Skip to main content

Apa Program dan Manfaat BPJS Ketenagakerjaan? Nih Jawabannya

Penyelenggaraan program jaminan sosial merupakan salah satu tanggung jawab dan kewajiban suatu Negara. Sebagaimana kondisi keuangan masing-masing. Indonesia dan Negara berkembang lainnya telah mengembangkan program jaminan social. Di sini peserta yang mendanai dan masih terbatas pada masyarakat pekerja, khususnya di sektor formal. Menyadari akan mulianya tanggung jawab tersebut, BPJS ketenagakerjaan terus meningkatkan kompetensi di seluruh pelayanan dengan dibarengi pengembangan di berbagai program dan manfaat yang langsung dapat dinikmati oleh pekerja dan keluarganya. 

BPJS ketenagakerjaan sangat penting untuk Anda miliki, karena resiko sosial ekonomi bisa terjadi kepada siapa saja dan di manapun. Resiko sosial ekonomi seperti kecelakaan ataupun kematian bisa saja terjadi. Maka dari itu, perlu adanya alat pengaman. Dengan alat pengaman tersebut maka, jika terjadi resiko ekonomi social tidak akan mengganggu kesejahteraan diri Anda secara drastis. Gimana, tidak ada salahnya bukan jika bergabung dengan BPJS ketenagakerjaan? Jika masih ragu dan bingung, mending langsung saja kenalan dengan BPJS ketenagakerjaan yukz.

BPJS ketenagakerjaan merupakan sebuah program jaminan sosial dan perlindungan untuk para pekerja Indonesia maupun asing yang telah bekerja sekurang-kurangnya enam bulan. BPJS satu ini adalah hasil transformasi dari Perseroan Terbatas Jamsostek. Pasalnya, Perseroan Terbatas Jamsostek inilah yang sebelumnya mengurusi masalah proteksi dan jaminan sosial ketenagakerjaan di Indonesia. Dengan adanya transformasi tersebut, seluruh kegiatan dan program-program dari PT Jamsostek dialihkan ke BPJS ketenagakerjaan. Lalu, apa saja ya kira-kira program dari BPJS ketenagakerjaan ini? Dari pada terus penasaran, mending langsung saja kita simak yang ada di bawah ini yukz. Ada beberapa program BPJS ketenagakerjaan yang bisa Anda nikmati manfaatnya. Berikut adalah program-program tersebut:
Program dan Manfaat BPJS Ketenagakerjaan

1. Program Jaminan Hari Tua
Ada yang tahu program jaminan hari tua? Jika belum, simak berikut ini dengan baik dan seksama ya. Program jaminan hari tua ini ditujukan untuk para pekerja sebagai tabungan ketika memasuki masa pensiun. Masa pensiun? Kapan? Usia berapa? Diantaranya seperti seseorang yang terkena PHK, berhenti kerja entah karena mengudurkan diri atau habis masa jabatannya, sudah tidak bekerja lagi, dan meninggalkan wilayah Negara Indonesia untuk selamanya.

Lalu apa saja keuntungan yang bisa Anda nikmati dari program ini? Program ini memiliki beberapa manfaat. Misalnya seperti; Peserta jaminan hari tua akan menerima uang tunai, sekaligus yang besarnya sesuai dengan jumlah iuran dan ditambah hasil pengembangannya. Uang tersebut biasanya akan diberikan apabila seorang peserta telah mencapai usia 56 tahun, meninggal dunia, dan cacat total tetap.  Jika peserta meninggal dunia, maka manfaat jaminan hari tua diberikan kepada ahli warisnya. Baik suami atau istri, anak, orang tua, cucu, saudara kandung, mertua, serta pihak yang ditunjuk pada wasiat. Bukan hanya itu, program jaminan hari tua juga dapat diambil sebagian jika Anda telah mencapai 10 tahun kepesertaan dengan beberapa ketentuan. Diantaranya ketentuan itu, sebagai berikut:

  1. Dapat diambil 10 persen dari total saldo sebagai persiapan pensiun.
  2. Bisa diambil 30 persen dari total saldo untuk keperluan perumahan.

Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa pengambilan sebagian tersebut hanya dapat dilakukan sekali selama menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan. Gimana, mudah bukan? Dapat diambil sebagian lho. Pas banget, jika ada resiko tidak terduga menghampiri Anda setiap saat tentu BPJS akan menjadi solusinya. Namanya resiko kan bisa terjadi kapan saja. Siapa yang tahu. Hanya sang Khaliq.

Trus bagaimana untuk iurannya? Untuk iuran BPJS ketenagakerjaan program jaminan hari tua ini di setiap bulannya yaitu 5,7 persen dari total gaji yang Anda terima. Dengan rincian 2 persen dibayar oleh Anda. Dan 3,7 persen dibayar oleh perusahaan atau si pemberi kerja. Untuk pembayarannya ada batasan terlambat. Biasanya paling lambat pada tanggal 15 di setiap bulannya. Jika terjadi keterlambatan pembayaran, maka Anda dikenakan denda sebesar 2 persen untuk setiap bulannya. Gimana, cocok banget bukan Anda bukan? Yukz segera ikutan, nikmati manfaatnya. Jangan sampai menyesal di hari tua ya.

2. Program Jaminan Kecelakaan Kerja
Apa saja perlindungan yang diberikan oleh program jaminan kecelakaan kerja ya? Yups, betul sekali program BPJS satu ini memberikan perlindungan atas resiko kecelakaan yang terjadi saat kerja dimulai dari berangkat sampai pulang. Bukan hanya itu, program ini juga memberikan perlindungan terhadap penyakit akibat; Layanan kesehatan, santunan uang penggantian transportasi, sementara tidak mampu bekerja, cacat, kematian dan juga biaya pemakaman. Gimana, banyak sekali bukan perlindungan yang diberikan? Tidak perlu khawatir lagi, dijamin hidup Anda terjamin.

Lalu, untuk iurannya yang harus dibayar dalam program ini berapa ya? Untuk iuran per bulan BPJS ketenagakerjaan program jaminan kecelakaan kerja mulai dari 0,24 sampai 1,74 persen. Tergantung pada tingkat resiko dalam lingkungan kerjanya. 

Untuk resiko tingkat terendah, besaran iuran yang harus dibayar adalah 0,24 persen dari upah sebulan. Sedangkan untuk tingkat resiko rendah besaran yang harus dibayar adalah 0,54 persen dari upah sebulan. Dan, jika untuk resiko tingkat sedang besaran iuran yang harus dibayar adalah sebesar 0,89 persen dari upah sebulan. Serta, jika untuk resiko tingkat tinggi maka besaran iuran yang harus dibayar adalah sebesar 1,27 persen dari upah sebulan. Dan berbeda lagi jika resiko sangat tinggi. Yang mana untuk resiko tingkat sangat tinggi iuran sebesar 0,74 persen harus dibayarkan dari upah sebulan.

Dimana tingkat resiko tersebut akan dievaluasi setiap dua tahun sekali. Dan, untuk melakukan klaim program jaminan kecelakaan kerja ini hanya berlaku maksimal 2 tahun pasca terjadinya resiko. Dan untuk iurannya dibayarkan sepenuhnya oleh perusahaan atau pemberi kerja dengan beberapa variasi. Gimana, banyak pilihan bukan? Yukz langsung gabung dengan BPJS ketenagakerjaan, dan jangan lupa pilih program satu ini yang memiliki banyak variasi pembayaran iuran.

3. Program Jaminan Kematian
Jaminan apa saja ya kira-kira yang diberikan oleh program satu ini? Program BPJS satu ini memberikan jaminan bagi para pekerja yang meninggal dunia bukan karena dari kecelakaan kerja. Beberapa manfaat dari program ini yaitu; Jika peserta jaminan kematian meninggal dunia, si ahli waris akan mendapatkan uang santunan sekaligus sebesar 16 juta. Tidak hanya itu, ada juga santunan berkala sebesar 4,8 juta. Ada lagi biaya pemakaman sebesar 3 juta. Dan jika peserta BPJS meninggal dunia bukan karena kecelakaan kerja serta sekurang-kurangnya telah memiliki masa iuran 5 tahun, maka akan diberikan beasiswa pendidikan untuk anaknya sebesar 12 juta rupiah.

Perlu Anda ketahui untuk iuran per bulan BPJS ketenagakerjaan program jaminan kematian ini yaitu sebesar 0,3 persen dari semua gaji Anda penerima upah. Dan iuran sebesar 6.800 bagi Anda yang bukan penerima upah. Gimana, semaikin tertarik? Buruan ikut program jaminan kematian.

4. Program Jaminan Pensiun
Apa sih program jaminan pensiun? Sudah tahu? Apakah masih sedikit tahu? Untuk lebih jelasnya disimak baik-baik yang berikut ini. Program BPJS yang ini tergolong jaminan sosial, dengan tujuan untuk kehidupan lebih layak bagi peserta atau ahli warisnya. Melalui pemberian penghasilan setelah memasuki usia pensiun, cacat total tetap dan juga meninggal dunia.

Jika Anda memilih untuk bergabung dengan BPJS program jaminan pension, maka perlu diketahui berapa besar iuran per bulan yang harus dibayarkan. Kira-kira berapa ya, bayarnya? Mahal? Tidak, untuk program jaminan pensiun Anda harus membayar sebesar 3 persen dari total gaji setiap bulannya. Di mana yang terdiri dari 2 persen dibayar oleh perusahaan atau pemberi kerja. Dan, untuk yang 1 persen dibayar oleh Anda sebagai peserta melalui sistem potong gaji di setiap bulannya. Biasanya iuran ini dibayarkan selambat-lambatnya pada tanggal 15 setiap bulannya. Jika Anda terlambat dalam membayar, maka akan dikenakan denda sebesar 2 persen di setiap bulannya. Gimana, sudah pada tahu tentang program jaminan pensiun? Buruan gabung. Nikmati manfaatnya. Nyicil buat hari tua ya.

5. Program Bukan Penerima Upah
Apa lagi ini? Program bukan penerima upah? Apa itu? Perlu Anda ketahui program ini untuk peserta yang sebagai pekerja bukan penerima upah. Di mana Anda dapat disebut sebagai pekerja bukan penerima upah, jika melakukan usaha ekonomi secara mandiri agar memperoleh penghasilan kegiatan tersebut. Misalnya seperti; Petani, Tukang Ojek, Sopir Angkot, Pedagang Keliling, Dokter, Pengusaha, Pengacara atau Advokat, Artis dan lain sebagainya.

Perlu Anda ketahui juga, untuk nilai iuran program bukan penerima upah ini adalah sebesar 1 persen untuk jaminan kecelakaan kerja (Berdasarkan pada nominal tertentu, sesuai kemampuan penghasilan). Dan 6.800 ribu rupiah untuk jaminan kematian. Serta, 2 persen untuk jaminan hari tua. Yukz, langsung saja gabung. Tidak perlu ada yang diragukan lagi bukan.

6. Program Untuk Sektor Jasa Konstruksi
Program untuk sektor jasa konstruksi? Banyak sekali ya program-program dari BPJS ketenagakerjaan. Lalu apa program yang satu ini? Perlu Anda ketahui bahwa, para pekerja konstruksi didaftarkan untuk menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan dikarenakan telah memiliki potensi biaya yang cukup tinggi. Hal ini, berlaku untuk semua pekerja termasuk tenaga kerja harian lepas dan borongan serta yang terikat perjanjian kerja tertentu juga. Jaminan sosial untuk program sektor jasa konstuksi ini biasanya kombinasi antara keselamatan kerja dan kematian dengan jumlah iuran sebesar 0,24 persen dari total proyeknya. Gimana, sudah tahu? Buruan gabung.

Dari beberapa penjelasan di atas, tentu sudah sangat paham bukan bahwa BPJS ketenagakerjaan sangatlah penting untuk dimiliki para pekerja. Karena hal ini akan meringankan beban Anda tentunya, ketika menghadapi berbagai macam resiko terkait pekerjaan yang kerap kali terjadi di luar kendali. Demikianlah artikel dari kami yang membahas tentang beberapa program dan manfaat BPJS ketenagakerjaan. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda semuanya. Jangan lupa gabung dengan BPJS ketenagakerjaan ya. Hadapi resiko ekonomi dan sosial, agar tidak mengganggu kesejahteraan diri Anda secara drastis. Lindungi juga hidup Anda dengan BPJS ketenagakerjaan. Hidup aman, nyaman dan tenang. Sekian dari kami, dan terimakasih. Salam keamanan untuk pera tenaga kerja. Dengan menggunakan layanan BPJS Ketenagakerjaan, semua menjadi terjaga keamanannya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar