Cara Tepat Bagaimana Memilih Asuransi Investasi

Asuransi investasi mulai dilirik banyak orang seiring dengan semakin tingginya minat beirnvestasi. Jika biasanya dana untuk investasi ini terpisah, namun dengan adanya asuransi investasi maka dananya menjadi satu dengan biaya asuransi. Sehingga keuntungan yang didapat pun ada 2, yaitu sebagai asuransi jiwa dan juga sebagai penyimpanan dana investasi. Tapi tentu saja untuk pengaturannya akan diolah secara terpisah oleh layanan asuransi tersebut.
 
Cara Tepat Bagaimana Memilih Asuransi Investasi

Dengan kepraktisan tersebut, wajar jika asuransi investasi ini sangat digemari, terutama bagi mereka yang memiliki dana simpanan yang lebih. Jadi, daripada menyimpan dana tersebut di bank, yang mudah sekali ditarik melalui ATM, kebanyakan orang mulai berpikir untuk mengalihkannya ke investasi. Setidaknya investasi ini bisa dimanfaatkan di masa yang akan datang.

Jenis asuransi investasi
Sebelum mengambil keputusan untuk masuk dalam program asuransi investasi, maka kenali dulu jenis-jenis asuransi investasi di bawah ini. Berdasarkan pembayaran premi, asuransi investasi ini dibedakan menjadi :

Premi asuransi investasi berkala
Yaitu pembayaran preminya dilakukan setiap bulan atau secara bertahap. Jenis asuransi investasi ini sangat cocok bagi mereka yang memiliki dana tidak banyak, atau untuk kalangan muda yang baru mulai berkerja. Pembayaran premi untuk investasi ini bisa dikeluarkan dalam waktu triwulan, empat bulan atau sebulan sekali.

Premi asuransi investasi tunggal
Yaitu pembayaran preminya dilakukan langsung di awal masa asuransi. Biasanya mereka yang memiliki kondisi ekonomi yang mapan yang menggunakan asuransi investasi tunggal ini. Karenanya nilai preminya pun sangat besar, bahkan lebih besar dari nilai premi yang dibayar berkala. Setelah pembayaran di awal tersebut, pemilik asuransi tidak berkewajiban untuk membayar premi lagi.

Tips memilih asuransi investasi
Banyaknya perusahaan asuransi yang berkembang memberikan pilihan bagi orang-orang untuk menjadi nasabah di salah satunya. Tentu setiap perusahaan asuransi tersebut akan menerapkan aturan serta membuat promosi yang menwarkan kemudahan dan keuntungan agar menarik para calon nasabah. Namun untuk calon nasabahnya sendiri juga tidak boleh lengah begitu saja. Kerena asuransi investasi ini berkaitan tentang menyimpan uang, sehingga memilih perusahaan asuransi yang tepat juga sangat penting.

Untuk memilih asuransi investasi yang tepat, berikut ini ada tips yang bisa dilakukan :
Selidiki dulu perusahaan asuransi yang dipilih. Baik dari kelegalan hukum, aturan serta unit-unit layanannya. Apalagi asuransi investasi ini adalah rencana berinvestasi jangka panjang, jadi harus dipastikan betul bahwa kondisi keuangan perusahaan asuransi tersebut stabil. Jangan lupa untuk memastikan pula proses klaimnya, apakah mudah atau justru akan dipersulit nantinya. Lakukan riset terhadap keluarga atau teman yang menjadi nasabah di perusahaan asuransi tersebut untuk mencari tahu kekurangan dan kelebihan layanannya.

Lihat biaya preminya, apakah besar atau kecil, apakah sesuai dengan nilai manfaat yang akan dihasilkan atau tidak. Biaya premi di setiap perusahaan asuransi pastilah berbeda dan tentu saja perbedaan tersebut berkaitan dengan layanan yang diberikan. Sebisa mungkin cari asuransi investasi yang memiliki biaya kecil namun nilai manfaatnya besar.

Lihat jangka waktu klaimnya
Untuk asuransi investasi ini klaimnya tidak bisa diambil sembarang waktu. Ada jangka waktu tertentu baru kemudian si pemilik asuransi bisa menarik dana investasinya. Karenanya sebelum memilih asuransi investasi, lihat dulu berapa lama jangka waktu untuk bisa melakukan klaim.

Memahami kinerja investasi dengan baik
Meskipun untuk produk investasinya tidak diinformasikan secara detail oleh pihak asuransi. Namun pastikan untuk mengetahui proses investasi tersebut dengan baik. Biasanya selalu ada laporan dari pihak asuransi setiap bulannya untuk menunjukkan nilai investasi yang sudah dimiliki.

Cek jika ada biaya tambahan
Mungkin ada biaya administrasi lainnya yang memperbesar jumlah dana yang harus dibayarkan ketika membuka rekening asuransi atau ketika membayar preminya. Jangan sampai dana yang disiapkan untuk asuransi investasi tidak cukup karena adanya tambahan biaya administrasi yang tidak terduga.

Yang paling penting sebelum memilih asuransi investasi ini adalah memastikan bahwa layanan asuransi investasi tersebut diperlukan. Karena jika sudah mulai dan ingin berhenti di tengah jalan, maka dana investasi yang sudah diberikan akan hangus, sehingga merugikan si pemilik asuransi itu sendiri. Pastikan pula tujuan keuangan yang ingin diolah, apakah hanya sekedar untuk perlindungan jiwa atau sekaligus berinvestasi untuk masa depan. Namun jika menginginkan keduanya, maka pilihan yang tepat adalah asuransi investasi ini.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Bisnis Online Updated at: 9:58:00 AM
Tags :

Related : Cara Tepat Bagaimana Memilih Asuransi Investasi