Rahasia menjadi Youtuber Sukses yang Menghasilkan Banyak Uang

Seiring dengan kemajuan teknologi, bidang karier pun semakin beragam. Bahkan saat ini Anda dapat mengumpulkan banyak penghasilan hanya melalui Youtube. Pastinya sudah tak asing kan mengenai hal ini? Namun begitu, ditengah persaingan dunia per-youtube-an saat ini yang semakin ketat, untuk bisa menjadi youtuber sukses pastinya tak mudah.

Tips Sukses Menjadi Youtuber Terkenal

Nah, agar sukses menjadi youtuber bukan hanya impian, sebaiknya Anda menerapkan deretan tips yang kami bagi berikut ini.

1. Tentukan Siapa Audience Anda
Tips sukses menjadi Youtuber yang pertama adalah dengan menentukan siapa audience Anda. Walaupun Anda sudah membuat video yang bagus, namun akan sia-sia jika tak ada yang menontonnya. Untuk itu, pastikan Anda mengetahui sasaran penonton channel Youtube Anda.

Ada dua alasan kenapa orang menonton Youtube, yaitu karena Entertainment (mencari inspirasi, kesenangan dan hiburan) serta Edukasi (mencari fakta, pengetahuan untuk dipelajari). Nah, dari kedua kelompok audience ini, silahkan pilih sasaran penonton channel youtube Anda.

Sebenarnya Anda bisa menampilkan video dengan konten educate dan entertain secara bersamaan. Namun, sebaiknya Anda fokus pada salah satu audience terlebih dahulu. Toh, Anda dapat membawa nilai edukasi dalam konten yang menghibur, begitu pula sebaliknya.

2. Membangun Subscriber Channel Youtube
Sistem Youtube merupakan campuran antara sosial media dengan mesin pencari. Sehingga tips sukses menjadi Youtuber yang harus Anda lakukan pertama kali adalah membangun subscriber channel Youtube Anda.

Cara tercepat mendapatkan subscriber adalah dengan membuat video yang berkualitas. Saat ini jamannya engagement, sehingga konten video yang berkualitas serta menariklah yang akan menang dalam sistem pencarian Youtube.

Selain itu, apabila Anda sudah mengetahui siapa audience Anda, selanjutnya buatlah sesuatu yang dibutuhkan dan dicari oleh mereka. Pada detik-detik awal video, khususnya detik ke-5 hingga 15 detik pertama, pastikan audience telah mengerti konten apa yang sedang mereka tonton.

Kemudian tips sukses menjadi Youtuber dalam membangun subscriber berikutnya adalah dengan mengoptimalkan gambar thumbnail serta judul video. Hal ini sering diabaikan oleh para youtuber baru. Padahal sebelum menonton video youtube, para audience akan memperhatikan terlebih dahulu gambar serta judul videonya.

Untuk itu, buatlah gambar serta judul video Youtube yang semenarik mungkin untuk memikat audience. Namun, jangan sampai Anda membuat judul dan gambar thumbnail yang tidak relevan dengan isi video, karena hal ini akan merusak reputasi channel Youtube Anda.

3. Gunakan Teknik White-Hat
Menggunakan teknik white–hat merupakan salah satu tips sukses menjadi Youtuber. White hat adalah membiarkan audience datang menonton video Anda secara natural. Umumnya, youtuber yang sukses memerlukan satu tahun untuk mendapatkan penonton sedikit demi sedikit.

Anda juga dapat mendistribusikan konten video Anda pada lingkaran sosial Anda, baik secara langsung atau melalui sosial media seperti Twitter, Instagram atau Facebook. Namun, hindari melakukan spam pada forum atau sosial media karena dapat membuat akun Anda di-banned oleh Youtube. 

Selain itu, Anda juga dapat berkolaborasi dengan youtuber lain. Hal ini akan menjadi sebuah hubungan mutualisme pada sebuah konten video. Tujuan dari kolaborasi ini adalah untuk memperkaya konten serta mendatangkan subcribers baru.

4. Mengoptimalkan Deskripsi serta Tampilan Channel Youtube
Mengoptimalkan deskripsi serta tampilan channel youtube Anda, juga menjadi salah satu tips sukses yang penting dilakukan. Caranya sangat mudah seperti berikut ini:

Deskripsikan konten apa yang Anda buat pada bagian “About”
Hubungkan channel Youtube Anda dengan website atau sosial media milik Anda
Pada bagian Home/feature Channel, pasanglah gambar yang menarik
Kategorikan video-video Anda dalam playlist agar mempermudah audience dalam menonton
Optimasi deskripsi, judul serta tag pada setiap video Anda. Hindari spam keyword berlebihan atau keyword stuffing

5. Terima Feedback
Tips sukses menjadi Youtuber yang terakhir adalah menerima feedback. Mungkin Anda akan mendapatkan berbagai macam komentar pada channel Youtube Anda, entah itu trolling (siabaikan saja), komentar negati dan komentar positif yang membangun. Komentar-komentar ini sebaiknya Anda terima untuk memperbaiki konten video selanjutnya.

Bukannya lebih baik ada orang yang mengkritik dan mengkoreksi video Anda, dibanding tidak ada sama sekali, karena tandanya mereka memperhatikan karya video Anda. Tidak ada salahnya juga, jika Anda meminta saran atau berinteraksi dengan subcriber agar mereka semakin tertarik dengan konten video Youtube Anda. 

Demikianlah beberapa tips agar sukses menjadi Youtuber terkenal dan berpenghasilan besar. Nah, selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Bisnis Online Updated at: 4:12:00 PM
Tags :

Related : Rahasia menjadi Youtuber Sukses yang Menghasilkan Banyak Uang

0 komentar:

Post a Comment