Asuransi Investasi Ketahui Kelebihan Dan Kekurangan

Asuransi investasi saat ini menjadi pilihan banyak orang yang ingin mengikuti program asuransi. Namun apa dan bagaimana bentuk asuransi investasi tersebut ? Seperti yang diketahui bahwa asuransi adalah sebuah bentuk proteksi atau perlindungan jika terjadi kecelakaan bahkan kematian bagi pemegang polis, yaitu korban dan keluarganya sendiri. Pembayaran premi asuransi setiap bulannya itulah yang akan digunakan untuk mengcover biaya rumah sakit, pengobatan dan sebagainya, sehingga pemiliki asuransi tidak perlu lagi mengeluarkan biaya ekstra.

Sedangkan asuransi investasi adalah asuransi yang berbasis investasi. Artinya selain menyediakan perlindungan, asuransi investasi ini juga akan mengelola dana premi menjadi produk investasi yang memiliki nilai manfaat bagi pemilik asuransi kedepannya. Bisa dibilang asuransi investasi adalah gabungan dari asuransi jiwa dan produk investasi. Unit asuransi investasi ini bisa ditemukan di beberapa layanan program asuransi dengan ketentuan dan aturan yang berbeda-beda.

Kenapa memilih asuransi investasi ?
Biasanya orang-orang memilih jenis asuransi investasi ini karena ingin memiliki asuransi sekaligus memiliki investasi dalam satu layanan. Tentu akan lebih praktis ketimbang mengurus asuransi dan investasi secara terpisah. Apalagi bagi orang yang tidak mau repot mengatur keuangannya untuk asuransi dan investasi. Karena porsi premi untuk investasi ataupun asuransi sudah otomatis diatur oleh program asuransi investasi tersebut.

Asuransi investasi juga tidak hanya menanggung klaim sakit atau kecelakaan tapi juga memberikan jaminan investasi di masa mendatang. Produk investasinya sendiri diatur langsung oleh layanan asuransi yang terkait. Asuransi investasi ini sangat cocok bagi mereka yang memiliki dana lebih. Dengan begitu asuransi investasi secara tidak langsung mengatur perencanaan keuangan keluarga juga.

Pemilik asuransi juga bisa mengecek setiap bulannya dari nilai investasinya. Jadi, aktivitas pemilik asuransi setiap bulan adalah membayar biaya asuransi dan juga top up investasi. Dan aktivitas tersebut akan dikeluarkan laporannya sehingga pemilik asuransi bisa secara transparan mengecek nilai investasi yang dimiliki saat itu.

Meski secara biaya premi asuransi investasi memiliki nilai yang lebih mahal daripada asuransi yang biasa, namun manfaat asuransi investasi ini sangat bagus. Apalagi saat ini setiap orang mulai berlomba-lomba melakukan investasi untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang. Nah, asuransi investasi ini akan mempermudah bagi mereka yang ingin berinvestasi namun tidak tahu harus berinvestasi apa dan bagaimana.

Kelebihan dan kekurangan asuransi investasi
Setiap produk keuangan memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Termasuk asuransi investasi ini. Sebagai salah satu produk asuransi yang sedang diminati, berikut adalah kelebihan dan kekurangannya :

Kelebihan Asuransi Investasi:
Lebih praktis, karena asuransi dan investasi bergabung menjadi satu. Pembayaran preminya pun menjadi satu namun nantinya akan ditemapatkan di pos yang berbeda antara biaya untuk asuransi jiwa dengan biaya untuk produk investasi. Sehingga orang tidak perlu repot lagi mengurus asuransi dan investasinya secara terpisah.

Mempermudah pengelolaan dana, terutama bagi mereka yang ingin memiliki investasi tapi kurang paham proses investasi tersebut. Layanan asuransi investasi ini sangat membantu mewujudkan kepemilikan investasi yang bisa dimanfaatkan kedepannya. Dan semua proses tersebut akan otomatis diurus oleh pihak layanan asuransi terkait. Sedangkan pemilik asuransi hanya cukup membayar premi, mengecek nilai investasinya setiap bulan dan menikmati hasilnya ketika waktunya tiba.

Memaksa orang untuk menabung, karena investasi ini seperti “tabungan” yang baru bisa digunakan pada jangka waktu tertentu. Berbede dengan tabungan yang bisa diambil setiap waktu sehingga bisa saja terkuras habis tanpa disadari. Sedangkan investasi sendiri baru benar-benar bisa dinikmati hasilnya dalam kurun waktu tertentu. Dengan adanya dana investasi yang tersimpan ini, pemilik asuransi seperti memiliki cadangan yang bisa digunakan untuk keperluan di masa mendatang.

Kekurangan Asuransi Investasi :
Biaya premi yang lebih mahal, bisa dibandingkan antara biaya permi asuransi investasi dan biaya premi untuk asuransi biasa yang terpisah dengan dana investasi. Karenanya yang memilih asuransi investasi ini kebanyakan adalah mereka yang memiliki simpana dana lebih.

Di tahun-tahun awal nilai manfaat dari asuransi investasi akan sangat kecil, bahkan lebih kecil dari nilai preminya sendiri. Biasanya nilai investasi tersebut akan menanjak setiap tahunnya dan baru pada hitungan tahun tertentu akan mencapai 100%.

Tidak dapat memilih produk investasinya sendiri, informasi produk investasinya pun tidak disampaikan secara rinci. Produk investasi tersebut akan langsung dipilih oleh pihak asuransi investasi tersebut.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Bisnis Online Updated at: 12:56:00 PM
Tags :

Related : Asuransi Investasi Ketahui Kelebihan Dan Kekurangan