Skip to main content

Review Mengenai Asuransi Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP) Jiwasraya

Memiliki asuransi pensiun sejak masih muda, berarti anda merencanakan kehidupan yang baik saat masa tua. Betapa tidak, dengan menjadi nasabah asuransi pensiun, maka kelak, dimasa tua anda akan lebih terjamin. Tidak perlu lagi bingung memikirikan keuangan untuk biaya hidup sehari-hari. Dan bicara mengenai asuransi pensiun, salah satu produk asuransi yang saat ini hangat dibicarakan adalah Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP) dari Jiwasraya.


Sekilas tentang Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP)
PPIP (Program Pensiun Iuran Pasti) adalah salah satu program investasi dengan besar iuran yang telah ditentukan terlebih dahulu. Nantinya, seluruh iuran maupun hasil pengembangannya akan dibukukan dalam rekening para nasabah.

Pelayanan Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP)
Nantinya, Jiwasraya melalui produk asuransi pensiun PPIP ini rutin memberikan laporan tentang posisi dana kepada para nasabahnya, tiap tiga bulan serta akhir tahun. Jadi, para nasabah bisa memantau hasil investasi yang diperoleh.

Demi menjamin keamanan serta kerahasiaan data dan dana nasabahnya, Jiwasraya menerbitkan suatu PIN (Personal Identity Number) pada setiap nasabahnya. Sehingga hanya pemilik rekening yang dapat mengakses rekeningnya masing-masing. Selain itu, Jiwasraya juga mengembangkan sistem khusus untuk melindungi informasi/data, dari pihak ketiga yang berniat melihat data pribadi nasabah.

Syarat dan Ketentuan Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP)
Nah, berikut adalah syarat serta dan ketentuan yang harus diketahui nasabah, jika ingin menjadi nasabah  Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP):

1. Usia masuk PPIP yakni 18 – 60 tahun.
2. Mata uang yang digunakan adalah rupiah (mata uang Indonesia).
3. Masa pertanggungan yakni usia 45 – 70 tahun.
4. Pembayaran dapat dilakukan dengan cara: Tahunan, Semesteran (6 bulan sekali), Kuartalan, Bulanan, maupun Sekaligus pelunasan.

Manfaat Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP)
Dengan mengikuti Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP), Anda akan memperoleh manfaat seperti menghasilkan rate of return dengan jumlah yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan hasil investasi yang Anda terima bebas pajak.

Keuntungan dan Kerugian Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP)
Program iuran pasti (defined contribution) merupakan manfaat pensiun yang akan didapatkan berdasarkan jumlah akumulasi iuran ditambah dengan hasil investasi. Dana yang Anda setorkan akan dikelola dalam produk investasi seperti pasar uang, pasar modal, ataupun asset real. Dana pensiun ini ditetapkan oleh pendiri program bersama dengan dewan pengawas. Program ini ditetapkan di dalam Peraturan Dana Pensiun dimana seluruh iuran dan hasil pengembangan akan dibukukan dalam rekening masing-masing.

1. Kelebihan Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP)
Kelebihan dari Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP) yakni memiliki prospek investasi jangka panjang yang bisa memberikan hasil yang cukup baik. Selain itu, apabila peserta pensiunan meninggal dunia, maka manfaat pensiun akan diserahkan kepada janda/duda yang sah sebesar 100% dari jumlah yang menjadi hak peserta program asuransi pensiun ini. Menariknya lagi, jika Anda menjadi peserta PPIP selama minimal 3 tahun dan belum mencapai usia pensiun, maka Anda berhak memperoleh jumlah iuran yang telah Anda setorkan serta iuran pemberi kerja beserta dengan hasil pengembangannya.

2. Kerugian Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP)
Apabila Anda mengikuti program ini, kemungkinan terburuk yang akan terjadi pada nasabah ialah manfaat pensiun tidak terjamin. Jadi, saat hasil investasinya bagus, dana yang akan diterima nasabah besar. Namun sebaliknya, apabila hasil investasinya kurang bagus, maka dana yang diperoleh juga kurang maksimal. Apapun yang terjadi nasabah/peserta harus bersedia menanggung semua risiko yang ada.

Nah, itulah dia sedikit review mengenai program pensiun iuran pasti (PPIP) yang bisa kami sampaikan. Semoga bisa bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar