Ide Bisnis Untuk Pensiunan yang Layak Ditekuni dan Menguntungkan

Usia yang tak muda lagi, banyak membuat orang berpikir untuk menentukan bagaimana cara mereka menikmati masa-masa setelah pensiun. Selain pendapatan yang tak sebanyak waktu masih produktif bekerja, aktivitas yang sama setiap harinya tentu akan terasa sangat membosankan.

Nah, ada berbagai cara untuk mengurangi kejenuhan saat memasuki masa pensiun, salah satunya dengan membuka bisnis atau usaha. Tentunya, bisnis yang akan dijalankan harus disesuaikan dengan kemampuan, mengingat fisik atau tenaga yang tak lagi muda lagi. Lantas, kira-kira  apa sajakah ide bisnis untuk pensiunan yang layak ditekuni dan berpotensi menguntungkan?  Nah, berikut beberapa ide yang bisa dicoba:

Ide Bisnis Untuk Pensiunan

Membuka toko kelontong
Toko kelontong adalah toko yang menjual berbagai barang-barang kebutuhan pokok dan juga kebutuhan sehari-hari. Toko ini tentu sangat membantu para masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan sehari-harinya. Walaupun saat ini keberadaan supermarket atau minimarket sudah menjamur, namun nyatanya toko kelontong masih bisa eksis hingga sekarang.

Untuk memulai usaha toko kelontong ini, tak harus dibutuhkan modal yang besar. Anda bisa memulainya sesuai kemampuan modal anda. Yang penting utamakan barang-barang yang banyak dicari masyarakat, misalnya kebutuhan makan, kebutuhan mandi, rokok, aneka camilan dan lainnya. Seiring berjalannya waktu, jika toko anda sudah banyak dikenal, maka tak ada salahnya jika berniat membesarkan toko anda.

Kost-kostan
Selanjutnya, ide bisnis yang cocok digeluti para pensiunan adalah mendirikan kost-kostan. Terlebih untuk anda yang punya tanah atau bangunan di dekat kampus, sekolah atau kawasan industri. Tentunya tak sulit mencari pelanggan. Namun, perlu diketahui, untuk memulai bisnis ini anda harus siap dengan modal yang cukup besar. Hal ini karena anda harus membangun bangunan yang luamayan besar, yang terdiri dari banyak kamar.

Jika harga yang anda tawarkan cukup bersaing, dan fasilitas yang tersedia cukup memadai, maka tak butuh waktu lama untuk bisa balik modal. Dan yang pasti menjalankan bisnis kost-kostan tak ada ruginya, sebab harga tanah atau rumah tiap tahunnya akan selalu naik.

Bisnis waralaba
Bisnis waralaba merupakan salah satu jenis bisnis yang sangat diminati saat ini. Bisnis ini sangat cocok bagi anda yang ingin mengisi masa-masa purna tugas anda dengan berbisnis. Hal ini dikarenakan bisnis yang anda jalankan ini tidak mewajibkan anda untuk datang langsung ke lokasi karena biasanya bisnis waralaba ini dijalankan oleh pegawai. Sehingga anda hanya perlu mengontrol dan memantau perkembangan bisnis anda.

Membuka bimbingan belajar
Membuka bimbingan belajar bisa menjadi salah satu pilihan bagi anda yang ingin mengisi kesibukan setelah anda pensiun. Apalagi jika anda seorang guru, tentu hal ini akan membantu mengobati kerinduan anda untuk berbagi ilmu. Selain dapat menularkan ilmu yang anda miliki, membuka bimbingan belajar juga dapat membantu perekonomian anda setelah pensiun.

Untuk mewujudkannya, anda tidak membutuhkan modal besar. Anda hanya perlu memiliki tempat untuk mengajar, papan tulis, spidol, penghapus dan alat tulis lainnya. Jika anda merasa tidak mampu mengajar karena jumlah peminat yang terlalu banyak, anda juga bisa memperkerjakan orang lain dengan system gaji maupun bagi hasil.

Bisnis Kuliner
Bagi anda yang memiliki hobi memasak, tentu bisnis yang satu ini patut anda coba. Bisnis kuliner ini bisa menjadi solusi mengisi masa-masa purna tugas anda. Berbekal keahlian memasak anda, anda bisa mencoba atau mengolah berbagai bahan makanan menjadi masakan yang tentunya memiliki cita rasa “yang menjual” dan cocok di lidah banyak orang.

Conter pulsa
Berbekal ponsel yang anda miliki, anda bisa menjual pulsa ke semua orang tanpa batas. Ditambah lagi keunggulan pulsa yang tidak memiliki tanggal kadaluarsa membuat bisnis ini memiliki resiko yang sangat kecil untuk rugi.

Nah, itulah diatas beberapa ide bisnis untuk pensiunan yang bisa anda coba. Tentunya pilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat anda. Dan pastikan pekerjaan tersebut tak terlalu menguras energi fisik maupun pikiran, mengingat usia anda yang tak muda lagi sekarang. Nah, selamat berbisnis dan semoga sukses.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Bisnis Online Updated at: 8:05:00 PM
Tags :

Related : Ide Bisnis Untuk Pensiunan yang Layak Ditekuni dan Menguntungkan

0 komentar:

Post a Comment