Tips Sukses Menjalankan Usaha Jasa Potong Rambut

Banyak jenis wirausaha modal kecil yang dapat Anda lakukan, salah satunya adalah dengan membuka bisnis jasa potong rambut atau barbershop. Kesempatan memulai bisnis barbershop ini bisa Anda lakukan asalkan mempunyai keterampilan memangkas rambut dengan baik. Tertarik mencoba usaha ini? Yuk, simak ulasan tentang keuntungan membuka jasa potong rambut serta cara memulai bisnis jasa potong rambut berikut ini. Keuntungan Membuka Jasa Potong Rambut


1. Mudah Dilakukan
Pada dasarnya, membuka usaha potong rambut tergolong mudah dilakukan karena hanya membutuhkan modal kecil untuk membeli peralatan potong rambut. Anda dapat menjalankan jasa potong rambut secara sederhana hanya dengan bermodalkan gunting dan sisir saja.

Selain itu, Anda juga tidak perlu kuatir soal lokasi, karena bisnis potong rambut dapat Anda jalankan di rumah sendiri tanpa harus sewa kios/ruko dipinggir jalan. Sebenarnya, modal utama untuk membuka jasa potong rambut ialah keterampilan anda dalam memotong rambut. Sebagus apapun tempat usaha anda, jika ketrampilan anda belum memadai, maka dijamin usaha anda akan sepi.

2. Cepat Kaya
Pernahkan Anda mendengar seorang tukang pangkas rambut di India yang kaya raya dari jasa potong rambut? Yup, Anda juga bisa mengikutinya dengan menggunakan sistem waralaba atau franchise.

3. Kombinasi Usaha
Selain membuka jasa potong rambut, Anda juga dapat mengkombinasikannya dengan usaha lain, misalnya usaha pijat badan atau perawatan wajah. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar serta agar semakin memuaskan pelanggan dengan beragam pilihan yang tersedia.

4. Laris Manis
Laris manis merupakan salah satu keuntungan membuka jasa potong rambut. Jika anda mempunyai skill yang memadai dan bisa membuat pelanggan puas dengan tampilannya setelah potong rambut di tempat anda, maka jangan heran jika setiap hari banyak pelanggan yang rela antri.

Cara memulai Bisnis Jasa Potong Rambut

1. Lokasi
Pastikan lokasi jasa potong rambut Anda berada di tempat yang mudah dilihat banyak orang, mudah dijangkau, atau berada di pinggir jalan raya. Terdapat beberapa tempat strategis yang cocok sebagai lokasi usaha potong rambut Anda, yaitu di dekat supermarket atau pusat perbelanjaan, di dekat pusat pendidikan seperti sekolah dan kampus, di dekat pasar, di permukiman yang padat, serta di pinggir jalan yang ramai dilalui kendaraan bermotor.

2. Ruangan
Meskipun lokasi jasa potong rambut dapat berada di dalam atau luar ruangan dengan udara bebas, namun Anda juga wajib memperhatikan kenyamanan konsumen. Pastikan ruangan yang digunakan untuk jasa potong rambut selalu bersih, lebih bagus lagi bila terdapat fasilitas AC serta ruang tunggu yang nyaman dan layak, tersedia wc umum, serta menggunakan lampu penerangan dan cermin besar untuk melihat hasil potongan rambut dengan jelas.

3. Tenaga Kerja
Apabila Anda membuka bisnis jasa potong rambut, sangat penting untuk merekrut tenaga kerja yang berpengalaman serta terampil. Hal ini tentu penting dilakukan, agar pelanggan merasa puas, dan kembali lagi saat rambutnya sudah mulai panjang. Selain bisa menjadi pelanggan tetap, besar kemungkinan mereka juga akan merekomendasikan tempat barbershop Anda ke teman-teman atau saudaranya.

4. Peralatan
Untuk membuka jasa potong rambut, tentu saja diperlukan peralatan potong rambut yang lengkap. Nah, berikut ini beberapa peralatan yang Anda butuhkan.

  • Cermin depan dan belakang untuk melihat hasil potong rambut dengan jelas baik dari arah depan atau belakang
  • Kursi barbershop bagi konsumen
  • Mesin cukur
  • Sisir atau sasak
  • Gunting rambut
  • Minyak rambut dan bedak
  • Sprayer untuk membasahi rambut
  • Pisau cukur untuk memangkas jenggot dan kumis
  • Handuk kecil
  • Selimut untuk melindungi tubuh dari rambut yang berjatuhan

5. Promosi
Untuk usaha ini, sebenarnya promosi tak terlalu penting. Karena dengan memberikan pelayanan yang bagus dan hasil potongan rambut yang memuaskan, akan membuat jasa anda banyak direkomendasikan. Dengan begitu, makin hari makin banyak pelanggan anda. Mungkin promosi yang sebaiknya dilakukan adalah dengan memasang banner besar di depan tempat usaha anda, lengkap dengan daftar harga yang diterapkan.

Nah, demikianlah ulasan tentang keuntungan membuka jasa potong rambut serta cara memulai bisnis jasa potong rambut agar sukses. Semoga bermanfaat!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Bisnis Online Updated at: 10:08:00 AM
Tags :

Related : Tips Sukses Menjalankan Usaha Jasa Potong Rambut

0 komentar:

Post a Comment