Inilah Perbedaan Asuransi Murni dan Asuransi Unit Link yang Sebaiknya Anda Tahu

Tak bisa dipungkiri, bahwa keberadaan asuransi kesehatan memang sangatlah penting bagi setiap orang. Ketika mempunyai asuransi, maka keselamatan akan lebih terjamin, karena pihak asuransi akan mengcover biaya pengobatan yang harus di tanggung, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Bicara mengenai asuransi kesehatan, ada 2 jenis asuransi yang bisa anda pilih, yaitu asuransi murni dan juga unit link. Lalu apa bedanya kedua jenis asuransi tersebut? Nah, untuk anda yang belum tahu, yuk langsung saja simak informasi lengkapnya tentang perbedaan asuransi murni dan asuransi unit link berikut ini.


Apa Saja Perbedaan Asuransi Murni dan Asuransi Unit Link?
Banyak sekali masyarakat yang masih bingung antara perbedaan asuransi murni dan asuransi unit link yang sebenarnya. Nah, untuk lebih jelasnya berikut kami bagikan ulasan lengkapnya.

1. Asuransi Murni
Untuk asuransi murni ini, asuransi yang diberikan memang murni tanpa ada tambahan lain, jadi asuransi ini hanya dikhususkan untuk kebutuhan kesehatan saja. Dengan memilih jenis asuransi murni yang satu ini anda akan merasakan manfaat perlindungan kesehatan secara maksimal dan pastinya dengan biaya premi yang terbilang lebih murah.

Ketika anda tidak pernah melakukan klaim asuransi sama sekali, maka uang yang selama ini anda bayarkan untuk premi kemungkinan besar tidak bisa dicairkan. Namun ada juga beberapa perusahaan asuransi yang memiliki kebijakan bahwa penarikan uang premi tidak bisa dicairkan seutuhnya karena ada potongan otomatis dari bank. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh asuransi murni.

Kelebihan Asuransi Murni
Untuk kelebihan dari asuransi murni adalah biaya premi yang terbilang murah dan juga tidak terikat pada janga waktu yang lama, karena jangka waktunya minimal hanya 1 tahun saja. 

Kekurangan Asuransi Murni
Sedangkan untuk kekurangan dari asuransi murni adalah ketika anda tidak pernah melakukan klaim asuransi, maka uang yang selama ini anda bayarkan tidak bisa diambil kembali. Selain itu jumlah uang premi asuransi juga tidak akan bertambah.

2. Asuransi Unit Link
Asuransi unit link merupakan salah satu jenis asuransi kesehatan yang memiliki banyak peminat. Karena di dalam asuransi unit link, nasabah tidak hanya mendapatkan jaminan perlindungan kesehatan, tetapi masyarakat juga bisa berinvestasi dengan uang premi yang selama ini dibayarkan. Jadi, uang yang dibayarkan pada masa kini, nantinya menjadi tabungan dan suatu saat bisa dicairkan. Namun sayangnya dana yang akan dicairkan harus mencapai jangka waktu yang telah ditentukan. Dan jika dalam masa itu anda mengalami suatu musibah, maka dana akan otomatis diklaim sejumlah yang sudah ditentukan.

Ketika anda membeli atau memilih jenis asuransi unit link ini, maka nantinya anda sebagai nasah akan ditawari 4 jenis investasi yang harus anda pilih salah satunya. $ jenis investasi tersebut adalah investasi pasar uang, Investasi pasar saham, investasi pendapatan campuran, dan juga investasi pendapatan tetap. Untuk memilih jenis investasi nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan anda sebagai nasabah.

Mengingat asuransi unit link adalah asuransi kesehatan dan juga investasi, maka tiap  bulannya anda akan membayar premi lebih mahal dibandingan asuransi murni. Namun anda tak perlu khawatir, karena dana dari investasi yang sudah anda miliki dapat dicairkan sewaktu-waktu sesuai yang diinginkan. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari jenis asuransi unit link.

Kelebihan Asuransi Unit Link
Kelebihan dari asuransi unti link yang jelas adalah sewaktu-waktu anda membutuhkan uang, maka dana investasi bisa dicairkan sesuai dengan keinginan anda sebagai nasbah. Semakin anda tidak pernah melakukan klaim asuransi, maka semakin tinggi pula keuntungan investasi anda.

Kelemahan Asuransi Unit Link
Untuk kelemahannya, terdapat pada pembayaran preminya tia bulan, di mana biayanya lebih mahal dibandingkan dengan asuransi murni. Hal ini memungkinkan nasabah akan mengalami kegagalan adalam berinvestasi karena tingginya biaya, akibatnya uang akan berkurang bahkan hilang. Selain itu anda juga akan membutuhkan waktu yang lama untuk mencairkan keuntungan yang didapatkan.
Nah, itulaqh diatas perbedaan asuransi murni dan asuransi unit link yang harus anda ketahui. Sekarang sudah ada gambaran kan, terkait perbedaan dari kedua asuransi tersebut. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Bisnis Online Updated at: 10:17:00 PM
Tags :

Related : Inilah Perbedaan Asuransi Murni dan Asuransi Unit Link yang Sebaiknya Anda Tahu

0 komentar:

Post a Comment