12 Tips untuk Pemula Agar Sukses Menjadi Guru Les Privat

Bagi seorang mahasiswa, baik mahasiswa aktif maupun yang sudah lulus namun belum punya pekerjaan tetap, menjadi seorang guru les privat merupakan pilihan yang menarik. Selain mendapatkan penghasilan, juga sekaligus bisa menambah pengalaman dalam bidang mengajar.
Nah, jika Anda tertarik untuk menjadi guru les privat, berikut kami bagikan beberapa tips sukses menjadi guru les privat yang sebaiknya Anda coba.

Trik Sukses Menjadi Guru Les Privat


1. Pahami Latar Belakang Murid
Sebelum menerima pekerjaan sebagai guru les privat, sebaiknya Anda terlebih dahulu mengenali dan memahami latar belakang calon murid Anda, seperti kelas berapa, bersekolah dimana serta bagaimana kondisi lingkungan keluarga. Apabila terdapat hal yang kurang cocok dengan Anda, sebaiknya pertimbangkan baik-baik keputusan untuk menerima pekerjaan tersebut.

2. Mintalah Tarif yang Sesuai
Seiring naiknya harga BBM, listrik dan kebutuhan lain yang terus meningkat, tarif guru les privat juga ikut naik. Oleh sebab itu, patoklah tarif yang pas agar memotivasi Anda dalam mengajar. Jika kompensasi yang diberikan terlalu sedikit, bisa jadi malah akan membuat Anda malas untuk mengajar

3. Sabar Tapi tegas
Tak jarang murid akan mencari celah untuk mengganggu konsentrasi Anda dalam proses belajar mengajar. Misalnya, bermain HP, membalas SMS, sering ke toilet, serta jalan-jalan tidak jelas. Hal ini menandakan anak tengah dilanda rasa bosan. Untuk itu, sebaiknya Anda bersabar, namun tetap memberi batasan-batasan yang tegas. Ini termasuk dalam cara sukses menjadi guru les privat.

4. Berbincang
Suasana belajar mengajar akan sangat membosankan apabila Anda dan murid hanya mengerjakan soal saja. Ada baiknya Anda sebagai guru les privat juga mengajak murid untuk berbincang-bincang tentang hal menarik yang sudah dilakukannya. Selain membuat suasana menjadi santai, berbincang juga membuat Anda semakin memahami karakter murid.

5. Akrab Dengan keluarga Murid
Mengakrabkan diri dengan keluarga murid juga merupakan salah satu cara sukses menjadi guru les privat. Apabila Anda memiliki waktu luang, tak ada salahnya untuk mengajak keluarga murid untuk mengobrol. Anda bisa berbincang tentang perkembangan belajar si anak. Jangan lupa untuk memberikan respon positif jika berbincang dengan mereka.

6. Beri Sedikit Humor
Menjelaskan pelajaran secara terus-menerus akan membuat otak anak menjadi panas. Oleh sebab itu, sebagai guru les privat, sebaiknya Anda memberi sedikit humor pada saat mengajar agar anak merasa lebih rileks dan suasana belajar tidak terlalu tegang. Selain itu, humor juga bermanfaat untuk mengakrabkan Anda dengan murid.

7. Perhatikan Waktu Mengajar
Pastikan terdapat jam dinding pada ruangan mengajar Anda. Hal ini untuk mengajarkan anak untuk menghargai waktu. Jangan lupa untuk memberitahu anak tentang jam mulai mengajar dan jam selesai mengajar.

8. Kabari Segera Jika Berhalangan Hadir
Komunikasi antara guru les privat dengan orangtua dan juga murid sangatlah penting. Maka dari itu, sebaiknya Anda meminta nomor ponsel atau telpon rumah mereka untuk mengabari bila Anda berhalangan hadir.

9. Pujian Serta Apresiasi
Apabila anak menunjukkan hasil nilai ulangan yang baik, maka berikan apresiasi atau pujian. Jika perlu berikan hadiah berupa permen untuk semakin memotivasi anak dalam meningkatkan nilainya. Namun, jika anak mendapatkan nilai jelek, jangan sampai Anda mematahkan semangatnya.

10. Jangan Bawa Masalah Pribadi
Untuk menjadi guru les privat yang sukses, jangan sampai Anda membawa masalah pribadi ketika mengajar. Bersikaplah profesional dengan tetap tersenyum dan melakukan proses belajar mengajar seperti biasa.

11. Selipkan Games Dalam Pembelajaran
Jika Anda mendapati anak mulai jenuh dalam menangkap pelajaran, maka buatlah permainan yang berkaitan dengan pelajaran. Contohnya seperti mengisi teka teki silang, tebak-tebakan dan bermain bingo. Hal ini untuk menghilangkan kejenuhan anak, sehingga dia bisa kembali berkonsentrasi pada pelajaran kembali. Namun, jangan sampai hal ini menjadi suatu kebiasaan yang malah membuat anak lebih tertarik dengan permainannya dibanding pelajaran.

12. Berikan Hadiah Kejutan
Apabila Anda memiliki uang lebih, tidak ada salahnya untuk membelikan anak sebuah hadiah yang sesuai dengan uang Anda. Contohnya, jika kotak pensil Anda telah sobek, maka Anda dapat membelikan hadiah kotak pensil yang baru. Hal ini akan membuat anak merasa diperhatikan dan senang dengan Anda.

Itulah beberapa cara sukses menjadi guru les privat. Semoga informasi ini bermanfaat!
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Bisnis Online Updated at: 9:11:00 PM
Tags :

Related : 12 Tips untuk Pemula Agar Sukses Menjadi Guru Les Privat

0 komentar:

Post a Comment