalui Dinas Perhubungan sudah menetapkan aturan ganti rugi penumpang bila ada sebuah kondisi yang menyebabkan hilangnya nyawa seseorang di dalam kecelakaan pesawat.

Jasa Raharja
Kompensasi yang diberikan jasa raharja berbeda dari permenhub Nomor 77/2011 di atas. Ganti kerugian bisa didapatkan oleh keluarga korban dengan catatn seseorang meninggal dunia pada saat kecelakaan itu terjadi. Besaran kompensasi yang diberikan juga berbeda. Karena jasa raharja bersifat santunan. Jika kita menggunakan perusahaan asuransi pelayanan kecelakaan pesawat, maka kompensasi yang didapat akan besar senilai dengan premi yang anda keluarkan setiap bulannya.

Uang Pertanggungan Asuransi Perjalanan
Saat anda menaiki  pesawat, apakah sebelum cheking anda pernah ditawari asuransi baik secara online maupun secara offline? Jika pernah, anda harus menyadari bahwa apa yang di lakukan perusahaan instansi untuk meminimalisir resiko yang mungkin terjadi dalam perjalanan udara anda.

Namun yang paling terpenting adalah, nyawa tidak dapat digantikan oleh apapun. Walaupun dengan finansial, nyawa tetaplah berharga. Tapi semoga bisa mengurangi angka kematian kecelakaan pesawat di daerah anda. Setidaknya, jika anda mendaftar sebagai member asuransi kecelakaan, anda tidak mengeluarkan biaya banyak dan bisa melindungi keluarga anda dari resiko kesulitan ekonomi yang menimpa.

Beberapa pelayanan udara yang menyediakan asuransi kecelakaan terbaik yaitu:

Perusahaan Penerbangan Citilink
Merupakan anak PT dari anak usaha PT. Garuda Indonesia Tbk. Serta menggandeng Pasarpolis.com dan Simasnet untuk menyediakan asuransi bagi penumpang pesawat. Asuransi yang diberi nama ‘’ Super Shield’’ ini menyediakan kompensasi yang terkena delay minimal 2 jam. Kompensasi tersebut berupa uang tunai. Serta akan diberikan langsung kepada yang bersangkutan meskipun pemegang polis tidak melakukan klaim sebelumnya.

Perusahaan Garuda Indonesia
Dengan menggandeng Asuransi Allianz, tim Garuda Indonesia menjalin kerjasama untuk menyediakan jasa asuransi perjalanan maskapai penerbangan garuda indonesia. Yang bernama ‘’ Garuda Indonesia Travel Insurance’’. Asuransi ini memberikan perlindungan kepada penumpang baik untuk perjalanan dosmetik maupun perjalanan dengan tujuan internasional.

Selain faktor asuransi, ada juga faktor pelayanan. Dan ini mengambil dari review dari teman-teman yang sudah pernah menaiki maskapai penerbangan tersebut.

Full Service Carrier
Meliputi harga tiket terkini, budget yang harus dikeluarkan dan beberapa keunggulan masing-masing maskapai penerbangan. Fase memasuki masa ini terjadi pada masa mudik, akhir pekan dan libur panjang. Harga tiket yang ditawarkan cukup tinggi dibandingkan dengan harga biasanya. Kelebihannya anda mendapatkan paket lengkap seperti makanan, penerbangan dan hiburan yang ada di pesawat.

Regional Carrier
Merupakan jarak terdekat dan mudah dijangkau. Harga tiket yang ditawarkan bisa beragam tergantung pada maskapai penerbangan yang akan anda gunakan. Fase ini terjadi pada hari-hari kerja. Tidak semua anda akan mendapatkan pelayanan full seperti kelas exsekutive.

Low Cost Carrier
Bila anda ingin memburu harga tiket berpromo, disinilah jawabannya. Anda harus mempunyai aplikasi android khusus guna mengecek daftar harga tiket hari ini. Apakah sedang promo ataukah tidak? Dan biasanya ini cepat diberlakukan pada jam saat itu juga. Dan promo yang ditawarkan juga tidak membutuhkan hari yang banyak.

Setelah menentukan maskapai penerbangan anda harus memperhatikan asuransi kecelakaan pesawat. Manfaat dari mengikuti asuransi ini sebagai perlindungan saat anda berada dalam perjalanan utamanya di udara. Karena artikel ini berfokus kepada asuransi di bidang kecelakaan pesawat. Dan berfungsi membantu anda saat anda mengalami kondisi darurat di tempat tujuan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar