Apa Itu Evenemen Dalam Asuransi

Peristiwa tidak pasti merupakan suatu peristiwa yang menurut pengalaman manusia normaliter tidak dapat diharapkan akan terjadinya. Di samping itu peristiwa tersebut secara subjektif sama sekali tidak dapat dipastikan apakah terjadi atau tidak. Oleh karena itu harus diperjanjikan dengan jelas dalam polis. 

Evenemen adalah istilah yang diadopsi dari bahasa Belanda Evenement, yang artinya peristiwa tidak pasti,bahasa Inggrisnya fortuitous event. Evenemen atau peristiwa tidak pasti adalah peristiwa terhadap mana asuransi diadakan, tidak dapat dipastikan terjadi dan tidak diharapkan akan terjadi. Dalam hukum asuransi, evenemen yang menjadi beban penanggung merupakan peristiwa penyebab timbulnya kerugian atau kematian atau cacat badan atas objek asuransi. 

Selama belum terjadi peristiwa penyebab timbulnya kerugian, selama itu pula bahaya yang mengancam objek asuransi disebut risiko. Risiko yang menjadi beban ancama penanggung berubah menjadi kerugian yang wajib diganti oleh penanggung. Ciri-ciri evenemen sebagai berikut:

  • Peristiwa yang terjadi itu menimbulkan kerugian;
  • Terjadinya itu tidak diketahui, tidak dapat diprediksi lebih dahulu;
  • Berasal dari faktor ekonomi, alam, dan manusia;
  • Kerugian terhadap diri, kekayaan, dan tanggung jawab seseorang.

Evenemen dalam perjanjian asuransi kendaraan bermotor adalah semua peristiwa yang dapat menimbulkan kerusakan, kehilangan/musnahnya barang yang disebabkan oleh peristiwa yang tidak pasti terjadinya seperti tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir dari jalan termasuk juga dari kesalahan material, kontruksi, cacat sendiri, perbuatan jahat orang lain, pencurian termasuk pencurian yang didahului atau disertai dengan kekerasan atau ancaman, kebakaran atau sebab sebab lainnya dari kendaraan bermotor tersebut.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Bisnis Online Updated at: 11:02:00 AM
Tags :

Related : Apa Itu Evenemen Dalam Asuransi

0 komentar:

Post a Comment