Tips Cerdas Memilih Asuransi Pendidikan Terbaik untuk Sang Buah Hati

Semua orang tua pasti ingin anaknya memiliki kesuksesan saat dewasanya kelak. Dan hal tersebut tentu bisa dicapai, bila sang anak mendapatkan pendidikan yang terbaik. Namun sayangnya, meski pemerintah telah banyak meluncurkan berbagai program pendidikan, guna meringankan beban orang tua terkait biaya, tapi kenyataannya biasa sekolah tiap tahunnya selalu naik. Terlebih pendidikan di perguruan tinggi.

Nah, oleh karena itu, memang idealnya para orang tua mengikuti program asuransi pendidikan buat sang buah hati. Dan terkait asuransi pendidikan, berikut kami telah rangkum beberapa tips yang sebaiknya anda perhatikan dalam memilih asuransi pendidikan terbaik. Apa saja?

Tips Cerdas Memilih Asuransi Pendidikan Terbaik untuk Sang Buah Hati
Tips memilih asuransi pendidikan terbaik

1. Membuat rencana pendidikan
Merencanakan masa depan anak merupakan tugas penting bagi orang tua. Membuat rencana masa depan anak juga berguna untuk memilih produk asuransi pendidikan yang tepat. Jika tidak ada rencana yang jelas, maka anda akan kebingungan dalam memilih asuransi yang ideal.

Anda harus memikirkan kira-kira ingin menyekolahkan anak anda sampai jenjang apa. Apakah cukup S1 atau ingin ke jenjang atasnya. Atau merencanakan kuliah di dalam negeri atau ke luar negeri.

Selain itu, anda juga harus mengerti minat dan bakat anak sejak dini. Idealnya Anda boleh merencakan pendidikan yang terbaik untuk sang buah hati, namun keputusan akhir harus kembali ke anak anda, kira-kira apa yang sesuai dengan passionnya.

2. Melakukan riset terkait biaya pendidikan yang dibutuhkan kelak
Setelah poin pertama diatas anda pelajari, selanjutnya adalah melakukan riset tentang berapa biaya yang kira-kira akan anda tanggung kelak. Biaya pendidikan terdiri dari biaya sekolah (spp bulanan atau tahunan dan uang gedung), biaya ngekos, buku – buku sekolah, biaya alat tulis dan seragam, biaya tambahan berupa bimbingan belajar, ekstrakurikuler dan les privat, uang saku dan kebutuhan lainnya. 

Nah, dengan mengetahui atau memperkirakan besaran biaya pendidikan yang akan ditanggung, tentunya bisa dijadikan acuan dalam memilih produk asuransi pendidikan yang tepat, dan berapa nominal iurannya perbulan.

3. Lakukan pertimbangan  secara matang
Tidak ada perusahaan yang benar-benar sempurna. Setiap perusahaan jasa asuransi memiliki berbagai plus minus tersendiri. Dan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih perusahaan yang tepat, sebaiknya anda perhatikan atau pertimbangkan hal-hal berikut:

- Aset dan liabilitas 
Untuk melihat aset dan liabilitas dari perusahaan asuransi, anda bisa melihat dari laporan neraca keuangan yang dipublikasikan ke masyarakat (bisa anda tanyakan ke agen penjualnya, atau bisa juga melihat dari website resminya (jika ada)

- Kualitas tenaga kerja (SDM)
Selain dari keuangan perusahaan, anda juga harus melihat kulaitas tenaga kerja dari perusahaan asuransi tersebut. Anda bisa mencari tahunya di profile perusahaan yang biasanya tercantum pada website resminya.

- Track record 
Pastikan Anda hanya memilih perusahaan asuransi yang punya rekam jejak atau track record yang bagus dan terpercaya. Untuk hal tersebut, anda bisa mencari tahu pada review-review nasabah di internet atau menanyakan langsung pada nasabah yang anda kenal. 

4. Memilih asuransi pendidikan sesuai kemampuan finansial
Sebelum anda menginvestasikan uang anda untuk masa depan anak, sebaiknya anda memastikan kebutuhan pokok saat ini telah terpenuhi. Jadi idealnya, iuran bulanan untuk asuransi tidak mengganggu kebutuhan lain yang lebih mendesak.

5. Memilih produk atau polis yang menguntungkan
Program asuransi pendidikan merupakan asuransi jangka panjang yang hanya bisa ditarik setelah anak mencapai umur tertentu dan siap belajar dijenjang yang lebih tinggi. Sementara itu, biaya pendidikan dapat berubah setiap tahunnya. Semua tergantung pada kurikulum, sekolah yang dipilih, dan faktor lainnya.

Maka dari itu, anda harus memilih perusahaan asuransi yang fleksibel dan menguntungkan. Hal ini berguna agar uang bisa diklaim pada waktu tertentu untuk memenuhi kebutuhan anak. Selain itu, anda juga harus memilih perusahaan asuransi yang memudahkan anda untuk meningkatkan investasi secara bertahap. 

6. Memeriksa fasilitas lainnya
Selain jaminan pendidikan, dalam menarik minat nasabah, perusahaan asuransi biasanya memberi fasilitas lain, misalnya mendapat jaminan kesehatan. Jadi, apabila anak anda mengalami masalah kesehatan, maka perusahaan asuransi akan menanggung seluruh biaya pengobatan yang dikeluarkan, sesuai ketentuan yang ditetapkan perusahaan.

Namun, sebaiknya anda harus mempertimbangkan baik – baik untuk mengambil fasilitas ini. Karena pastinya ada tambahan biaya terkait hal ini. Jadi, kembali pada kemampuan finansial anda.

Nah, itu dia beberapa hal yang sebaiknya anda perhatikan dalam memilih asuransi terbaik bagi putra-putri anda. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Bisnis Online Updated at: 6:52:00 PM
Tags :

Related : Tips Cerdas Memilih Asuransi Pendidikan Terbaik untuk Sang Buah Hati

0 komentar:

Post a Comment