Cara Agar Klaim Asuransi Anda Cepat Cair

Ada banyak keluhan tentang klaim asuransi yang sulit untuk dicarikan, tapi ternyata ada juga beberapa orang yang merasakan kemudahan dalam mencairkan klaim asuransi, karena mengetahui cara dan prosedurnya. Berikut ini beberapa cara dan prosedur agar klaim asuransi Anda cepat cair, yaitu :
  1. Pastikan Anda sebagai nasabah mengetahui manfaat dan fungsi dari produk asuransi yang Anda ikuti
  2. Lengkapilah segala dokumen persyaratan untuk mengajukan klaim asuransi, mulai dari formulir pengajuan klaim, hasil diagnose dokter, kuitansi asli biaya perawatan, surat rujukan dari dokter untuk melakukan perawatan, dan salinan berbagai hasil pemeriksaan yang menunjang hasil diagnnosa penyakit.
  3. Pastikan semua dokumen dan informasi didalamnya telah akurat dan benar, baik nama nasabah, nomor polis, nama pemegang polis, nama tertanggung dan yang lainnya.
  4. Bila dokumen dan persyaratan klaim pencairan asurnasi telah lengkap dan diterima maka biasanya waktu pencairan akan memerlukan waktu sekitar 3-6 hari, atau tergantung pada ketentuan perusahaan penyedia asuransi dan jenis produk yang dipilih oleh nasabah. Namun bila terdapat kekurangan atau kejanggalan dokumen maka perusahaan asuransi akan melakukan verifikasi dan investigasi pada pihak dokter dan rumah sakit, dan proses ini biasanya akan memerlukan waktu yang lebih lama, sekitar 3-4 minggu (30 hari).
  5. Umumnya penyedia jasa asuransi memberikan waktu pengajuan klaim asuransi selama 30 hari atau 1 bulan, bila klaim melebihi batas waktu maka klaim tersebut bisa saja ditolak oleh pihak penyedia asuransi.
  6. Pastikan Anda rutin membayar premi asuransi, karena salah satu penghambat pencairan klaim asuransi adalah bila ternyata nasabah sering terlambat atau menunggak pembayaran premi asuransi.
Jadi pastikan bila Anda secara konsisten dan disiplin membayar premi asuransi agar tidak mendapatkan banyak kendali pada saat proses pencairan klaim asuransi, sebaiknya segera lakukan pembayaran premi bila telah mendapatkan Premium Notice.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Bisnis Online Updated at: 7:28:00 PM

Related : Cara Agar Klaim Asuransi Anda Cepat Cair