Ide Bisnis Pedesaan yang Punya Prospek Cerah di Masa Depan

Bagi anda yang tinggal di pedesaan, seringkali berpikir bahwa merantau ke kota adalah satu-satunya jalan untuk mendapatkan uang dan memperbaiki kondisi perekonomian. Namun nyatanya, anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Karena faktanya di desa pun kita juga bisa menjalankan bisnis yang berpotensi memperbaiki kondisi perekonomian kita. Nah, jika anda masih bingung, berikut ini beberapa ide bisnis di pedesaan yang bisa anda coba.Beragam ide bisnis di pedesaan yang  menguntungkan


Pengepul hasil panen
Menjadi pengepul hasil panen para petani di desa mungkin bisa menjadi salah satu ide bisnis yang dapat anda geluti. Hal ini tentu akan menjadi bisnis yang saling menguntungkan karena sama-sama saling membutuhkan. Bagi petani, menjual hasil panen dalam jumlah yang cukup besar dalam satu waktu tidaklah mudah. Oleh karena itu, jasa pengepul hasil panen ini sangat dibutuhkan.

Dan bagi para pengepul tentu ini sangat menguntungkan.  Dengan melakukan transaksi langsung dengan para petani, pengepul akan mendapatkan harga yang sangat murah dibanding harga dipasaran. Tinggal siapkan saja modal yang cukup untuk membeli hasil panen dari petani. Kemudia jual pada para penjual dipasar-pasar dengan selisih harga tertentu.

Stasiun pengisian bahan bakar mini
Pemerataan pembangunan jalan desa rupanya menjadi salah satu alasan agar alat transportasi dapat menjangkau desa-desa terpencil. Meskipun hal ini sangat menguntungkan, namun banyak orang yang lupa bahwa untuk mengoperasikan alat transportasi membutuhkan bahan bakar. Sedangkan SPBU biasanya hanya tersedia di jalan-jalan utama. Peluang inilah yang bisa anda manfaatkan untuk membuka usaha pertamini atau stasiun pengisian bahan bakar mini.

Anda tak perlu khawatir, karena usaha anda ini sangat minim resiko kerugian. Sebab bahan bakar tak ada masa kadaluarsanya. Dan pastinya  semua orang yang memiliki kendaraan selalu membutuhkannya.

Service barang elektronik
Sebagian masyarakat pedesaan masih beranggapan bahwa barang elektronik merupakan barang yang sangat berharga. Oleh karenanya, mereka akan sangat berhati-hati ketika menggunakannya. Namun, pada batas tertentu barang elektronik pasti akan rusak. Karena anggapan mengenai mewahnya barang elektronik ini membuat banyak masyarakat desa memilih jalan memperbaikinya dibanding harus membeli baru.

Nah, peluang inilah yang dapat anda manfaatkan untuk mendapat penghasilan.  Berbekal keahlian memperbaiki barang elektronik, anda bisa membuka jasa reparasi barang elektronik di desa anda. Jika service yang anda berikan memuaskan, tentu pelanggan anda akan semakin banyak dan keuntungan anda semakin meningkat.

Budidaya ternak sapi atau kambing
Aktivitas beternak mungkin tidaklah asing bagi anda yang tinggal di pedesaan. Untuk mereka yang punya modal, aktivitas ini banyak diminati karena hasilnya yang cukup menjanjikan. Apalagi jika lebaran kurban tiba, keuntungan para peternak akan meningkat cukup tajam seiring dengan kebutuhan hewan kurban yang meningkat dipasaran.

Untuk memulainya ternak hewan-hewan kurban seperti sapi dan kambing ini juga cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan lahan sebagai tempat tinggal ternak atau kandang, kemudian makanan ternak berupa rerumputan yang bisa anda dapatkan disekitar anda. Dan yang terpenting tetap menjaga kebersihan kandang agar hewan ternak anda terhindar dari penyakit.

Bisnis makanan khas daerah
Jika anda termasuk orang yang hobi memasak, anda bisa menyalurkan bakat anda dengan mengolah hasil pertanian maupun perkebunan di desa anda menjadi makanan khas daerah yang banyak diminati.

Dengan kemampuan menciptakan rasa yang lezat, tentu makanan khas daerah yang anda ciptakan ini akan diminati oleh banyak kalangan. Apalagi jika anda dapat mengoperasikan social media sebagai sarana pemasaran, tentu makanan khas yang anda ciptakan ini akan langsung dikenal masyarakat luas.

Bisnis bimbingan belajar atau kursus
Tidak hanya dikota, di desa pun pendidikan juga termasuk hal-hal yang perlu diperhatikan orang tua. Namun seringkali kali karena kesibukan dan keterbatasan pengetahuan membuat orang tua kurang bisa mengimbangi sistem pendidikan putra putrinya. Oleh karenanya para orang tua lebih memilih untuk mempercayakan pendidikan putra putrinya oleh lembaga pendidikan.

Dan ini merupakan peluang yang dapat anda manfaatkan untuk menambah pundi-pundi rupiah. Anda bisa membuka lembaga bimbingan belajar di desa anda. Jika anda merasa tidak mampu memberikan materi, anda dapat merekrut orang-orang yang berkompetensi di bidangnya.

Itulah beberapa ide bisnis di pedesaan yang cukup menguntungkan bila ditekuni. Semua bisnis tentunya harus anda sesuaikan dengan kemampuan dan minat anda. Dan yang terpenting, jangan pernah selalu tekun dan jangan menyerah.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Bisnis Online Updated at: 6:09:00 PM
Tags :

Related : Ide Bisnis Pedesaan yang Punya Prospek Cerah di Masa Depan

0 komentar:

Post a Comment