Tips Agar Toko Online Bisa Bersaing dengan Kompetitor

Meskipun bisnis online bisa menjangkau wilayah pemasaran yang lebih luas, namun bisnis online ini juga memiliki kelemahan tersendiri. Berkumpulnya semua pebisnis online di satu tempat yaitu dunia digital menjadikan semua pihak yang berbisnis di dalam sebuah bidang yang sama harus bersaing satu sama lain untuk memperebutkan kostumer. 

Nah, jika Anda ingn bertahan dalam dunia bisnis online ini, maka Anda harus menerapkan tips jitu agar toko online bisa bersaing dengan kompetitor. Bagaimana caranya?

Tips Agar Toko Online Bisa Bersaing dengan Kompetitor

Jual Produk yang Memiliki Keunggulan
Jika Anda menjual produk yang banyak dijual oleh kompetitor misalnya produk fashion, maka Anda harus menjual produk yang memiliki nilai keunggulan tersendiri dibandingkan yang dijual oleh pesaing Anda. 

Misalnya saja Anda bisa menjual produk fashion yang berbahan bagus, kualitas bagus, harga lebih murah, dan sebagainya. Namun jangan sampai poin harga lebih murah ini justru membuat bisnis Anda gulung tikar. Pastikan Anda tetap memperhatikan jumlah modal yang telah dikeluarkan secara rinci, dan memikirkan berapa nominal laba yang ditargetkan.

Jika produk Anda belum bisa memiliki keunggulan dibandingkan dengan kompetitor, maka Anda bisa melakukan evaluasi. Misalnya dengan mengunggulkan sisi deskripsi produk ataupun jaminan pengiriman. Maksudnya begini, misal Anda menjual produk yang mudah pecah, tentunya kostumer pasti akan mempertimbangkan proses pengiriman yang disediakan oleh penjual di toko online tersebut bukan? Kostumer akan lebih memilih toko online yang mengirimkan produk tersebut dengan packaging yang aman (misalnya dengan ditambah bubble-wrap dan sebagainya) meskipun barang yang dijual sama harganya dengan kompetitor.  

Layanan Maksimal Kepada Kostumer
Konsumen adalah raja sangat cocok dengan kondisi jual beli online. Karena banyaknya kompetitor, maka toko online yang mengabaikan kostumernya akan dengan mudah ditinggalkan dan kostumer lebih memilih berbelanja di toko lain. 

Karena toko online dijalankan atas dasar kepercayaan antara kostumer kepada penjual, maka sudah selayaknya kostumer mendapatkan informasi mendetail mengenai produk yang akan mereka beli. Dan memberikan penjelasan tersebut adalah tugas dasar dari penjual. 

Pastikan Anda memperhatikan beberapa keinginan kostumer, misalnya saja dengan mempermudah cara pembayaran, mempercepat proses pengiriman, dan memberikan garansi jika kostumer kecewa dengan produk tersebut. Saat ini banyak kostumer yang lebih memilih toko online dengan kualitas pelayanan yang baik. Karena mereka rata-rata menganggap barang yang dijual berkualitas sama, namun pelayanan yang baik adalah poin plus. 

Karena pentingnya pelayanan maksimal kepada konsumen, maka banyak sekali toko online yang memiliki karyawan yang bertugas sebagai costumer service dan siap menjawab segala pertanyaan kostumer. 

Bangun Image Toko Online yang Terpercaya
Tips agar toko online bisa bersaing dengan kompetitor yang terakhir adalah dengan membangun image sebagai toko online terpercaya. Kenyataan maraknya penipuan yang mengatasnamakan toko online di internet memang menjadi faktor yang turut mempengaruhi kondisi jual beli di internet. Karena kostumer bisa ragu untuk membeli barang secara online dengan maraknya kasus penipuan ini. 

Namun jika toko Anda sudah melekat kuat di mindset kostumer sebagai toko online yang terpercaya, maka banyaknya kasus penipuan tidak akan mempengaruhi penjualan di toko Anda. Karena Anda telah mendapatkan kepercayaan penuh dari kostumer. Namun untuk bisa mendapatkan kepercayaan penuh ini dibutuhkan usaha dan waktu. 

Poin pertama yang harus Anda terapkan adalah kejujuran. Pastikan Anda menjual produk sesuai dengan deskripsi yang tertera pada gambar. Jangan sampai Anda menjual produk dengan kualitas bagus di website, namun kemudian Anda mengirimkan barang dengan kualitas standar kepada kostumer hanya karena ingin mendapatkan keuntungan besar. Sekali saja kostumer merasa kecewa, maka mereka bisa memberikan testimoni negatif yang bisa mempengaruhi banyak calon kostumer lainnya. 

Poin kedua adalah dengan selalu menginformasikan proses pengiriman barang, misalnya dengan menginfokan nomor resi dan jaminan barang cepat sampai. Langkah ini wajib Anda lakukan karena banyak sekali penipuan berkedok toko online yang saat sudah menerima transfer uang dari kostumer, mereka langsung memutuskan komunikasi. Jadi jika Anda tidak ingin dianggap sebagai toko online penipu, maka Anda wajib memperhatikan proses pengiriman barang. 

Itulah  tips agar toko online bisa bersaing dengan kompetitor. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Bisnis Online Updated at: 6:47:00 AM
Tags :

Related : Tips Agar Toko Online Bisa Bersaing dengan Kompetitor

0 komentar:

Post a Comment