Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik dan Sesuai Kebutuhan

Memiliki asuransi sangatlah penting, tak terkecuali asuransi mobil. Asuransi mobil ini digunakan sebagai langkah antisipasi ketika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Selain itu, asuransi mobil digunakan untuk melindungi mobil sebagai aset dengan nilai yang terbilang cukup tinggi. Penggunaan asuransi mobil sudah bukan menjadi hal baru lagi sekarang ini. Pasalnya, sudah sejak dulu layanan asuransi mobil digunakan. Hanya saja, pastikan anda memilih asuransi mobil terbaik.

Apabila anda salah dalam memilih asuransi mobil, anda sendirilah yang akan merasakan kerugiannya. Maka dari itu, anda harus teliti dalam memilih asuransi mobil, jangan asal-asalan. Dengan anda memilih asuransi mobil yang tepat, maka anda akan merasa nyaman, aman, dan tenang saat berkendara menggunakan mobil tersebut. Untuk anda yang merasa kebingungan dalam memilih asuransi mobil, alangkah baiknya anda simak tips memilih asuransi mobil terbaik berikut ini.

Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik
Berikut ini adalah tips memilih asuransi mobil terbaik selengkapnya untuk anda.


Sesuaikan Dengan Kebutuhan
Hal pertama yang harus anda lakukan dalam memilih asuransi mobil terbaik ialah dengan melihat dan mengetahui secara jelas tentang kondisi kendaraan anda. Perhatikan kondisi mesin, usia, body, dan lain sebagainya. Setelah anda memperhatikan kondisi mobil anda, selanjutnya anda sesuaikan dengan jenis asuransi kendaraan. Adapun jenis asuransi mobil ialah asuransi all risk atau comprehensive dan asuransi total loss only (TLO).

Asuransi all risk atau comprehensive menjamin hampir semua risiko yang mungkin akan terjadi pada mobil anda, baik itu kecelakaan kecil maupun kecelakaan besar. Lain halnya untuk asuransi total loss only (TLO). Asuransi TLO ini hanya akan menjamin kerusakan kendaraan di atas 75% saja. Bisa dibilang bahwa asuransi ini tidak menjamin kecelakaan atau kerusakan kecil.

Cari Tahu Perusahaan Asuransi Terbaik
Langkah memilih asuransi mobil selanjutnya ialah mencari tahu perusahaan mana yang terbaik. Pastikan anda memilih perusahaan asuransi yang memberikan keuntungan lebih banyak. Anda lakukanlah pencarian review melalui internet tentang jenis asuransi dan perusahaan apa yang menyediakannya. Dengan begitu, anda juga bisa melihat reputasi perusahaan tersebut. Anda kumpulkan informasi tentang asuransi mobil yang digunakan oleh kerabat, teman, dan kenalan anda.
Anda bisa bandingkan beragam asuransi mobil sekaligus. Alangkah baiknya lagi jika anda juga menanyakan harga yang harus dibayarkan dan proses pengajuan klaim yang sudah dilakukan. Selain itu, pastikan anda memilih perusahaan asuransi yang memberikan persayaratan lebih sedikit. Tak hanya bertanya kepada kerabat, anda juga bisa mencari tahu perusahaan asuransi mobil terbaik melalui internet ataupun mendatangi langsung kantornya.

Periksa Sosial Media dan Customer Service
Anda bisa mengecek sosial media perusahaan asuransi mobil yang hendak anda pilih untuk memeriksa layanan keluhan pelanggan. Adapun sosial media ini meliputi Facebook, Twitter, Instagram, dan berbagai sosial media lainnya. Melalui sosial media ini, anda bisa mengetahui bagaimana respon pihak asuransi akan keluhan yang disampaikan oleh pelanggannya. Selain itu, anda juga perlu cek jangka waktu pihak asuransi dalam menjawab keluhan yang ada. Pastikan anda memilih perusahaan asuransi mobil yang memberikan jawaban secara responsif, cepat, dan menawarkan solusi yang tepat pada setiap keluhan.

Lain halnya untuk pengecekan customer service. Anda bisa bermain peran dan mencoba menghubungi nomor yang ada. Lihat dan cermati bagaimana respon mereka akan keluhan yang anda sampaikan. Apabila menurut anda respon yang diberikan lumayan bersahabat dan solutif, maka anda akan mudah menyampaikan keluhan lainnya di masa yang akan datang. Gunakan cara logis seperti ini untuk meyakinkan anda dalam menggunakan asuransi mobil yang ditawarkan ataupun tidak. Hasil yang anda peroleh bisa berbeda-beda tiap kali melakukannya.

Fasilitas dan Layanan yang Disediakan
Jangan anda anggap remeh perihal fasilitas dan layanan yang disediakan. Beberapa perusahaan asuransi mobil secara jelas telah membuat rincian fasilitas serta layanan yang bisa diberikan untuk pelanggan. Beberapa diantaranya ialah mobil derek gratis 24 jam dan layanan servis mobil panggilan di rumah. Anda pelajari apakah kebutuhan anda sudah ada di dalam fasilitas dan layanan yang ditawarkan. Apabila belum, anda jangan ragu untuk menanyakan hal tersebut. Walau kelihatannya sepele, anda tidak tahu kapan anda akan membutuhkan jasa layanan-layanan tersebut.

Sesuaikan Dengan Kemampuan Bayar
Besaran premi pastinya akan sangat mempengaruhi manfaat serta perlindungan yang akan anda peroleh nantinya. Anda tentu saja ingin menggunakan layanan asuransi mobil terbaik dengan premi terbaik pula. Selain itu, alangkah baiknya anda memilih asuransi mobil yang menawarkan perlindungan terbaik dan maksimal. Namun dibalik semua keinginan tersebut, anda harus mempertimbangkan kemampuan keuangan yang anda miliki. Anda jangan memaksakan diri untuk mengambil sejumlah premi yang jumlahnya besar namun ada di luar jangkauan keuangan anda. Hal ini tentu saja hanya akan membuat keuangan anda menjadi terganggu serta menimbulkan sejumlah masalah dalam pengeluaran.

Meski begitu, anda juga jangan tertipu harga murah. Harga atau biaya yang murah dalam asuransi mobil mungkin menjadi salah satu hal yang menarik. Akan tetapi, anda jangan mudah tergoda dengan tawaran biaya murah walaupun agen asuransi menjelaskan berbagai keunggulan. Anda tetap harus pelajari semua hal-hal yang dirasa penting. Hal ini tak terkecuali klaim apa saja yang bisa dicover dan beberapa hal yang telah dituliskan di atas. Disamping itu, anda jangan malu untuk meminta serta mempelajari draft asuransi sebelum anda benar-benar menyetujui dan menandatanganinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Bisnis Online Updated at: 11:38:00 AM

Related : Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik dan Sesuai Kebutuhan

0 komentar:

Post a Comment