Kelebihan dan Kekurangan Menjalankan Bisnis Secara Online

Bisnis online kini semakin digandrungi oleh masyarakat. Selain karena mudah dan tidak membutuhkan banyak modal, bisnis online juga menjanjikan keuntungan yang besar. Bisnis online terus tumbuh dan berkembang di Indonesia, bahkan siapapun saat ini bisa membuka bisnis online. Namun, Anda juga perlu tahu bahwa di balik segala keunggulannya, tetap saja bisnis online memiliki kekurangan yang mengharuskan kita berpikir secara matang sebelum terjun didalamnya. Kira-kira apa saja kelebihan dan kekurangan menjalankan bisnis online? Beikut telah kami rangkum ulasannya. Silahkan disimak.

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Menjalankan Bisnis Secara Online

Kelebihan Bisnis Online

1. Bisa Dikerjakan oleh Siapapun
Siapapun bisa melakukan bisnis online ini asalkan mereka mau belajar dan mau beradaptasi dengan teknologi yang ada. Oleh karena itulah banyak orang dari berbagai kalangan mulai dari ibu rumah tangga, mahasiswa, pelajar, karyawan, ataupun wirausahawan yang melakukan bisnis ini.

2. Bisa Dikerjakan Dari Mana Saja
Salah satu yang memicu pesatnya kemajuan/perkembangan bisnis online adalah karena bisa dikerjakan darimana saja dan kapan saja. Jadi pelaku usaha ini, tak perlu menyewa tempat atau ruko untuk memulainya. Cukup dari rumah atau bahkan dari kamar Anda, dengan hanya berbekal gadged dan koneksi internet. Anda bahkan bisa memasarkan produk darimana saja melalui berbagai media seperti website, market place, atau media sosial tanpa ada batasan waktu.

3. Jangkauan Pemasaran Luas
Bisa dibilang jika Anda membuka bisnis online, maka jangkauan pemasaran Anda adalah seluruh Indonesia, bahkan tak menutup kemungkinan seluruh dunia. Tidak ada batasan wilayah pemasaran selama daerah tersebut sudah terjangkau akses internet. Tentunya sangat menarik bukan? Coba bandingkan dengan usaha yang dikerjakan secara offline. Untuk bisa menjangkau seluas itu, berapa besar dana pemasaran yang dibutuhkan?

4. Modal Relatif Kecil
Salah satu factor yang menekan jumlah modal saat berbisnis online adalah tidak diperlukannya kantor, ruko, atau toko fisik dimana Anda harus berjualan. Karena tidak ada biaya untuk menyewa atau membangun tempat tersebut, Anda bisa memangkas modal sebanyak mungkin. Salah satu modal yang Anda keluarkan adalah biaya produksi jika Anda menjual produk sendiri atau modal untuk menyetok barang dari supplier jika Anda menjadi reseller.

Jika Anda tak memiliki modal untuk produksi barang atau menyetok dari supplier pun Anda masih bisa melalukan bisnis online dengan menjadi dropshipper. Anda tinggal menjualkan barang milik orang lain (supplier) tanpa membelinya lebih dahulu. Baru kemudian jika ada pesanan, Anda bisa mengontak supplier untuk mengirimkannya langsung kepada pembeli.

5. Proses Transaksi Cepat
Proses transaksi dalam bisnis online ini sangat cepat dan mudah. Jika Anda menjual produk melalui website toko pribadi ataupun melalui media sosial, maka dana yang ditransferkan oleh kostumer akan langsung masuk ke rekening Anda dalam hitungan detik. Jika Anda menggunakan market place, dana tersebut masih harus singgah dulu ke rekening bersama milik market place tersebut dan baru setelah barang sampai di tangan kostumer, Anda akan menerima uangnya. Meskipun begitu, proses ini juga relatif cepat dan mudah. Semua proses transaksi bisa dilakukan secara online tanpa harus meninggalkan rumah jika Anda memiliki e-banking.

6. Banyak Variasi Bisnis
Jika Anda terjun ke dalam bisnis online, ada banyak sekali pilihan sektor bisnis yang bisa Anda ambil sesuai keahlian dan kemampuan. Misalnya saja Anda bisa menjual barang, menjual jasa, membuka blog informasi, dan sebagainya.

Kekurangan Bisnis Online

1. Butuh Pengetahuan dan Keterampilan
Meskipun bisa dilakukan oleh semua kalangan, namun bisnis online tetap memerlukan pengetahuan dan keterampilan. Anda dituntut untuk memiliki pengetahuan mendalam tentang produk yang Anda jual. Anda juga dituntut untuk memiliki keahlian pemasaran dan strategi bersaing dengan banyak pebisnis online lainnya.

2. Persaingan Cukup Ketat
Tidak adanya batasan waktu dan wilayah pemasaran, menjadikan persaingan usaha bisnis online sangat ketat, tidak hanya dari sesama pengusaha nasional namun juga global. Seperti yang kita tahu, ada banyak sekali pebisnis online yang bergerak dalam bidang yang sejenis atau sama di berbaga lokasi. Dan Anda diwajibkan untuk bisa bersaing dengan pebisnis tersebut, agar bisa bertahan dan mendapatkan banyak konsumen.

3. Maraknya Penipuan
Penipuan masih menjadi kendala yang seringkali merugikan pebisnis online. Banyak sekali model penipuan di bidang ini. Jadi memang harus benar-benar waspada dan selalu update informasi terkait hal-hal yang berhubungan dengan bisnis online.

Itulah kelebihan dan kekurangan menjalankan bisnis secara online yang wajib Anda pahami. Nah, masih tertarik menggeluti bisnis ini?
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Bisnis Online Updated at: 1:21:00 PM
Tags :

Related : Kelebihan dan Kekurangan Menjalankan Bisnis Secara Online

0 komentar:

Post a Comment