Mudahnya Syarat Klaim Asuransi dari Jiwasraya

Asuransi merupakan produk yang jasa yang belakangan ini populer karena ada banyak keuntungan yang bisa diberikannya. Perlindungan terhadap bahaya di masa depan merupakan hal utama yang dilakukan oleh produk tersebut. Dari tujuan dan keuntungannya ini sebuah asuransi tentunya memiliki cukup banyak manfaat, tapi meski begitu ada banyak orang yang enggan ketika berhubungan dengan asuransi. Mengapa? Salah satu hal yang menyebabkan hal ini terjadi adalah karena proses klaim dari asuransi ini sulit dilakukan. Proses klaim yang berbelit menyebabkan orang enggan dan sering kali merasa tertipu meski mendaftarakan diri mereka di jasa asuransi terkemuka seperti Jiwasraya. Padahal masalah yang menyebabkan klaim asuransi ini sulit dilakukan bukan karena asuransi ini menipu kliennya tapi karena klien yang tidak mengetahui bagaimana Prosedur dan syarat cara klaim asuransi Jiwasraya yang benar sehingga banyak orang merasa kesulitan.
Asuransi dari Jiwasraya

Masalah utama klaim asuransi Jiwasraya
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, klien yang menggunakan asuransi Jiwasraya banyak mengalami kendala ketika akan melakukan klaim karena belum mengerti bagaimana prosedur dan juga syarat yang benar dalam melakukan klaim. Masalah utamanya adalah asuransi Jiwasraya memiliki cukup banyak jenis produk untuk ditawarkan. Hal ini menyebabkan klaim menjadi lebih sulit. Banykanya produk artinya banyak cara klaim yang berbeda terutama jika dilihat dari dokumennya. Dokumen yang tidak lengkap inilah yang menjadi masalah ketika seorang klien akan melakukan klaim.

Masalah kedua yang sering menyebabkan proses klaim terasa berbelit-belit adalah karena adanya perbedaan pengertian mengenai polis yang dibeli oleh klien. Hal ini sebetulnya bisa dihindari dengan mengerti lebih jelas mengenai polis yang anda beli. Tanyakan setiap detail yang dimiliki oleh polis yang anda beli untuk mengurangi adanya ketidakpahaman dan juga kesalahan intepretasi.

Sesungguhnya, proses umum klaim dari asuransi bukan hal yang rumit. Prosesnya hanya dibagi menjadi 3 bagian yang sederhana. 3 bagian sederhana ini antara lain adalah melakukan pemberitahuan pelaksanaan klaim, melengkapi bukti dan juga dokumen klaim yang akan dibutuhkan dan yang terakhir adalah pembayaran klaim dari pihak asuransi. Jika prosedur ini diikuti dengan baik dan juga dokumen yang diberikan oleh pihak yang akan melakukan klaim lengkap, maka setiap klien bisa melakukan klaim dengan lebih mudah.

Dokumen-dokumen yang dibutuhkan pada saat melakukan klaim asuransi
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ketika anda mengikuti Prosedur dan syarat cara klaim asuransi Jiwasraya proses klaim untuk asuransi anda akan terasa lebih mudah. Untuk jenis dokumen dan juga persyaratan yang dibutuhkan untuk setiap asuransi berbeda-beda tergantung jenis asuransi yang digunakan.

Untuk melakukan klaim asuransi, beberapa dokuman yang umum yang harus dibawa oleh klien yang akan melakukan klaim antara lain adalah :
  • Formulir pengajuan klaim
  • Polis yang dimilikinya. Polis yang harus dibawa pada saat melakukan klaim asuransi adalah polis yang asli.
  • Kwitansi
Untuk melakukan klaim terhadap asuransi, anda juga harus melakukan pembayaran premi secara teratur. Ketika membayar premi SIMpanlah kwitansi pembayaran anda. Kwitansi atau bukti pembayaran terakhir yang dimiliki oleh asuransi anda ini merupakan dokumen penting yang harus dibawa pada saat melakukan klaim.
  • Identitas diri
Dokumen yang perlu anda bawa lainnya adalah dokumen yang berhubungan dengan identitas diri anda. Untuk beberapa jenis produk asuransi, anda bisa menggunakan jenis identitas diri berupa SIM atau KTP, akan tetapi untuk jenis klaim asuransi penebusan, anda disarankan hanya menggunakan kartu identitas berupa KTP anda.

Lain ladang lain belalang, lain asuransi lain juga dokumen dan persyaratan yang diperlukan. Salah satu jenis asuransi yang membutuhkan banyak dokumen ketika melakukan klaim adalah asuransi jiwa. Ketika seseorang yang menggunakan asuransi jiwa meninggal, ada cukup banyak dokumen yang perlu di siapkan ketika akan melakukan klaim. Jenis dokumen yang dimiliki oleh asuransi tersebut antara lain adalah :
  • Dokumen keterangan meninggal
Surat keterangan meninggal merupakan surat keterangan yang penting untuk melakukan klaim, surat ini bisa anda dapatkan dari pemerintahan.
  • Dokumen keterangan sebab meninggal
Dokumen pelengkap untuk melakukan klaim asuransi jiwa yang satu ini bisa didapat dari dokter yang bertanggung jawab pada pemeriksaan atau perawatan anggota keluarga yang sudah meninggal tersebut. Jika pihak yang melakukan asuransi meninggal karena mengalami kecelakaan, mereka harus membawa bukti tambahan dari kepolisian. Bukti tambahan ini berupa berita acara mengenai kecelakaan sebagai penyebab meninggalnya pihak yang memiliki asuransi.
  • Bukti ahli waris
Ketika seseorang yang memiliki asuransi meninggal, maka uang klaim asuransi akan dimiliki oleh ahli warisnya. Sebagai ahli waris, anda perlu membawa surat keterangan ahli waris atau penerima manfaat.

Jenis formulir yang dibutuhkan untuk melakukan pengajuan klaim
Salah satu dokumen penting yang dibutuhkan ketika akan melakukan klaim adalah melengkapi dokumen berupa formulir pengajuan klaim. Jenis formulir pengajuan klaim ini ada cukup banyak mulai dari formulir klaim yang berhubungan dengan asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi DPLK dan masih banyak lainnya.

Jenis-jenis formulir ini bisa anda lihat dan juga unduh di webite dari Jiwasraya dengan di link http://www.Jiwasraya.co.id/form-layanan. Di dalam masing-masing form ini anda bisa melihat jenis-jenis dokumen yang dibutuhkan untuk tiap asuransi dengan lebih mendetail.

Klaim ini sangat mudah dilakukan bukan? Jika ada kekurangan dokumen anda bisa mengirimkan dokumen tersebut dengan menggunakan email. jika dokumen yang dibutuhkan dalam Prosedur dan syarat cara klaim asuransi Jiwasraya bukan dokumen yang asli.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Bisnis Online Updated at: 9:37:00 AM

Related : Mudahnya Syarat Klaim Asuransi dari Jiwasraya

0 komentar:

Post a Comment