Tips Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat dan Menguntungkan

Semua orang pasti membutuhkan asuransi kesehatan. Sebab, sebagimana yang kita tahu, yang namanya kesehatan sangat penting dan menjadi prioritas utama setiap orang. Dan bicara mengenai asuransi kesehatan, saat ini sudah banyak perusahaan yang menyediakan produk ini. Baik itu perusahaan lokal maupun perusahaan asing. Dengan banyaknya pilihan tersebut tak jarang justru membuat banyak orang bingung dalam menentukan pilihan.

Nah untuk itu pada kesempatan ini kami telah rangkum ulasan singkat mengenai tips memilih asuransi kesehatan yang sebaiknya anda perhatikan. Apa saja? Silahkan disimak. Tips memilih asuransi kesehatan yang tepat

Tips Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat dan Menguntungkan

1. Pastikan produk asuransi yang anda pilih, bisa memenuhi kebutuhan anda
Sebelum anda memilih produk asuransi kesehatan, idealnya anda harus mengetahui apa saja yang anda butuhkan. Sebagai contoh, misal anda adalah seorang perempuan, maka, sebaiknya anda membeli asuransi kesehatan yang telah mencakup jaminan kehamilan dan janin yang dikandung. Semakin banyak item yang ditanggung asuransi, yang berhubungan dengan permasalahan wanita, tentu saja hal tersebut bisa dijadikan nilai plus.

2. Memahami jenis produk asuransi kesehatan yang dipilih
Pada umumnya, perusahaan asuransi akan menawarkan 2 jenis produk asuransi kesehatan yaitu hospital cash plan dan hospital benefit. Produk asuransi hospital cash plan merupakan produk asuransi yang memberikan penggantian pada nominal atau jumlah yang sesuai dengan perjanjian pada saat awal kontrak. Sistem klaim dari produk ini adalah reimbursement. Reimbursement adalah nasabah melakukan pembayaran untuk berobat terlebih dahulu. Setelah melengkapi form pengajuan, perusahaan akan menggantikan biaya berobat nasabah.

Sedangkan, produk asuransi hospital benefit adalah produk asuransi yang memberikan penggantian biaya secara rinci atas berbagai pengeluaran biaya berobat di rumah sakit. Sistem klaim dari produk hospital benefit adalah non – reimbursemen atau cashless. Sistem ini biasanya bisa digunakan dengan cara menggesek kartu (kartu asuransi kesehatan), guna melakukan pembayaran.

3. Pilih asuransi sesuai kemampuan keuangan anda
Bisa ditarik kesimpulan bahwa asuransi merupakan hal penting yang wajib ada, dalam perencanaan keuangan yang sehat. Jadi memang idealnya, semua orang harus memiliki asuransi kesehatan. Akan tetapi harus jeli dalam memilih. Pastikan asuransi yang dipilih sesuai dengan kemampuan, tanpa mengorbankan keuangan dari pos (kebutuhan primer) yang lain.

4. Penting untuk melihat kredibilitas perusahaan asuransi yang dipilih
Asuransi kesehatan bersifat jangka panjang, maka dari itu, sebaiknya anda memilih perusahaan asuransi yang memiliki tingkat kredibilitas tinggi. Untuk melihat tingkat kredibilitas dari setiap perusahaan, anda bisa melihat bagaimana cara perusahaan tersebut menangani nasabah dan cara memproses klaimnya, serta berapa lama perusahaan tersebut eksis. Selain itu bisa juga dengan bertanya langsung pada nasabah asuransi tersebut, terkait pengalaman mereka di sana. Apakah ada informasi negatif atau tidak.

5. Membandingkan produk asuransi dari perusahaan lain
Semakin banyak jasa asuransi kesehatan yang menawarkan berbagai manfaat dan produk asuransi kesehatan, seharusnya menjadi sisi positif bagi nasabah. Karena dengan begitu nasabah, bisa bebas memilih yang benar-benar terbaik. Dan diantaranya, berikut ini adalah hal-hal yang harus anda perhatikan:

  • Jenis perawatan kesehatan
  • Sistem klaim
  • Premi bulanan
  • Provider atau rumah sakit yang bekerja
  • Manfaat kain yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi kesehatan

6. Memilih jasa asuransi kesehatan murni jika kemampuan finansial terbatas
Apabila anda memiliki anggaran yang terbatas, sebaiknya anda memilih asuransi kesehatan yang berdiri sendiri. Kenapa? Premi asuransi kesehatan murni lebih rendah daripada asuransi plus investasi atau unit link. Hal ini karena asuransi kesehatan murni tidak menggunakan dana asuransi untuk tujuan investasi.

7. Jangan tergoda bujuk rayu agen penjual
Ini yang sering terjadi. Khususnya bagi calon nasabah pria. Biasanya agen asuransi yang direkrut tiap perusahaan asuransi pasti yang penampilannya menarik, pintar berkomunikasi dan mempengaruhi orang lain. Untuk itu, idealnya cari tahu dulu info mengenai asuransi tersebut dari website resminya. Kemudian jika sudah menemukan beberapa kandidat, baru anda menanyakan langsung ke kantornya.

8. Baca pahami hak dan kewajiban anda sebagai nasabah
Sebagai nasabah yang cerdas, sekaligus untuk menghindari penyesalan di kemudian hari, pastikan anda telah membaca dengan seksama apa yang menjadi hak dan apa yang menjadi kewajiban anda sebagai nasabah. Jika sekiranya ada kalimat yang kurang jelas, jangan ragu untuk meminta penjelasan hingga benar-benar paham.

Nah, sekarang sudah paham kan bagaimana cara memilih asuransi kesehatan yang tepat untuk anda?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Bisnis Online Updated at: 8:01:00 PM
Tags :

Related : Tips Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat dan Menguntungkan

0 komentar:

Post a Comment