Tips Memilih Nama Toko Online yang Ideal

Pemilihan nama toko menjadi salah satu dari strategi bisnis yang penting untuk dipertimbangkan. Nama toko online tidak boleh sembarangan, dan harus dibuat sebagus mungkin supaya konsumen tertarik. Nah, jika saat ini Anda sedang merencanakan membangun toko online untuk bisnis Anda, sebaiknya Anda simak dan terapkan beberapa tips memilih nama toko online yang ideal berikut ini. Trik Memilih Nama Toko Online 


Nama yang Singkat
Pada tahapan pertama, Anda harus memikirkan bagaimana membuat nama toko online yang singkat dan jelas. Nama yang singkat akan lebih mudah diterima dan diingat oleh masyarakat. Memang tidak ada jumlah spesifik sebagai patokan untuk memberi nama toko online, tapi semakin singkat nama yang Anda buat, maka masyarakat akan semakin mudah jika ingin berkunjung ke alamat website toko Anda. 

Sebaiknya Anda menggunakan nama toko yang terdiri dari 5-10 huruf dan terdiri dari 1 kata. Namun Anda juga bisa mempertimbangkan menggunakan 2 kata yang saling berhubungan. Tapi jangan sampai Anda menggunakan lebih dari 2 kata karena baik secara tampilan maupun pelafalan tidak terlalu bagus. 

Misalnya saja Anda akan menamakan toko online tersebut grosirbaju.com akan lebih mudah diingat dibandingkan jika Anda memberi nama tempatbeligrosirbaju.com. 

Gunakan Nama yang Mudah Diucapkan dan Memiliki Makna
Tips memilih nama toko online yang ideal berikutnya adalah memilih nama yang mudah diucapkan dan memiliki makna tertentu. Anda harus memilih nama yang saat diucapkan mudah dan tidak berbelit-belit. Selain itu, gunakan nama yang memiliki makna atau arti baik itu langsung menunjukkan produk apa yang Anda jual ataupun dari nama tersebut masyarakat langsung tau toko online Anda menjual produk apa. 

Misalnya saja Anda membuka toko online untuk menjual produk sepatu, ada 2 nama yang akan Anda gunakan misalnya chickandbeauty.com atau centralshoes.com. Pasti jika orang dihadapkan pada 2 pilihan itu, mereka yang mencari sepatu akan menuju ke alamat website centrashoes.com karena langsung merujuk ke produk yang dijual di halaman website tersebut. 

Brand-Able
Jika Anda tidak ingin menggunakan sebuah nama yang merujuk ke produk yang dijual, Anda bisa menggunakan nama toko online yang brand-able. Nama ini berkaitan dengan brand produk yang Anda jual. Misalnya Anda akan menjual produk kosmetik korea bermerk Nature Republic, maka Anda bisa membuat nama toko pusatnaturerepublic.com. Karena nama brand yang sudah sangat terkenal, pasti masyarakat akan bisa dengan mudah mengunjungi website Anda setelah mereka mencari melalui Google Search. 

Jangan Mengandung Tanda Penghubung dan Angka
Tips memilih nama toko online yang ideal ini sangat penting untuk dipertimbangkan. Usahakan sebisa mungkin untuk tidak membuat nama website dengan tanda penghubung “-“ ataupun dengan tambahan angka. Karena tanda penghubung dan angka sangat susah dihafalkan oleh masyarakat. Mereka biasanya akan lupa dengan tanda penghubung yang diselipkan diantara kata. Selain itu, kombinasi kata dan angka juga akan lebih sulit diingat oleh kostumer. 

Misalnya saja Anda akan membuat toko online dengan nama butik-kebaya.com. Tanda penghubung di tengah kata tersebut akan mudah terlupakan oleh kostumer. Mereka biasanya akan mengetikkan aamat website butikkebaya.com yang jelas bukan alamat toko online Anda. Sama halnya jika Anda menggunakan angka diantara nama toko misalnya saja butikkebaya345.com. Penambahan nama tersebut justru akan mempersulit kostumer untuk mengingat nama toko online Anda. 

Pastikan Trademark Nama Toko
Setelah Anda memutuskan akan menggunakan sebuah nama untuk toko Anda, maka sebaiknya Anda mengecek hak cipta atau trademark dari nama tersebut sebelum Anda gunakan. Jika Anda benar-benar ingin mengembangkan bisnis hingga tahap yang sangat besar, maka hak cipta nama toko menjadi hal yang penting demi menghindari tuntutan di kemudian hari. Anda bisa mengecek trademark nama website di USPTO.gov. 

Ujilah Nama Toko di Google Search
Sebelum memutuskan akan menggunakan sebuah nama untuk toko online Anda, pastikan Anda mencari nama tersebut di Google Search. Pastikan nama tersebut belum digunakan untuk website lain dan jangan sampai nama terebut berkaitan dengan hal-hal yang tidak baik ataupun sudah digunakan untuk situs yang berbeda bidang dari usaha Anda. 

Itulah diatas 6 tips memilih nama toko online yang ideal. Pastikan Anda mempertimbangkan nama toko dengan sebaik-baiknya. 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Bisnis Online Updated at: 9:04:00 PM
Tags :

Related : Tips Memilih Nama Toko Online yang Ideal

0 komentar:

Post a Comment