10 Kunci Sukses Menjadi Makelar Jual Beli Rumah

Tahukah Anda keuntungan menjadi makelar jual beli rumah? Meski banyak yang hanya menjadikan profesi ini sebagai sampingan, namun faktanya dari kegiatan ini bisa menghasilkan banyak uang. Apalagi saat sukses menjual rumah yang harganya milyaran. Tentu saja gaji sebulan pegawai negeri tak ada apa-apanya.

Namun, untuk bisa sukses menjadi makelar jual beli rumah tentu tidak gampang. Diperlukan strategi dan kesabaran tinggi dalam menjalaninya. Nah, untuk lebih jelasnya beberapa tips yang telah kami rangkum berikut ini, bisa Anda coba.

Beberapa Kunci Sukses Menjadi Makelar Jual Beli Rumah


1. Bersabar dan Tekun
Bersabar dan tekun merupakan kunci sukses untuk menjadi makelar jual beli rumah. Hal ini dikarenakan menjual rumah atau properti membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 bulan sejak dipasarkan.

2. Mulai Dari kota Kecil
Umumnya, agen properti yang memiliki nama besar, beroperasi hanya pada kota-kota besar saja. Sedangkan di kota kecil dan menengah, masih belum memiliki agen properti atau makelar jual beli rumah. Oleh karena itu, peluang untuk memenangkan persaingan akan semakin besar apabila Anda memulai menjadi makelar jual beli rumah di kota kecil dan menengah.

3. Buatlah Listing Properti
Cara untuk dapat sukses menjadi makelar jual beli rumah adalah dengan membuat listing properti yang meliputi daftar properti yang disewakan, dibeli dan dijual. Anda dapat membuat daftar ini dengan bersumber dari internet, koran atau informasi langsung dari pemilik.

Setelah itu, Anda dapat menghubungi kontak yang ada, kemudian tawarkan untuk menjualkan properti tersebut. Apabila pemilik properti setuju, maka galilah informasi secara detail tentang properti tersebut, lalu jadikan database.

4. Jangan Mudah Menyerah
Untuk menjadi makelar jual beli rumah, Anda harus memiliki tekad kuat, tangguh dan tidak mudah menyerah, baik dalam melayani pelanggan serta penjual, mendapatkan properti, bernegosiasi, melayani tenant, transaksi jual beli serta memahami legalitas dokumen kepemilikan.

5. Harus Kreatif
Untuk mendapatkan konsumen, sebagai makelar jual beli rumah, Anda dituntut kreatif dalam mengeluarkan dana iklan. Dana tersebut digunakan untuk membuat spanduk dengan ukuran besar dan menarik perhatian dengan warna yang menyolok. Kemudian, spanduk tersebut dipasang di sekitar lokasi properti sehingga mudah dilihat orang.

6. Promosi Melalui Iklan
Melakukan promosi melalui iklan juga merupakan salah satu cara sukses menjadi makelar jual beli rumah. Anda bisa memanfaatkan iklan gratisan pada sosial media seperti Twitter, Kaskus, Facebook, Forum Jual Beli dan Google+, ataupun di majalah atau koran tertentu.

Carilah majalah atau koran yang sesuai dengan target properti yang Anda pasarkan. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Google Adwords apabila menggunakan iklan berbayar di internet karena memiliki jangkauan yang luas. Walaupun iklan ini membutuhkan biaya, namun juga memberikan hasil yang maksimal.

7. Buat Akun Sosial Media
Membuat akun sosial media juga dapat menjadikan Anda makelar jual beli rumah yang sukses. Buatlah akun dengan menggunakan nama asli serta tunjukkan foto Anda.

Setelah itu, aktiflah untuk memberi saran dan komentar pada group properti. Kemungkinan properti Anda terjual akan semakin besar jika Anda banyak mengikuti toko online. Untuk itu, silahkan cari toko onlline yang mempunyai pengunjung cukup banyak setiap harinya.

8. Ketahui Karakter Calon Pembeli
Untuk menjadi makelar jual beli rumah yang sukses, sebaiknya Anda menempatkan diri sebagai konsultan. Untuk itu, Anda harus tahu tentang selera, kebutuhan dan karakter calon pembeli. Misalnya apabila calon pembeli Anda mempunyai anak usia sekolah, maka tawarkan rumah yang berada di dekat sekolah anaknya.

9. Jelaskan Biaya Dalam Proses Pemasaran
Ketika melakukan negosiasi dengan pemilik rumah, maka Anda patut untuk menjelaskan biaya dalam proses pemasaran, misalnya seperti komisi, biaya notaris dan juga biaya iklan. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kesalahpahaman di antara pemilik properti dengan Anda yang bertugas sebagai makelar jual beli rumah.

10. Kelengkapan Surat
Sebagai makelar jual beli rumah, Anda wajib untuk memastikan jika pemilik rumah atau properti mempunyai legalitas kepemilikan properti atau kelengkapan surat, seperti IMB, PBB serta sertifikat. Selain itu, sebelum melakukan jual beli, pastikan properti tidak menunggak PBB dan bebas sengketa. Hal ini untuk memperlancar proses transaksi sehingga Anda tidak mengalami hambatan atau batal transaksi.

Sudah tak bisa dipungkiri jika menjadi makelar jual beli rumah, bisa mendatangkan untung besar. Nah untuk itu, sebaiknya terapkan tips yang kami bagikan diatas, agar bisa sukses didalamnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Bisnis Online Updated at: 2:56:00 PM
Tags :

Related : 10 Kunci Sukses Menjadi Makelar Jual Beli Rumah

0 komentar:

Post a Comment