10 Cara Sukses Menjalankan Bisnis Dropship untuk Pemula

Apa Anda pernah dengar tentang bisnis dropship? Bisnis dropship merupakan bisnis online yang bisa dijalankan hanya dengan bermodalkan media sosial atau toko online, tanpa harus memiliki produk sendiri. Jadi para pelaku bisnis ini hanya bertugas menjualkan saja, setelah ada pembelian pihak suplier yang akan mengirimkan barang tersebut, namun atas nama pihak dropshiper.Walupun bisnis dropship ini sepintas terlihat mudah dan tak butuh modal untuk menciptakan produk, namun tentunya untuk sukses dalam bisnis ini tidaklah mudah. Anda harus punya banyak strategi jitu dalam menyikapi banyaknya persaingan dalam bisnis ini.

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Dropship
Nah agar Anda bisa sukses dalam bisnis ini, sebaiknya simak dulu beberapa tips yang kami berikan berikut ini. Kemudian silahkan diterapkan.


1. Fokus pada satu produk dulu
Cara pertama agar bisa sukses dalam menjalankan bisnis ini adalah dengan melakukan produk penetrasi. Caranya, terlebih dahulu Anda harus fokus pada satu produk, kemudian maksimalkan dalam melakukan branding produk tersebut dengan berbagai cara, sehingga membuat orang yakin dengan Anda. Setelah Anda mempunyai reputasi yang bagus, barulah pikirkan untuk menjual produk lainnya. Begitu seterusnya.

2. Pikirkan Tentang Branding
Memikirkan branding juga termasuk kunci sukses menjalankan bisnis dropship. Untuk meningkatkan kepercayaan pembeli, salah satunya dapat Anda lakukan dengan membuka toko online, dan mendesainnya secara profesional.

3. Gunakan Strategi Cross Selling
Yang dimaksud dengan strategi cross selling dalam bisnis dropship adalah menjual dua barang di waktu yang sama. Misalnya terdapat dropshipper yang menjual jaket, maka strategi cross selling yang digunakannya adalah dengan menawarkan baju atau sweater yang masih berhubungan dengan produk utama.

4. Pelayanan Konsumen yang Cepat
Kunci sukses dalam menjalankan bisnis dropship adalah dengan memberikan pelayanan yang cepat dan prima kepada konsumen sehingga membuat mereka merasa puas. Namun, apabila Anda kesulitan dalam meng-handle keluhan dari para pelanggan, sebaiknya Anda menyewa Customer service.

5. Minimalkan Resiko Rugi Waktu
Kredibilitas Anda sebagai dropshipper akan meningkat dengan membuka toko online. Untuk itu, salah satu cara agar bisnis dropship Anda semakin sukses adalah dengan menulis deskripsi produk secara lengkap pada toko online Anda. Hal ini bertujuan agar waktu Anda tidak terbuang sia-sia hanya untuk merespons pertanyaan yang sama berulang kali. 

6. Tingkatkan Diri Menjadi Reseller
Banyak yang mengira jika reseller dengan dropshipper adalah sama. Walaupun keduanya serupa, namun peran reseller lebih besar dibanding dengan dropshipper. Reseller mempunyai stok barang di gudang dan juga punya kendali secara penuh terhadap quality control. Lain halnya dengan dropshipper yang tidak memiliki stok barang di gudang ataupun quality control.

7. Sampaikan Hak Anda Sebagai Dropshipper
Dalam bisnis dropship, dropshipper mempunyai hak yang musti dipenuhi oleh supplier. Hak tersebut meliputi, hak meminta personal garansi serta mencantumkan nama brand Anda. seorang supplier profesional akan paham akan hak yang musti dipenuhi kepada dropshipper.

8. Temukan Supplier yang Tepat
Dalam menjalankan bisnis dropship agar sukses, sebaiknya anda memilih supplier yang mempunyai nama, reputasi baik serta terpercaya. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal yang tak diinginkan, misalnya produk cacat atau tidak sesuai dengan pesanan. Bisa-bisa nama Anda jadi taruhannya ketika barang pesanan tidak sesuai.

9. Mencari Supplier yang Tepat dengan Menjadi User
Yang dimaksud dengan user disini adalah pembeli. Anda dapat melakukan tes untuk mendapatkan supplier yang tepat dengan menjadi user. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah supplier tersebut layak dijadikan partner. Selain itu, dengan melakukan tes ini, Anda dapat tahu kualitas produk sebelum masuk ke bisnis dropship.

10. Hindari Mental Mudah Pasrah
Dalam bisnis dropship, seorang dropshipper diharuskan untuk mempunyai sebuah target pencapaian. Namun, sayangnya beberapa dropshipper memiliki mental mudah pasrah.

Mereka berpikir, apabila barang terjual, mereka akan bersyukur, namun apabila tidak terjual, mereka akan pasrah menerima nasib. Padahal mental mudah pasrah ini membuat mereka susah berkembang. Oleh sebab itu, untuk sukses menjalankan bisnis dropship, hindari mental mudah pasrah.

Nah, itulah beberapa trik menjalankan bisnis dropship agar sukses yang dapat Anda jadikan referensi. Semoga ulasan ini bermanfaat!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Bisnis Online Updated at: 9:30:00 AM
Tags :

Related : 10 Cara Sukses Menjalankan Bisnis Dropship untuk Pemula

0 komentar:

Post a Comment