Faktor- Faktor yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Jasa Penerjemah Resmi

Suatu saat nanti, ketika Anda akan mengajukan permohonan izin tinggal, mengikuti pendidikan di negara asing, atau sejenianya, seringkali Anda  akan membutuhkan  jasa penerjemah resmi. Nah, untuk itu kali ini kami akan bagikan informasi terkait hal tersebut, khususnya informasi tentang bagaimana tips saat memilih jasa penerjemah resmi. Nah, silahkan disimak. Saat Dimana Jasa Penerjemah Resmi Dibutuhkan? Nah biasanya, Anda akan memerlukan jasa penerjemah resmi pada situasi seperti berikut ini.


1. Selama Perkara Hukum
Jasa penerjemah resmi dibutuhkan dalam perkara hukum, saat dokumen bagi perkara hukum menggunakan bahasa yang berbeda. Dokumen tersebut diterjemahkan oleh jasa penerjemah resmi agar pihak yang terlibat memahami tentang kasusnya.

Contohnya, apabila dokumen yang disampaikan di depan pengadilan menggunakan Bahasa Indonesia, sedangkan pengadilan tersebut merupakan pengadilan berbahasa Inggris, maka jasa penerjemah resmi dibutuhkan untuk menerjemahkan dokumen tersebut ke dalam Bahasa Inggris.

2. Pengajuan Permohonan Izin Tinggal
Saat mengajukan permohonan tinggal di luar negeri baik secara permanen ataupun sementara, maka Anda diwajibkan untuk menyerahkan dokumen dalam bahasa resmi negara yang akan Anda tinggali tersebut. Pada saat inilah, dokumen Anda akan diterjemahkan oleh jasa penerjemah resmi ke dalam bahasa yang digunakan negara tersebut.

3. Pengajuan Pendidikan di Luar Negeri
Saat mengajukan permohonan pendidikan tinggi di luar negeri, Anda diwajibkan untuk menerjemahkan dokumen serta transkip ke dalam bahasa yang bersangkutan. Untuk itu, Anda membutuhkan jasa penerjemah resmi.


Faktor- Faktor yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Jasa Penerjemah Resmi
Anda mungkin akan kesulitan dalam memilih jasa penerjemah resmi karena saat ini terdapat banyak perusahaan yang menyediakan jasa tersebut. Oleh sebab itu, supaya bisa mendapatkan layanan terbaik, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa faktor-faktor berikut ini saat memilihnya.

1. Referensi
Terdapat beberapa pilihan jasa penerjemah resmi, baik perorangan ataupun biro, sehingga Anda akan lebih mudah dalam mengambil keputusan, jika ada kenalan yang merasa puas saat menggunakan jasa penerjemahan mereka. Reputasi jasa penerjemah resmi umumnya tampak dari banyaknya klien yang merekomendasikan mereka.

2. Sertifikasi
Sebaiknya sebelum Anda memilih jasa penerjemah resmi, pastikan terlebih dahulu apakah agensi tersebut tersertifikasi. Periksa juga apakah otoritas hukum sudah memberi ijin pada perusahaan tersebut untuk menangani pekerjaan sebagai jasa penerjemah resmi.

3. Contoh Terjemahan Serta Pengujian
Sebaiknya saat memilih jasa penerjemah resmi, Anda telebih ddahulu meminta contoh terjemahan serta bahan aslinya yang pernah diterjemahkan oleh agensi tersebut. Dengan melakukan hal ini, Anda bisa menilai sendiri mutu serta kecepatan penerjemah apakah sudah memuaskan dan sesuai ekspektasi Anda atau tidak. Anda juga dapat berdiskusi bersama mengenai gaya bahasa serta pemilihan istilah.

4. Kontrak Penerjemah
Apabila Anda telah mendapatkan jasa penerjemah resmi yang sesuai dengan harapan Anda, sebaiknya siapkan kontrak bagi kedua belah pihak yang mengatur tentang mutu pekerjaan, tenggat waktu, cara pembayaran serta sanksi, dan juga biaya yang akan dibayar.

5. Keahlian Bahasa
Pastikan jasa penerjemah resmi mempunyai pengalaman teruji dengan berbagai bahasa. Selain itu, mereka harus fasih dalam bahasa dokumen asli serta bahasa aslinya.

6. Pengalaman Industri
Salah satu faktor penting saat akan memilih jasa penerjemah resmi adalah pengalaman agensi tersebut dalam bidang penerjemahan. Pastikan agensi sesuai dengan keperluan penerjemahan Anda yang lengkap dan akurat. Sebaiknya sebelum menuju kantor penerjemah tersumpah,pertimbangkan  kemampuan serta keahlian kantor agar dapat memberikan layanan bermutu bagi Anda.

7. Melibatkan Jasa Penerjemah Dalam Diskusi
Apabila Anda memiliki waktu luang, libatkan jasa penerjemah tersumpah dalam mendiskusikan sebuah karya tulis yang membutuhkan penerjemahan untuk menilai kemampuan mereka.

8. Biaya Harus Sesuai
Tarif yang dikenakan oleh jasa penerjemah harus wajar dan sesuai dengan terjemahan mereka  serta dalam kisaran harga pasar.

9. Harus Mempunyai Reputasi Baik
Pastikan jasa penerjemah tersumpah tersebut mempunyai reputasi baik serta pengalaman dalam menangani jenis dokumen apapun sehingga menghasilkan terjemahan yang teliti dan bermutu baik.

Demikianlah diatas tentang beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih jasa penerjemah resmi. Semoga informasi ini bermanfaat!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Bisnis Online Updated at: 8:57:00 AM
Tags :

Related : Faktor- Faktor yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Jasa Penerjemah Resmi

0 komentar:

Post a Comment