Bingung Pilih Asuransi Pendidikan atau Tabungan Pendidikan?

Sebagai orangtua, salah satu kebutuhan anak yang harus di penuhi adalah terkait pendidikannya.  Dan sebagaimana yang kita tahu, saat ini biaya pendidikan dari tahun ke tahun makin mahal. Meskipun di beberapa daerah ada program sekolah gratis dari pemerintah, namun kenyataanya hal tersebut belum merata di semua daerah.

Bicara mengenai persiapan dana pendidikan anak, ada 2 pilihan yang bisa dipilih yakni asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan. Nah, kira-kira manakah yang paling bagus diantara keduanya?
Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan, Mana yang Lebih Baik? Agar anda tak bingung menentukan mana yang akan dipilih, asuransi pendidikan atau tabungan pendidikan, maka berikut adalah penjelasannya.

Bingung Pilih Asuransi Pendidikan atau Tabungan Pendidikan?

1. Asuransi Pendidikan
Pilihan pertama yang bisa anda pertimbangkan untuk menyiapkan jaminan dana pendidikan anak-anak anda di masa depan adalah dengan asuransi pendidikan. Di Indonesia sendiri sudah banyak perusahaan asuransi pendidikan yang menawarkan jasanya kepada para calon nasabah yang membutuhkan. Seperti Manulife, prudential dan lain sebagainya.

Asuransi pendidikan sendiri merupakan suatu kontrak atau perjanjian antara perusahaan asuransi dan anda sebagai nasabah atau orangtua. Nantinya di dalam perjanjian tersebut anda menyetujui untuk membayar premi asuransi yang telah ditentukan dan disepakati secara berkala sesuai kebijakan perusahaan asuransi tersebut.

Nantinya ketika ada hal yak tak diinginkan seperti kecelakaan yang menyebabkan sang anak meninggal dan anak belum sempat menikmati manfaat dari dana asuransinya, maka pihak asuransi akan menjamin untuk tetap memberikan dana tersebut kepada anda. Pastinya dengan memilih asuransi pendidikan untuk mempersiapkan masa depan pendidikan anak, maka anda sekaligus mempersiapkan jaminan keselamatan jiwa di masa yang akan datang.

Berikut adalah estimasi dari asuransi pendidikan yang harus anda ketahui:

  • Dikelola langsung oleh perusahaan asuransi. Jika ada di Bank, maka pihak Bank hanya sebagai agen penjualnya saja.
  • Bunga dari hasil investasi berbentuk unitlink tidak dijamin dan sesuai dengan kinerja investasi nasabah
  • Untuk biaya asuransi langsung ditanggung oleh nasabah sendiri (anda)
  • Investasi bulanan berbentuk premi yang harus dibayarkan tiap bulan
  • Dikenakan biaya akuisi yang cukup besar biasanya selama 3-5 tahun
  • Dikenakan denda ketika anda menghentikan kontrak atau perjanjian yang telah disepakati
  • Jangka waktunya panjang yaitu 5-10 tahun dan menengah-panjang
  • Asuransi pendidikan tidak dikenakan biaya pajak alias gratis
  • Bunga yang ditawarkan sesuai dengan hasil investasi yang ada.

2. Tabungan Pendidikan
Tabungan pendidikan merupakan kontrak atau perjanjian antara pihak bank dan juga anda sebagai nasabah. Nantinya anda harus menyetujui ketika pihak bank akan secara otomatis mendebet dana yang ada pada rekening anda untuk disetor ke rekening tabungan pendidikan anakNantinya dana yang sudah terkumpul bisa anda gunakan ketika anak sudah mulai masuk ke dunia sekolah.
Untuk setoran dana pendidikan tiap bulannya pihak bank tidak menetukan jumlah tertentu tetapi pihak bank akan memberikan saran kepada para nasabahnya untuk mengantisipasi kekurangan target dari dana pendidikan. Hal ini nantinya akan semakin memudahkan dan menguntungkan anda untuk menabung dana masa depan pendidikan untuk anak anda.

Agar anda tidak semakin bingung, maka beginilah estimasi dari tabungan pendidikan

  • Tabungan pendidikan dikeluarkan langsung oleh Bank yang anda pilih
  • Bunga dari hasil investasi sesuai dengan kontrak perjanjian di awal, sekaligus anda akan mendapatkan jaminan yang berasal dari LPS dalam tingkatan bunga tertentu
  • Semua biaya asuransi ditanggung oleh Bank yang bersangkutan
  • Biaya administrasi dikenakan kepada nasabah tiap bulannya sesuai dengan kebijakan bank, sekaligus ada biaya denda jika anda ingin mencairkan dana ketika kontrak belum selesai
  • Dana akan disetorkan tiap bulan dengan cara Bank akan mendebet secara otomatis dana dari rekening anda ke rekening tabungan pendidikan anak
  • Tabungan pendidikan dikenakan pajak sebesar 20%
  • Jangka waktunya 1-5 tahun atau pendek – menengah.

Dari penjelasan diatas bisa di simpulkan antara asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan, sebenarnya sama-sama bagusnya. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan. Jadi terserah anda, mana sekiranya yang paling di sukai.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Bisnis Online Updated at: 9:53:00 PM
Tags :

Related : Bingung Pilih Asuransi Pendidikan atau Tabungan Pendidikan?

0 komentar:

Post a Comment