Jenis Asuransi Mobil yang Dapat Anda Pilih

Jenis asuransi mobil merupakan tipe paket dan pilihan apa saja yang dapat Anda peroleh untuk menjamin barang berharga Anda berupa mobil pada perusahaan asuransi. Perusahaan asuransi kini sudah bukan hanya menyediakan asuransi jiwa dan rumah saja. Kini, Anda dapat mendapatkan jaminan untuk barang berharga berupa mobil yang akan sangat menguntungkan untuk menjamin keamanan mobil Anda.

Jenis Asuransi Mobil yang Dapat Anda Pilih

Hanya saja, terdapat beberapa jenis paket asuransi mobil yang dapat Anda pilih untuk mendapatkan jenis asuransi dan paket asuransi yang paling cocok untuk mobil Anda. Bagi Anda yang membutuhkan referensi, berikut ini merupakan beberapa jenis asuransi mobil yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Comprehensive/ All Risk
Jenis yang pertama adalah jenis asuransi comprehensive atau yang biasa dikenal dengan istilah asuransi all risk. Asuransi ini merupakan jenis jaminan untuk mobil Anda dimana Anda akan mendapatkan penggantian berupa perbaikan secara total apabila mobil Anda mengalami kerusakan setidaknya 75% dari total kendaraan Anda. Dalam jenis asuransi ini, penggantian yang dilakukan bukan merupakan penggantian berupa barang baru, namun hanya berupa penggantian berupa perbaikan ketika mobil Anda mengalami kerusakan yang parah, yaitu pada tingkat 75%  atau lebih dari total mobil yang Anda miliki. Jenis asuransi ini juga banyak dipilih oleh para pengguna karena dirasa cukup menguntungkan.

Secara lebih rinci, Anda dapat mengartikan bahwa jenis asuransi all risk akan diberikan ketika mobil Anda mengalami kecelakaan parah sehingga mengalami kerusakan yang berat dan membutuhkan perbaikan. Pada kasus ini, Anda hanya perlu untuk melakukan klaim asuransi kepada perusahaan asuransi yang Anda pilih dengan menyertakan seluruh bukti dan dokumen yang diperlukan. Setelah itu, Anda akan mendapatkan update terbaru mengenai status klaim yang Anda ajukan. Bila telah disetujui, maka Anda akan mendapatkan penggantian dari pihak asuransi senilai biaya perbaikan yang Ana perlukan untuk memperbaiki mobil milik Anda yang mengalami kerusakan.

TLO (Total Loss Only)
Jenis asuransi lain untuk mobil Anda ialah jenis asuransi Total Loss Only atau biasa dikenal dengan istilah asuransi TLO. Jenis asuransi ini merupakan penggantian yang akan diberikan pada Anda ketika Anda mengalami kehilangan kendaraan secara total. Bila hanya kerusakan pada kendaraan, maka Anda tak akan mendapatkan penggantian dari pihak asuransi. Namun, apabila kendaraan Anda hilang, maka Anda akan mendapatkan penggantian berupa kendaraan baru untuk Anda. Tentu saja jenis ini sangat berbeda dari jenis all risk dimana Anda dapat melakukan klaim asuransi bila mobil Anda mengalami kerusakan minimal sebesar 75% dari kendaraan tersebut. Banyak orang yang mengalami dilema ketika akan memilih antara TLO dan juga All Risk saat menentukan jenis asuransi mana yang paling pas untuk mobil yang dimilikinya.

Mengenai prosedur klaim untuk jenis asuransi TO, sebenarnya tak memiliki perbedaan yang jauh dengan jenis asuransi comprehensive atau all risk. Anda hanya perlu untuk melengkapi dokumen klaim yang diperlukan yaitu dokumen laporan polisi dan juga beberapa jenis dokumen lain kepada pihak asuransi untuk kemudian Anda menunggu update dan informasi terbaru dari pihak asuransi mengenai status klaim yang akan Anda ajukan kepada pihak asuransi. Setelah proses klaim ditentukan dan Anda dinyatakan dapat memperoleh klaim asuransi, maka Anda akan mendapatkan penggantian berupa mobil baru dari pihak perusahaan asuransi.

Third Party Liability (TPL)
Jenis asuransi untuk mobil anda dengan jenis yang lain ialah asuransi Third Party Liability (TPL). Jenis asuransi ini merupakan asuransi yang akan Anda dapatkan bila Anda melakukan kredit mobil pada sebuah perusahaan jasa atau leasing. Bila mobil mengalami kerusakan ataupun juga mengalami kehilangan kendaraan tersebut, maka Anda akan mendapatkan penggantian sesuai dengan keperluan Anda. Third Party Liability juga kini telah semakin banyak digunakan di Indonesia karena semakin banyak layanan kredit untuk melayani Anda yang ingin melakukan kredit mobil dengan fasilitas yang terbaik dan juga dengan keamanan kendaraan yang terjamin selama masa kredit tersebut berlangsung.

Asuransi jenis ini hanya dapat diperoleh oleh pengguna selama masa tenor kredit saja. Bila masa kredit mengalami perpanjangan, maka asuransi yang diberikan tetap tidak akan mengalami perpanjangan. Hanya saja, keuntungan akan Anda dapatkan bila kendaraan Anda mengalami kerusakan ataupun juga kehilangan. Pihak ketika atau juga pihak leasing akan melakukan seluruh prosedur klaim sehingga Anda tidak perlu merasa kesulitan untuk melakukan pengurusan prosedur klaim asuransi. Anda dapat menjadikan beberapa pertimbangan tersebut sebagai acuan ketika akan mengambil kredit sebuah kendaraan dengan harga yang tinggi, terutama kendaraan rida 4 atau mobil. Banyaknya jenis asuransi mobil yang dapat Anda pilih juga wajib untuk dijadikan sebagai salah satu pertimbangan untuk memilih jenis asuransi yang paling tepat dan paling Anda butuhkan dalam menjamin keamanan mobil Anda selama masa asuransi berlangsung.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Bisnis Online Updated at: 9:52:00 AM

Related : Jenis Asuransi Mobil yang Dapat Anda Pilih

0 komentar:

Post a Comment