Tips Bisnis Baju Bekas untuk Pemula

Memulai bisnis di bidang fashion tidak selalu dimulai dengan budget yang tinggi. Berjualan baju bekas ternyata juga dapat menjadi bisnis yang menguntungkan. Selain modal yang relatif lebih murah, peminat baju bekas juga banyak, mulai dari kalangan mahasiswa hingga para pekerja kantoran.

Namun untuk bisa sukses berjualan baju bekas tentu memerlukan trik-trik tertentu. Mulai dari tempat membeli baju hingga cara pemasarannya, harus benar-benar dipertimbangkan. Nah, anda tertarik? Sebelum itu, sebaiknya ketahui dulu tips bisnis baju bekas yang telah kami rangkum berikut ini. 

1. Cari Baju Bekas di Pasar Loak
Anda dapat membeli baju bekas di pasar loak atau pasar-pasar baju bekas yang memang pusatnya jenis baju tersebut. Di sana harga yang ditawarkan sangat murah di bandingkan jika Anda membelinya di toko pakaian bekas atau melalui sistem reseller. Keuntungan lainnya yaitu jika Anda merasa harga yang diberikan terlalu mahal, Anda bisa sepuasnya melakukan tawar-menawar dengan penjual.

2. Pilih Baju Bermerek
Pakian bermerek yang masih layak pakai sangat diminati oleh konsumen, terutama kalangan muda. Brand-brand luar seperti Stussy, Nike, Adidas, Supreme dan sejenisnya adalah beberapa brand luar yang laku keras di pasaran. Pastikan produk yang Anda jual masih dalam kondisi bagus agar konsumen semakin tertarik untuk membeli.

Namun, Anda juga tidak harus menjual baju dengan merek-merek terkenal. Jika ada baju yang masih dalam kondisi baik dan terlihat menarik, Anda juga bisa membelinya untuk dijual kembali.

3. Periksa Kondisi Baju dengan Sangat Teliti
Selalu periksa kondisi baju yang Anda jual. Jangan periksa baju setelah di rumah, tapi pastikan periksa baju ketika masih di penjualnya. Meskipun baju yang Anda pilih bermerek, namun jika kondisinya tidak bagus, sebaiknya jangan dibeli. Pilihlah baju yang sekiranya masih dalam kondisi diatas 80%. Pastikan tidak ada lubang atau sobekan pada baju serta warna baju masih dalam kondisi baik.

4. Cuci Baju Sebelum Dipasarkan
Jangan langsung menjual baju bekas yang telah Anda beli di pasar loak. Bersihkan terlebih dahulu baju bekas dengan mencucinya. Hal ini dilakukan agar tampilan baju lebih bersih dan rapi. Anda juga bisa me-laundry baju bekas yang telah dibeli jika malas mencuci sendiri.

Jika Anda ingin tampilan baju maksimal, Anda juga dapat menyetrika baju bekas sebelum dijual. Namun, hal ini bersifat opsional atau terserah Anda. Lewatkan proses menyetrika baju jika Anda rasa proses tersebut tidak terlalu penting.

5. Strategi Pemasaran
Untuk pemasaran baju bekas dapat dilakukan secara online atau offline. Bagi pemula, sangat disarankan untuk melakukan pemasaran secara online. Dengan perkembangan sosial media yang ada, pemasaran baju bekas Anda tentu lebih mudah bukan? Buatlah akun pribadi untuk jualan di Instagram, Twitter atau Facebook serta tambahkan hashtag di setiap postingan Anda agar mudah dicari calon pembeli.

Anda juga perlu mengetahui jam-jam prima untuk memposting jualan Anda. Biasanya pada jam 12.00 hingga jam 1 siang serta jam 8 hingga 10 malam orang-orang banyak memainkan sosial medianya dan disinalah peluang Anda menjaring keuntungan.

Jika Anda menginginkan penjualan offline, tentu modal yang dibutuhkan lebih banyak. Memiliki toko sendiri akan sangat menguntungkan bagi Anda, namun jika tidak memiliki tempat untuk berjualan, Anda dapat menyewa terlebih dahulu. Pastikan pula tempat yang Anda pilih adalah tempat yang banyak dilalui orang atau lebih bagus lagi dekat dengan sekolahan atau kampus.

6. Selalu Update Barang dan Ketahui Keinginan Pembeli
Jangan biarkan toko Anda memiliki koleksi baju yang sama dalam kurun waktu yang lama. Usahakan untuk mencari koleksi-koleksi baru agar toko selalu terlihat aktif dan ramai. Belanja baju bekas di pasar loak dapat dilakukan seminggu atau dua minggu sekali agar display barang terus ter-update.

Selain itu kenali pula produk yang banyak diminati pembeli. Misalnya produk-produk sweater, hoodie maupun kemja flannel yang biasanya menjadi incaran kaum muda. Perbanyak koleksi jualan Anda pada produk yang paling laku di toko Anda.

7. Pelayanan yang Baik
Selalu berikan pelayanan yang baik pada pelanggan Anda. Gunakan kata-kata sopan dan bersahabat kepada konsumen. Selain itu, Anda juga harus siap untuk menghadapi berbagai macam konsumen dengan sifatnya masing-masing.

Itulah beberapa tips bisnis baju bekas agar cepat sukses yang dapat kami bagikan. Lakukan dengan sungguh-sungguh, tekun dan pantang menyerah agar bisnis Anda berjalan lancar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Bisnis Online Updated at: 3:09:00 PM
Tags :

Related : Tips Bisnis Baju Bekas untuk Pemula

0 komentar:

Post a Comment