Pentingnya Memilih Asuransi Kendaraan Terbaik

Banyak orang yang beranggapan jika asuransi kendaraan itu tidak terlalu penting untuk dimiliki. Namun, tahukan anda jika resiko bisa saja terjadi kapan saja dan dimana saja, tak terkecuali bagi kendaraan pribadi yang anda miliki. Mungkin sebagian dari anda menganggap jika resiko kecelakaan di jalan raya dapat anda hindari dengan selalu berhati-hati dan selalu waspada dengan kondisi disekitar, namun apalah daya kita sudah sangat berhati-hati namun orang lainlah yang judstru melakukan tindakan yang dapat merugikan orang lain yang berada disekelilingnya. Sebagai antisipasi anda dapat memilih melakukan pengansurasian kendaraan pribadi yang anda miliki dengan cara membeli premi asuransi kendaraan sesuai dengan jangka atau kebutuhan anda.

Mengapa Kita Butuh Asuransi Kendaraan?

Pentingnya Memilih Asuransi Kendaraan Terbaik

Pengertian Asuransi Kendaraan
Asuransi kendaraan adalah salah satu jenis asuransi yang mengkhususkan sebagai jenis asuransi untuk kendaraan, dimana asuransi ini akan menanggung setiap resiko yang bisa saja terjadi pada jenis kendaraan anda yang akan dialihkan kepada perusahaan penanggung resiko. Saat ini sudah ada banyak sekali perusahaan yang memberikan tawaran asuransi kendaraan dengan berbagai keunggulan programnnya. Namun, sebagai pihak tertanggung atau sebagai penikmat jasa asuransi, anda harus selalu berhati-hati dalam pemilihan jenis asuransi kendaraan, pihak perusahaan asuransi, jasa (service) yang akan ditawarkan, dan juga beban atau biaya premi yang harus anda bayarkan sesuai dengan polis ketentuan.

Disini peran pihak asuransi kendaraan sangat besar dalam menanggung semua kerugian atas resiko kendaraan anda. Membeli polis asuransi terbaik menjadi satu alternatif sekaligus solusi terbaik untuk menghadapi setiap resiko yang terjadi setiap saat. Berbagai resiko memang dapat terjadi tanpa anda rencanakan dan harapkan, tak tahu juga kapan terjadinya dan dimana kejadiannya. Dari hal ini tentu pembelian polis asuransi kendaraan sangat penting anda lakukan untuk meminimalisir kerugian financial yang harus anda tanggung secara penuh misalnya saja terjadi kecelakaan di jalan raya, kehilangan mobil atau motor, adanya kerusakan pada kendaraan, dan resiko lainnya.

Manfaat Asuransi Kendaraan
Perlindungan yang diberikan oleh pihak perusahaan asuransi sedikit banyaknya akan lebih membantu anda dalam menghadapi setiap resiko yang mungkin saja bisa terjadi setiap saat. Dari berbagai resiko tersebut peran pihak asuransi sangat memberikan kemudahan sekaligus manfaat yang sangat besar bagi anda pembeli jasa asuransi kendaraan. Di sini anda akan lebih tenang dalam menghadapi hari-hari anda bersama kendaraan pribadi, misalnya saja jika sewaktu-waktu terjadi resiko yang tak kita harapkan maka maka penyedian perlindungan dari pihak asuransi akan mengurangi beban kerugian anda.

Asuransi kendaraan sendiri terbagi menjadi 2 jenis, dimana terdapat jaminan pertanggungan atas semua resiko dan juga jaminan pertanggungan atas kerugian total. Berikut 2 jenis asuransi kendaraan sekaligus penjelasan lengkapnya:

Terdapat 2 Jenis Asuransi Kendaraan Yaitu:

1.    Jaminan Pertanggungan All Risk
Jaminan pertanggungan all risk adalah sebuah jaminan dari pihak perusahaan asuransi yang meliputi penggantian atas kerugian akibat terjadinya kecelakaan di jalan raya baik kecelakaan bbesar ataupun kecelakaan kecil, kehilangan aksesoris kendaraan , perusakan kendaraan, dan juga hilangnya kendaraan. Pada jaminan pertanggungan all risk ini biasanya pihak perusahaan asuransi mereka akan bekerja sama dalam menyedikan bengkel khusus atau rekanan, pelayanan jasa derek dan juga lain-lain.

2.    Jaminan Pertanggungan Kerugian Total (TLO atau Total Loss Only)

Jaminan pertanggungan kerugian total atau yang biasa disebut dengan TLO ini adalah jaminan kerugian dari pihak perusahaan asuransi yang disebabkan adanya resiko kecelakaan dengan tingkat kerusakan sebesar 75% dari harga pertanggungan atau dari harga total kendaraan yang hilang. Jenis asuransi kendaraan ini memang tidak sepenuhnya menanggung kerugian atas terjadinya resiko pada kendaraan anda.
Dari ke 2 jenis asuransi kendaraan terbaik di atas, sebenarnya kebutuhan pengambilan polis asuransi dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang. Ada kalanya seseorang tidak mau menanggung semua resiko yang terjadi pada kendaraannya secara total, namun ada juga seseorang yang hanya meminda jaminan setengah lebih dari pihak asuransi yang dipercayainya. Namun, dari semua itu tentu peranan pihak asuransi sangat memberikan andil yang besar terhadap terjadinya suatu resiko yang mungkin bisa terjadi kapan saja dan dimana saja tanpa anda ketahui sebelumnya. Dari ini pengambilan asuransi juga sangat bermanfaat untuk anda dimana anda tidak akan sepenuhnya menanggung resiko total dari resiko yang terjadi karena ada pihak perusahaan asuransi yang akan menganggung atas terjadinya resiko tersebut.

Tips Memilih Asuransi kendaraan Terbaik
  1. Pilihlah perusahaan penyedia asuransi kendaraan yang memiliki reputasi baik dalam penyediaan perlindungan bagi para anggotanya.
  2. Pilih jenis asuransi kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan anda.
  3. Pilih polis yang anda harapkan dan sesuai dengan apa yang anda butuhkan.
  4. Pilih produk asuransi yang banyak memberikan keuntungan bagi anda pribadi.
  5. Sebelum mmelakukan perjanjian, cek seberapa besar klaim dan keluhan yang ditanggung oleh perusahaan penyedia asuransi kendaraan.
  6. Minta rekomendasi dari teman, keluarga, rekan ataupun orang terpercaya lainnya.
Semoga artikel tentang asuransi kendaraan terbaik ini dapat membantu anda dalam menjatuhkan pilihan yang tepat untuk mengamankan mobil atau motor anda dalam ber asuransi.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Bisnis Online Updated at: 7:50:00 PM

Related : Pentingnya Memilih Asuransi Kendaraan Terbaik

0 komentar:

Post a Comment