Tips Bisnis Loundry yang Tepat untuk Mempercepat Kesuksesan

Memulai bisnis loundry dapat menjadi salah satu sumber penghasilan yang menjanjikan. Meskipun sudah banyak usaha loundri rumahan, Anda masih berkesempatan untuk sukses di bisnis ini, karena pangsa pasarnya yang luas. Tentunya, sebelum memulai, ada beberapa hal yang penting untuk di perhatikan, diantaranya yaitu pengetahuan mengenai proses mencuci dan bahan pakaian serta strategi pemasaran yang tepat.


Jika Anda akan memulai bisnis loundri rumahan, baiknya Anda mengetahui beberapa tips jitu yang dapat mempercepat kesuksesan dan meminimalisir kegagalan usaha.  Nah, berikut telah kami rangkum beberapa tips bisnis loundri yang dapat Anda coba.

Siapkan Modal yang Cukup
Untuk memulai bisnis loundri mulai dari nol, modal yang diperlukan memang relatif tinggi. Anda perlu membeli mesin cuci, setrika, deterjen dan perlengkapi lainnya. Untuk memulai usaha dalam skala rumahan modal yang dibutuhkan berkisar antara 5-10 juta rupiah. Terdapat dua acara untuk mencari modal. Cara pertama yaitu dengan meminjam modal dari bank dan cara kedua yaitu dengan mengajak kerja sama dengan pihak lain. Saran kami, sebaiknya ajak kerja sama teman dekat atau anggota keluarga sendiri.

Pengetahuan yang Luas tentang Bahan Pakian dan Cara Mencucinya
Tidak semua jenis pakian dapat dicuci dengan cara yang sama. Beberapa bahan pakaian tertentu membutuhkan perawatan ekstra dan berbeda. Misalnya untuk mencuci pakian berbahan sutra yang tidak boleh menggunakan mesin cuci atau bahan lainnya yang membutuhkan perawatan khusus.
Tidak hanya itu, Anda juga perlu memisahkan pakaian berwarna dengan pakaian putih agar kualitas pakaian tetap terjaga dan bebas luntur. Begitu pula pengetahuan mengenai jenis noda pada pakaian serta cara menghilangkannya. Dengan pengetahuan yang baik mengenai bahan-bahan pakaian serta proses pencuciannya, hasil loundri tentu akan berkualitas dan memuaskan pelanggan. Dengan begitu tak butuh waktu lama untuk mendapatkan banyak pelanggan setia.

Perlengkapan Loundri
Dalam memulai bisnis loundri, perlengkapan yang dibutuhkan harus lengkap agar proses mencuci dapat dilakukan secara efektif. Anda perlu membeli mesin cuci dan paham cara menggunakannya. Pastikan Anda mengerti setiap fungsi dari tombol mesin cuci agar proses pencucian berjalan lancar.
Selain mesin cuci, Anda juga perlu membeli setrika, mesin pengering (atau bisa menggunakan jemuran manual) sabun cuci, pewangi, plastik pembungkus, timbangan dan nota. Dengan perlengkapan yang memadai, Anda dapat menjalankan bisnis dengan nyaman dan cepat.

Memilih Lokasi Bisnis yang Tepat dan Strategis
Bisnis loundri Anda akan berjalan mulus ketika lokasi pemasaran terbilang strategis. Anda dapat memilih lokasi-lokasi ramai yang memungkinkan untuk membutuhkan jasa loundri Anda. Lokasi yang dapat Anda jadikan tempat berbisnis yaitu area dekat kos-kosan, kontrakan, perkampungan maupun wilayah perumahan.

Kenali Target Pelanggan dan Berikan Harga yang Sesuai
Harga loundri di area kos-kosan atau perkampungan tentu akan berbeda dengan loundri yang berada di area perumahan elit. Anda harus pandai mengenali target pelanggan. Pasang harga yang sesuai dengan kualitas yang Anda berikan pula. Misalnya, di area perkampungan atau kos-kosan, jangan memberikan harga terlalu tinggi agar bisnis loundri Anda tetap diminati pelanggan. Sedangkan jika Anda membuka jasa loundri di waliyah perumahan elit, tentu harga yang Anda berikan bisa lebih tinggi, dan diimbangi dengan kualitas loundri yang diberikan. Cara untuk menentukan harga yang pas yaitu, dengan melakukan riset sederhana untuk mengetahui harga umum jasa loundri. Anda dapat mendatangi beberapa kompetitor untuk menanyakan harga yang diberikan, setelah itu Anda dapat memasang harga yang sekiranya tidak terlalu jauh berbeda dengan kompetitor yang ada.

Beri Pelayanan Ekstra
Sebagai pemilik bisnis, Anda harus memberikan pelayanan yang baik dan ramah. Jika Anda merekrut pegawai, pastikan pula pegawai tersebut ramah pada pelanggan dan memiliki skill di bidang loundri. Anda juga dapat memberikan pelayanan ekstra untuk pembeli. Pelayanan ekstra yang dimaksud dapat berupa, pelanggan diberikan kesempatan untuk memilih pewangi pakaian sesuai selera serta memberikan jasa antar-jemput pakaian. Pelayana ekstra yang Anda berikan, harus Anda pikirkan matang-matang pula biayanya agar tidak merugi.

Itulah beberapa tips bisnis loundri yang sebaiknya anda perhatikan dan terapkan. Untuk masalah pemasaran usaha, sebaiknya memasang banner yang besar di depan rumah, agar warga sekitar tahu, jika anda membuka usaha loundri. Tak ada salahnya juga menyebar brosur atau mengiklankan di media sosial agar makin cepat usaha anda dikenal.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Bisnis Online Updated at: 8:54:00 PM
Tags :

Related : Tips Bisnis Loundry yang Tepat untuk Mempercepat Kesuksesan

0 komentar:

Post a Comment