Cara Mudah Memulai Jasa Tour Guide Bagi Pemula

Di tengah hiruk pikuk kesibukan kerja, liburan merupakan suatu kebutuhan utama untuk melepas stres. Bahkan tak jarang, banyak orang yang mencari jasa tour guide untuk memenuhi kebutuhan liburan mereka. Nah, melihat kenyataan tersebut, tak ada salahnya jika Anda dapat mencoba gurihnya menggeluti usaha di bidang jasa  ini. Toh untuk memulainya tak dibutuhkan modal yang besar, bahkan bisa dibilang  nyaris tanpa modal. Nah, jika sudah yakin tertarik ingin mencoba, alangkah baiknya simak dulu beberapa  cara mudah memulai jasa tour guide berikut ini. Tips Mudah Memulai Jasa Tour Guide


1. Mengenal Bisnis Jasa Tour Guide
Sebelum memulai bisnis jasa tour guide, ada baiknya Anda memahami tentang seluk beluk bisnis yang akan Anda geluti ini. Bisnis jasa tour guide merupakan usaha yang menawarkan jasa untuk orang-orang yang ingin berlibur namun mereka tidak begitu mengenal daerah yang dituju dengan baik.

Meningkatnya kebutuhan orang akan pariwisata, memberikan peluang besar bagi bisnis jasa tour guide jika dijalankan dengan baik. Tumpuan utama dari jasa tour guide adalah memanfaatkan potensi wisata yang terdapat pada suatu daerah. Anda juga tak memerlukan modal besar untuk memulai bisnis jasa tour guide.

2. Berlatih Untuk Menyukai Jalan-Jalan
Cara mudah memulai jasa tour guide adalah dengan berlatih untuk menyukai jalan-jalan. Hal ini dikarenakan bisnis jasa tour guide berasaskan liburan dan bergelut dalam dunia pariwisata.

Apabila Anda tidak menyukai jalan-jalan, maka bisnis jasa tour guide akan terasa melelahkan bagi Anda. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mulai untuk menyukai jalan-jalan dengan menjadi tour guide untuk diri Anda sendiri dan yakinlah jika aktivitas berpariwisata akan selalu menyenangkan.

3. Pahami dan Kenali Tempat Wisata
Untuk memulai bisnis jasa tour guide, pastikan Anda memahami dan mengenali tempat wisata yang dituju, mulai dari kuliner, sejarah serta berbagai hal apapun yang kemungkinan akan ditanyakan oleh pelanggan.

4. Ajak Teman yang Menguasai Bahasa Asing
Salah satu bagian terpenting dalam bisnis jasa tour guide adalah kemampuan bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris. Hal ini untuk mengantisipasi jika ada beberapa turis mancanegara yang ingin menggunakan jasa tour guide Anda.

Oleh karena itu, untuk meyakinkan para pelancong, sebaiknya Anda mengajak teman yang menguasai bahasa asing untuk menjadi mitra kerja. Selain menguntungkan bisnis jasa tour guide Anda, teman Anda pun mendapatkan penghasilan tambahan.

5. Buat Grup Travelling
Cara mudah memulai jasa tour guide selanjutnya ialah membuat grup travelling pada jejaring sosial. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan konsumen. Dengan melakukan promosi pada sosial media, akan sangat efisien untuk membesarkan bisnis jasa tour guide Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengajak masyarakat yang tergabung dalam grup travelling Anda untuk berwisata ke daerah Anda.

6. Promosikan Melalui Website
Promosikan tempat pariwisata yang terdapat di wilayah Anda dengan menggunakan website. Pastikan Anda membuat desain website dengan tampilan yang menarik, lengkap dengan penjabaran potensi wisata yang ada, sehingga para wisatawan tergiur untuk berlibur dengan menggunakan jasa tour guide Anda.

7. Kerjasama dengan Penyewaan Mobil dan Tempat Penginapan
Transportasi merupakan unsur penting untuk memulai jasa tour guide. Oleh sebab itu, untuk mempermudah perjalanan menuju tempat wisata, sebaiknya Anda melakukan kerjasama dengan penyewaan mobil atau bus. Kerjasama antara bisnis jasa tour guide dengan pihak bus atau mobil merupakan hubungan mutualisme, dimana saling menguntungkan satu sama lain.

Selain itu, Anda juga perlu melakukan hubungan kerjasama dengan tempat penginapan di sekitar lokasi wisata. Hal ini untuk memudahkan Anda dalam pemesanan kamar apabila konsumen membutuhkannya.

8. Ramah
Bersikap ramah merupakan bagian penting yang sangat berpengaruh pada kesuksesan bisnis dibidang ini. Keramahan sikap tour guide akan membuat para pelanggan Anda merasa nyaman saat ditemani mengelilingi daerah wisata.

Apabila mereka senang dan nyaman menggunakan jasa Anda, sangat mungkin mereka akan mempromosikan bisnis Anda kepada teman-teman mereka yang hendak berlibur.

Nah, itu dia beberapa cara mudah bila anda tertarik menggeluti jasa tour guide. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Bisnis Online Updated at: 11:06:00 PM
Tags :

Related : Cara Mudah Memulai Jasa Tour Guide Bagi Pemula

0 komentar:

Post a Comment