Tips Menjadi Makelar Jual Beli Mobil yang Sukses

Makelar jual beli mobil bisa dibilang merupakan profesi yang masih sering dilihat sebelah mata. Padahal nyatanya, apabila ditekuni dengan serius dan sukses menjual banyak jenis mobil, komisi yang didapat pun tak bisa dibilang sedikit. Terlebih jika mobil yang dijual merupakan mobil kelas menengah atau kelas atas yang harganya ratusan juta rupiah. Tentunya nilai komisi juga makin besar.
Nah, untuk Anda yang tertarik menggeluti usaha makelar jual beli mobil, berikut telah kami rangkum beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar cepat menggapai kesuksesan. Tips Menjadi Makelar Jual Beli Mobil yang Sukses


1. Perluas Jaringan
Kunci utama dalam jasa pemasaran adalah memiliki jaringan yang luas. Oleh sebab itu, makelar jual beli mobil dituntut untuk mempunyai akses informasi serta relasi yang luas. Keuntungan bisa Anda dapatkan dengan memperluas jaringan adalah memudahkan Anda untuk mendapatkan mobil yang akan dijual serta menemukan pembeli.

Apabila Anda memiliki banyak teman, maka peluang untuk memperoleh informasi tentang jual beli mobil juga semakin besar. Pada dasarnya makelar jual beli mobil sama seperti toko.

Jadi, semakin banyak Anda memiliki barang dagangan, maka kemungkinan untuk menjualnya juga bertambah besar. Selain itu, jika toko Anda semakin lengkap, maka pembelinya akan semakin ramai, begitu pula dengan orang yang ingin menjualkan barangnya di toko Anda.

2. Melek Teknologi Informasi
Bisnis jual beli mobil Anda akan semakin sukses apabila Anda dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi. Di era modern ini, smartphone sudah menjadi senjata utama bagi para pebisnis.

Untuk kepentingan bisnis, maka sebagai makelar jual beli mobil, idealnya Anda mendownload beberapa aplikasi jual beli untuk smartphone Anda. Hal ini bertujuan untuk mempermudah dalam mempromosikan mobil yang hendak Anda jual. Sekaligus hal ini membuka peluang untuk berkomunikasi dengan sesama makelar atau pelanggan serta membangun relasi bisnis.

3. Rajin Promosi
Salah satu tips agar Anda sukses menjadi makelar jual beli mobil adalah dengan rajin berpromosi. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mempromosikan mobil tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya.

Anda dapat berpromosi melalui situs iklan baris di internet, membuka lapak dagangan seperti pada OLX, Tokopedia, Bukalapak, forum jual beli (FJB) mobil, serta mempromosikan pada Facebook, grup WA atau lainnya. Apalagi jika Anda memiliki halaman fanpage dengan follower yang banyak, pasti saat Anda mengupload mobil, akan banyak yang meresponnya.

Ketika melakukan promosi, perhatikan konsep iklan serta tata cara menyusun kata-kata agar dapat menarik pembeli. Pastikan Anda sudah mencuci bersih mobil sebelum difoto dan diupload di internet.

4. Kuasai Produk
Sebagai makelar jual beli mobil, Anda dituntut untuk menguasai spesifikasi mobil yang Anda jual. Untuk itu, Anda wajib untuk mempelajari pengetahuan tentang dunia otomotif.

Pahami betul spesifikasi mobil yang Anda tawarkan, seperti berapa kapasitas mesinnya, menggunakan sistem transmisi manual atau matic. Ketahui juga tentang kondisi mesin serta body mobil, seperti menggunakan onderdil orisinil atau tidak, dan masih enak dikendarai atau tidak. Selain itu, Anda juga harus tahu harga umum di pasaran serta kelengkapan surat-surat kendaraannya.

Semakin Anda menguasai produk, maka Anda dapat dengan mudah mempengaruhi keputusan pelanggan. Selain itu, dengan menguasai produk dapat meminimalisir kemungkinan Anda menjual mobil hasil kejahatan atau mobil bodong.

5. Perhatikan Penampilan
Sebelum bertemu dengan calon pembeli, pastikan juga Anda memperhatikan penampilan Anda, yang meliputi cara bertutur kata serta cara berpakaian. Ketika melakukan negosiasi dengan calon pembeli, sebaiknya Anda, sebagai makelar jual beli mobil, harus berpakaian rapi, menggunakan tutur kata yang sopan, jangan terlalu memaksa, serta jangan berbohong.

6. Berbisnis Dengan Etika
Langkah selanjutnya untuk menjadi makelar jual beli mobil yang sukses adalah berbisnis dengan etika. Hindari menggunakan cara curang dan licik untuk mendapatkan pelanggan, karena hal ini akan menghancurkan relasi yang telah Anda bangun. Di kalangan para makelar, terdapat peraturan tidak resmi yang dapat berakibat fatal apabila dilanggar. Oleh sebab itu, untuk menjadi makelar jual beli mobil yang sukses, pastikan Anda memegang prinsip persaudaraan, kejujuran dan saling menguntungkan.

Bagaimana, tentunya tak terlalu sulit bukan menjalankan tips sukses menjadi makelar jual beli mobil diatas. Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Bisnis Online Updated at: 10:16:00 PM
Tags :

Related : Tips Menjadi Makelar Jual Beli Mobil yang Sukses

0 komentar:

Post a Comment