Inspirasi Ide Bisnis Sampingan Untuk Guru yang Menguntungkan

Guru adalah sosok pahlawan tanpa jasa, dan itu bukan tanpa alasan. Dari para guru-lah kita mendapatkan berbagai macam ilmu yang sangat berguna, yang menjadi bekal dari kesuksesan kita di masa depan. Buat anda yang berstatus sebagai guru pns, mungkin kehidupan finansial anda akan jauh lebih terjamin. Tapi untuk anda yang masih berstatus honorer, idealnya anda punya usaha sampingan agar bisa mendapat pemasukan yang layak. Lantas, kira-kira jenis usaha atau bisnis sampingan apa yang bagus untuk para guru? Nah, berikut telah kami rangkum beberapa diantaranya. Jenis bisnis sampingan untuk guru

Inspirasi Ide Bisnis Sampingan Untuk Guru yang Menguntungkan

Manjadi guru privat atau guru di bimbingan belajar
Anda memiliki kecintaan yang mendalam terhadap dunia pendidikan? Jika ya, bisnis bimbingan belajar bisa menjadi usaha yang tepat bagi anda. Anda bisa menyulap ruang tamu anda menjadi ruangan belajar untuk murid-murid anda. Untuk permulaan, anda bisa mempromosikan usaha anda pada murid-murid anda di sekolah atau di lingkungan rumah anda. Baru jika dirasa anda mampu menghadapi jumlah murid yang lebih banyak anda dapat mempromosikan bisnis bimbingan belajar anda lewat media sosial atau dengan metode mulut ke mulut.

Kalau anda tidak memiliki fasilitas ruangan yang memadai, anda juga bisa bergabung atau mendaftar sebagai tenaga pengajar di penyelenggara bimbel atau les privat. Akan lebih menguntungkan apabila anda menguasai lebih dari satu mata pelajaran. Keuntungan dari bimbel privat, anda dapat mengatur sendiri jam mengajar bergantung dari kesibukan sehari-hari.

Membuka bisnis kuliner
Anda suka memasak? Kenapa tidak menjual buah karya anda untuk menambah penghasilan? Anda bisa menitipkan hasil masakan anda ke kantin sekolah atau dengan dijajakan setelah mengajar. Jika dalam bentuk masakan, anda bisa membuka usaha katering berdasarkan pesanan. Anda bisa mempromosikan usaha anda pada rekan-rekan guru, walimurid atau bisa juga mengiklankan di media sosial. Dan saat ada pesanan banyak, tak ada salahnya merekrut 1-2 orang tetangga untuk membantu ada.

Membuka usaha penerjemah
Anda menguasai bahasa asing dengan sempurna? Nah, jika anda punya skill ini, tak susah mencari penghasilan tambahan. Saat ini tenaga penerjemah banyak di cari orang, untuk beragam kebutuhan. Selain mendapat penghasilan tambahan, tentu saja akan semakin mematangkan kemampuan bahasa anda. Untuk bahasa asing yang saat ini banyak dibutuhkan adalah bahasa inggris, bahasa mandarin, bahasa jepang, bahasa arab dan bahasa Korea. Untuk mempromosikan usaha anda, bisa dengan membuat website khusus serta dengan mempromosikan di media sosial seperti facebook dan lainnya.

Bisnis jualan pulsa elektrik
Pulsa menjadi salah satu kebutuhan pokok yang banyak dibutuhkan. Dengan fakta tersebut, tentu saja menggeluti usaha jualan pulsa sangat menguntungkan dan memiliki prospek cerah. Walau tingkat persaingan bisnis ini sangat tinggi, namun karena pangsa pasarnya luas, maka usaha jualan pulsa layak dipertimbangkan.

Dan untuk anda para guru, sangat pas jika ingin menjalankan bisnis ini. Selain tak butuh modal besar, anda dapat menjualnya di sela-sela kegiatan mengajar anda. Misalnya dengan menjual pada rekan-rekan guru yang lain, ataupun pada murid anda.  Walau untungnya kecil, tapi jika ditekuni, akan sangat lumayan dalam menambah pundi-pundi rupiah bagi anda.

Membuat aneka jenis souvenir
Nah, usaha selanjutnya yang cocok dijalankan oleh para guru adalah dengan membuat aneka souvenir. Terlebih untuk anda yang mempunyai kreatifitas tinggi dalam membuat berbagai jenis pernak-pernik, misal membuat bunga dari plastik, membuat souvenir untuk rajutan, gantungan kunci dan lainnya.

Anda bisa menjalankan usaha ini, setelah selesai mengajar, dan bisa juga saat malam hari. Untuk pemasaran anda bisa menawarkan secara online maupun offline. Dengan membuat website ataupun media sosial. Serta dengan menawarkan ke rekan-rekan guru anda, menitipkan ke toko sovenir dan lainnya.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi ide bisnis sampingan untuk guru yang layak dipertimbangkan. Tentunya masih banyak lagi pilihan jenis usaha atau bisnis lain yang juga cocok untuk dijalankan seorang guru. Dan apapun itu, pilih yang tidak mengganggu kewajiban utama anda sebagai guru.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Bisnis Online Updated at: 10:10:00 PM
Tags :

Related : Inspirasi Ide Bisnis Sampingan Untuk Guru yang Menguntungkan

0 komentar:

Post a Comment