Langkah Memilih Asuransi Kesehatan Anak Terbaik

Ingin mengasuransikan anak, sebenarnya tidak perlu bingung, saat ini ada banyak sekali asuransi kesehatan yang memberikan layanan asuransi kesehatan anak.  Anda dapat menggunakan layanan atau program ini untuk memberikan perlindungan terhadap kesehatan anak Anda. Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana cara memilih asuransi kesehatan anak yang tepat ?

Sebenarnya tidak sulit untuk mencari asuransi kesehatan yang tepat untuk anak, Anda dapat mengikuti beberapa tips berikut ini :

Asuransi Kesehatan Anak

1. Perhatikan fungsi asuransi untuk anak
Sebelum Anda mencari dan menggunakan asuransi kesehatan anak, sebaiknya Anda mencari informasi yang baik, tentang apa itu asuransi kesehatan untuk anak, dan apa manfaat yang akan Anda terima ketika menggunakan asuransi tersebut.

Asuransi untuk anak ini adalah salah satu jenis proteksi terhadap kesehatan anak. Ketika anak Anda mengikuti program tersebut, maka Anda tidak perlu pusing ketika anak sakit bahkan harus masuk rumah sakit. Asuransi ini akan memberikan jaminan uang atau menyediakan uang, untuk mengganti biaya rumah sakit. Itu artinya Anda tidak perlu merasa bingung ketika anak Anda sedang sakit, dan membutuhkan biaya yang cukup besar.

2. Cari informasi tentang asuransi kesehatan untuk anak
Hal berikutnya yang harus Anda cari tahu adalah mencari informasi tentang asuransi kesehatan untuk anak tersebut. saat ini ada beberapa perusahaan asuransi yang menyediakan asuransi untuk anak. Anda dapat mencari tahu informasi ini dengan cara mendatangi langsung perusahaan asuransi tersebut, atau menggunakan media internet. Kumpulkan informasi-informasi tersebut, dan cari mana program yang dirasa paling pas untuk anak Anda tersebut.

Untuk mencari asuransi kesehatan anak, sebaiknya Anda memperhatikan riwayat kesehatan anak tersebut. Apakah anak Anda mempunyai penyakit tertentu, atau hanya sebagai proteksi jika terjadi sakit. Apabila anak Anda mempunyai penyakit tertentu, sebaiknya cari proteksi yang memberikan perlindungan lebih terhadap penyakit tersebut. Jika ini hanya sebagai proteksi biasa, Anda dapat menggunakan proteksi anak umum.

3. Pelajari fasilitas yang diberikan
Hal berikutnya yang harus Anda perhatikan berikutnya adalah, beragam fasilitas yang diberikan oleh penyedia layanan. Biasanya fasilitas yang diberikan oleh asuransi untuk anak ini adalah fasilitas rawat inap, rawat jalan, vaksinasi, dan fasilitas kesehatan lainnya, termasuk dokter umum atau bahkan dokter spesial.

Perhatikan dengan baik, beragam fasilitas yang diberikan tersebut. Apakah layanan yang diberikan ini sudah termasuk standar kebutuhan akan kesehatan anak Anda atau tidak. Jika sudah tentunya Anda dapat menggunakan program tersebut. Jika dirasa masih ada yang kurang, Anda dapat menggunakan fasilitas rider. Rider ini sendiri adalah fasilitas tambahan yang akan ditawarkan oleg agen, untuk program yang akan Anda pilih. Dengan menggunakan rider ini, maka premi yang harus dibayar, sedikit lebih besar dari biasanya. Sebaliknya, jika dirasa berlebih, sebaiknya Anda mengonsultasikan hal ini dengan pihak asuransi, untuk mencari jenis asuransi yang pas, dengan budget yang Anda miliki.

4. Pelajari cara klaim
Berikutnya adalah perhatikan cara klaim. Ada baiknya jika Anda menggunakan sistem cashless atau sistem kartu. Menggunakan sistem ini, artinya Anda tidak perlu mengeluarkan uang cash, hanya menunjukkan kartu asuransi, maka pihak rumah sakit akan langsung mengklaim pada perusahaan asuransi.

Cara lainnya adalah menggunakan sistem reimbursment atau sistem klaim. Apabila Anda menggunakan cara ini, artinya Anda akan mengeluarkan sejumlah uang, kemudian melakukan klaim ke pihak asuransi. Menggunakan teknik ini tentunya sedikit merepotkan untuk Anda.  

5. Pelajari cara pembayaran
Berikutnya adalah mempelajari bagaimana cara membayar premi, yang harus Anda bayarkan setiap bulannya, apakah menggunakan kartu kredit, menggunakan debet, atau cara lainnya. Anda juga perlu memperhatikan apakah ada batasan jatuh tempo asuransi, dan juga apakah ada denda jika pembayaran premi terlambat. Memperhatikan hal-hal ini pastinya membantu kelancaran administrasi dan juga memberikan kemudahan dalam melakukan klaim.

6. Cari asuransi yang aman di kantong
Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah mencari asuransi yang aman di kantong. Sebelum Anda memilih asuransi. Sebaiknya cek dahulu berapa total keuangan yang ada. Kemudian perhatikan juga total kebutuhan Anda. Gunakan maksimal 10 % dari total uang yang Anda miliki setiap bulannya. Dengan demikian, Anda tidak akan merasa keberatan dengan biaya premi tersebut.

Pilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan, dan juga budget yang Anda miliki. Apabila, Anda hanya sanggup untuk menggunakan fasilitas kelas 2, maka gunakan fasilitas tersebut. Namun ketika Anda menggunakan fasilitas kelas 1, maka pihak asuransi hanya meng-cover biaya untuk kelas 2, sedangkan sisanya Anda yang membayarnya.

Dengan menggunakan layanan asuransi kesehatan anak ini, Anda tidak perlu khawatir akan kesehatan anak. Jika tiba-tiba anak Anda sakit keras, Anda hanya perlu membawanya ke rumah sakit, dan menunjukkan kartu asuransi, maka semua administrasi selesai.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Bisnis Online Updated at: 5:09:00 PM

Related : Langkah Memilih Asuransi Kesehatan Anak Terbaik

0 komentar:

Post a Comment