Jenis Dan Manfaat Dari Asuransi Kesehatan

Asuransi adalah kesepakatan antara perusahaan dengan peserta asuransi yang ingin mengurangi resiko kehilangan. Resiko kehilangan disini mulai dari harta, kesehatan, dan lain sebagainya. Dari sekian banyak asuransi yang diberikan oleh peusahaan yang bergerak di bidang asuransi, asuransi kesehatan adalah salah satu asuransi yang paling banyak peminatnya. Selain asuransi kesehatan, biasanya asuransi pendidikan bagi keluarga dan juga asuransi dana pensiun juga banyak peminatnya.
 
Jenis Dan Manfaat Dari Asuransi Kesehatan

Setiap perusahaan yang menyediakan asuransi kesehatan, sudah jelas akan menyatakan produk asuransi yang dimilikinya adalah yang paling bagus. Tinggal bagaimana Anda menilai seperti apa produk asuransi kesehatan yang bagus itu. Sebelum memilih asuransi dari perusahaan mana yang cocok untuk Anda, ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu tentang asuransi kesehatan tersebut. Asuransi kesehatan adalah, pembiayaan yang dilakukan oleh perusahaan dengan sistem berjalan dan sesuai dengan konsep dari resiko.

Jenis-jenis asuransi kesehatan

1.     Asuransi kesehatan sosial
Asuransi kesehatan sosial merupakan salah satu cara untuk bisa mengurangi resiko diri sendiri. Asuransi kesehatan sosial ditujukan kepada semua  masyarakat, baik itu yang mampu ataupun yang tidak mampu. Asuransi kesehatan sosial bagi masyarakat yang tidak mampu, akan di bantu secara langsung oleh pemerintah yang sifatnya menjamin kebutuhan kesehatan masyarakat. Untuk menjadi peserta asuransi kesehatan sosial adalah wajib bagi setiap masyarakat.

Pembayaran premi yang dibayarkan, berdasarkan penghasilan yang diperoleh perorangan dalam setiap bulannya. Selain dari pembayaran premi berdasarkan penghasilan dari perorangan, pembayaran premi juga bisa ditanggung secara bersama oleh perusahaan. Penerima jaminan kesehatan dari asuransi kesehatan sosial tidak hanya perorangan atau diri sendiri, tetapi juga keluarga akan mendapat jaminan kesehatan. Setiap peserta yang sedang mengalami resiko sakit, maka akan mendapatkan kompensasi.

2.     Asuransi kesehatan komersial
Asuransi kesehatan komersial merupakan, asuransi yang sifatnya sukarela atau tidak wajib. Asuransi kesehatan komersial bisa dilakukan atas dasar keinginan pribadi, dengan tujuan untuk mendapatkan perlindungan diri dari semua resiko yang mungkin akan diterima. Asuransi kesehatan komersial biasanya dijalankan oleh perusahaan swasta, tetapi pemerintah juga bisa menjalankan asuransi kesehatan komersial ini.

Pada saat sekarang ini, sudah banyak perusahaan swasta yang menerbitkan produk asuransi kesehatan komersial. Peminat dari asuransi kesehatan komersial dari perusahaan swasta ini sangat banyak, karena setiap orang bisa mengasuransikan kesehatannya sesuai dengan keinginannya. 

Manfaat asuransi kesehatan

1.     Bisa menjadi tabungan kesehatan
Asuransi kesehatan, bisa menjadi tabungan kesehatan untuk Anda atau pun keluarga Anda. Dengan rutin membayar premi yang sudah disepakati dalam suatu periode, asuransi kesehatan akan sangat berguna atau bermanfaat untuk Anda dimasa sekarang atau nanti.

Karena kebutuhan yang sangat tinggi, banyak orang yang mengalami kesulitan dalam hal menabung. Sehingga hanya terfokus kepada kebutuhan pada saat ini saja, dan kebutuhan untuk kesehatan menjadi terlupakan. Akan tetapi dengan mengikuti asuransi kesehatan, Anda hanya membayar permi saja untuk tabungan kesehatan Anda.

2.     Bisa meringankan beban
Dengan cara mengikuti asuransi kesehatan, maka beban Anda dalam memenuhi kebutuhan pokok Anda sedikit berkurang. Karena Anda hanya membayar premi yang sudah disepakati saja, sehingga kebutuhan pokok yang lainnya masih bisa Anda penuhi.

3.     Fungsi rawat inap
Fasilitas yang disediakan oleh asuransi kesehatan adalah, biaya dari rumah sakit, biaya melahirkan, biaya uji laboratorium, dan juga biaya yang sangat darurat. Dengan mendapatkan faslitas tersebut, maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk masalah rawat inap dan lain-lain.

4.     Bisa digunakan sebagai rawat jalan
Asuransi kesehatan Anda bisa digunakan sebagai rawat jalan, yang sudah mencakup biaya untuk konsultasi dengan dokter umum atau pun dokter spesialis. Tetapi untuk rawat jalan, asuransi kesehatan memiliki batas maksimum untuk pemakaian dana pada tiap tahunnya.

Asuransi adalah cara untuk setiap orang, agar bisa mendapatkan perlindungan dari suatu masalah yang mungkin akan diterima. Asuransi kesehatan adalah cara cerdas yang bisa dilakukan untuk mendapatkan perlindungan kesehatan, bisa secara asuransi kesehatan sosial ataupun asuransi kesehatan komersial. Demikian ulasan diatas mengenai asuransi kesehatan, jeni-jenis asuransi kesehatan dan juga manfaat dari asuransi kesehatan. Semoga ulasan diatas bisa membantu dan menambah referensi Anda dalam hal asuransi kesehatan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Bisnis Online Updated at: 10:32:00 AM
Tags :

Related : Jenis Dan Manfaat Dari Asuransi Kesehatan