Review Mengenai Program Dana Pensiun Mandiri Yang Harus Diketahui

Bagi sebagian orang, masa pensiun menjadi momok menakutkan, sebab pada masa itu kita tidak bisa menghasilkan uang sebanyak biasanya, bahkan untuk pegawai swasta, maka kita tidak akan ada pemasukan sama sekali.

Nah, untuk itu, selagi masih muda dan memiliki penghasilan optimal,  idealnya sebanyak mungkin melakukan investasi, dan memiliki asuransi pensiun yang bagus, agar saat tua nanti kita bisa punya jaminan yang cukup untuk menjalani hidup. Terlebih saat memasuki usia tua, besar kemungkinan kita akan ada banyak pengeluaran tak terduga, khususnya terkait biaya kesehatan.

Kabar baiknya saat ini telah banyak bermunculan produk asuransi pensiun yang bagus. Salah satunya program dana pensiun mandiri, yang akan kami review berikut ini.

Program Dana Pensiun Mandiri

Sekilas tentang Program Dana Pensiun Mandiri
Program Dana pensiun Mandiri atau Dana Pensiun Bank Mandiri (DPBM) merupakan suatu produk asuransi pensiun yang dikelola khusus untuk nasabah Bank Mandiri. DPBM ini didirikan oleh PT Bank Mandiri, berdasarkan surat Keputusan Direksi dengan Nomor 004/KEP.DIR/1999 pada tanggal 28 April 1999.

Visi dan Misi Program Dana Pensiun Bank Mandiri
Mengusung motto Investasi Cerdas, layanan Profesional untuk Manfaat Pensiun Maksimal, DPBM merealisasikan visi misinya dalam penjabaran sebagai berikut:

Investasi Cerdas
Bank Mandiri menempatkan dana investasi dengan pemberian return optimal tanpa mengabaikan prinsip prudent investment yang berlaku. Hal ini tentunya akan menjamin berkembangnya dana pensiun yang disetor nasabah menjadi lebih optimal.

Layanan Profesional
Sebagai pengelolaan jaminan di hari tua, Bank Mandiri memberikan pelayanan yang cepat serta akurat kepada seluruh nasabahnya. Hal ini didukung pula dengan pengelolaan data nasabah dengan perangkat modern yang memberikan informasi dengan cepat dan akurat.

Manfaat Pensiun
Manfaat pensiun menjadi tujuan akhir dari pengelolaan dana pensiun yang disetorkan nasabahnya. Hal ini tentunya akan menjamin kesejahteraan nasabahnya di hari tua.

Hal-Hal yang Perlu di Perhatikan dalam Program Dana Pensiun Mandiri
1. Usia Anda saat Membuat Rekening Dana Pensiun
Membuka rekening dana pensiun sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Hal ini menyangkut besarnya iuran yang harus Anda bayarkan selama kurun waktu tertentu. Semakin muda Anda membuka rekening dana pensiun, maka semakin kecil pula iuran dana yang harus Anda setorkan.

2. Penetapan Usia Pensiun
Anda juga perlu mempertimbangkan pada usia berapakah Anda akan pensiun. Hal ini berkaitan dengan pembayaran dana setoran dan berapa lama program dana pensiun tersebut akan berlangsung. Semakin lama jangka waktu program pensiun berlangsung, maka semakin kecil pula jumlah setoran yang harus Anda bayarkan setiap bulannya.

Kegiatan yang Dilakukan Pengelola Program Dana Pensiun Mandiri
1. Mengadministrasi dan menghimpun iuran nasabah setiap bulan ke masing-masing rekening nasabah.

2. Menginvestasikan dana yang terkumpul dari program dana pensiun ke dalam jenis-jenis investasi sesuai arahan manager investasi yang berpengalaman.

3. Melaksanakan pembayaran terkait manfaat Pensiun pada nasabah/peserta maupun kepada pihak yang berhak menerima manfaat Pensiun sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Cara Pendaftaran Program Dana Pensiun Mandiri
Semua pegawai tetap Bank Mandiri memiliki hak yang sama untuk menjadi peserta Program Dana Pensiun. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk mendaftar dalam program ini. Dan berikut beberapa dokumen penting yang perlu disiapkan, untuk pendaftaran:

1. Fotokopi SK (Surat Keterangan) Pengangkatan sebagai pegawai tetap.
2. KTP (Kartu Tanda Penduduk)
3. KK (Kartu Keluarga)

Setelah menyiapkan dokumen pendukung tersebut, Anda dapat langsung mengisi formulir yang sudah disiapkan oleh pihak Bank Mandiri. Penyetoran dana pensiun ini dilakukan dari potongan gaji/penghasilan nasabah sebesar ketentuan yang berlaku.

Demikian diatas informasi singkat terkait Program Dana Pensiun Mandiri, semoga bisa bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Bisnis Online Updated at: 9:32:00 AM
Tags :

Related : Review Mengenai Program Dana Pensiun Mandiri Yang Harus Diketahui

0 komentar:

Post a Comment