Tips Sukses Menjalankan Bisnis Makanan Ringan

Usaha makanan ringan merupakan salah satu bisnis di bidang kuliner yang bisa dimulai dengan modal yang relatif rendah. Walau begitu, prospek usaha dibidang ini tak bisa dipandang sebelah mata. Bisnis ini memiliki peluang pasar yang menjanjikan mengingat masyarakat Indonesia, mayoritas gemar nyemil, mulai dari anak-anak hingga orangtua. Nah, jika Anda ingin mencoba gurihnya bisnis makanan ringan, sebaiknya simak dulu beberapa tips bisnis makanan ringan yang telah kami rangkum berikut ini. Silahkan disimak.

Tips Sukses Menggeluti Bisnis Makanan Ringan 



1. Jangan Malas untuk Belajar
Belajar bagi pebisnis pemula adalah hal yang penting dan wajib dilakukan. Anda bisa mendapatkan berbagai informasi melalui beragam cara. Mulai dari browsing di internet hingga bertanya langsung pada penjual makanan ringan setempat yang lebih berpengalaman. Dan akan lebih baik, jika mencari ilmu pada mereka yang telah terbukti sukses. Bertanya langsung pada penjual makanan ringan dapat menjadi salah satu jalan bagi Anda dalam memperluas jaringan bisnis yang digeluti serta memperdalam pengetahuan mengenai seluk-beluk usaha makanan ringan. Dengan banyak belajar, Anda juga mendapatkan pengetahuan mengenai produk yang laris manis di pasaran, tips dalam menentukan laba, serta masalah-masalah lain yang kerap dialami pengusaha dibidang ini.

2.  Lakukan Riset Sebelum Menentukan Jenis Makanan Ringan yang akan Anda Jual
Terdapat beberapa jenis makanan ringan yang dapat Anda jual. Beberapa diantaranya yaitu kripik, permen, kue basah dan lainnya. Dalam memilih jenis makanan ringan yang akan Anda pasarkan, ada baiknya Anda melihat peluang pasar yang ada.  Misalnya, jika di sekitar tempat Anda berjualan jarang ditemui penjual kue basah, maka peluang outlet Anda ramai tentu semakin besar, begitu pula sebaliknya, jika di sekitar tempat Anda banyak penjual kue basah dan Anda memutuskan untuk berjualan kue basah, maka peluang outlet Anda ramai semakin kecil, karena persaingan tinggi. Sangat penting, untuk melakukan riset kecil-kecilan terlebih dulu, sebelum menentukan jenis makanan yang akan dijual.

3. Pemilihan Lokasi Outlet yang Strategis
Salah satu kunci agar bisnis Anda berjalan lancar yaitu memilih lokasi outlet yang bagus. Strategi yang tepat yaitu untuk memilih tempat yang banyak dilalui orang. Anda dapat memilih outlet yang berlokasi di pasar atau pinggir jalan raya. Pastikan pula lokasi otlet dapat dilihat atau ditemukan dengan mudah. Jika bisnis Anda merupakan bisnis skala rumahan, Anda dapat menitipkan makanan ringan Anda di outlet-outlet makanan yang ramai, atau pada penjual makanan ringan disekitar Anda. Serta akan lebih bagus jika Anda juga ikut menjual langsung dagangan Anda. Dengan begitu dagangan Anda akan cepat habis.

4. Promosi
Agar produk Anda dikenal luas oleh masyarakat, Anda memerlukan strategi pemasaran yang jitu. Di jaman yang serba canggih dan modern ini, Anda dapat mengguanakan media sosial seperti whatsapp, bbm dan sebagainya sebagai sarana promosi. Jualah pada orang-orang terdekat terlebih dahulu dengan begitu promosi akan menyebar dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu.
Jika promosi online dirasa tidak cukup, Anda dapat melakukan promosi lainnya. Diantaranya yaitu dengan menyebarkan brosur atau membuat banner agar produk Anda lebih cepat dikenal.

5. Jualan Online

Berjualan online makanan ringan secara online? Kenapa tidak. Dengan berjualan online, calon pembeli tidak hanya terbatas pada masyarakat sekitar saja, melainkan dari berbagai penjuru daerah.
Kelemahan dari penjualan online yaitu hanya dapat dilakukan untuk makanan ringan yang tahan lama saja serta proses packaging pengirimannya yang harus sesuai. Pastikan Anda mengemas produk dengan aman dan rapi dengan membungkusnya menggunakan bubblewrap dan kardus agar kualitasnya tetap terjaga.

6. Berteman Dengan Pengusaha Lainnya
Berteman dengan pengusaha di bidang yang sama akan membuat Anda kaya akan pengetahuan. Anda dapat belajar dari cerita dan usaha pengusaha lainnya agar terhindar dari masalah yang ada. Hal ini juga menjadi sarana yang bagus jika Anda ingin melakukan kerja sama untuk meningkatkan bisnis Anda.

7. Usaha dan Pantang Menyerah
Sebagai wirausaha, Anda harus pantang menyerah dan selalu berusaha serta berdoa demi kelancaran bisnis yang digeluti. Jika menemui masalah, Ada dapat bercerita pada rekan wirausaha lainnya untuk mendapatkan solisi yang tepat.

Bagaimana, beberapa tips bisnis makanan ringan yang kami bagi diatas, tidak terlalu sulit bukan untuk diterapkan?
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Bisnis Online Updated at: 2:57:00 PM
Tags :

Related : Tips Sukses Menjalankan Bisnis Makanan Ringan

0 komentar:

Post a Comment