Pengertian Singkat Asuransi Pendidikan

Pengertian asuransi pendidikan yaitu jenis asuransi yang memberi perlindungan terhadap pendidikan anak. Semakin lama inflasi akan semakin tinggi, akibatnya harga-harga kebutuhan juga semakin meningkat, termasuk biaya pendidikan. Sedangkan, Anda tidak pernah tahu apakah kemampuan ekonomi Anda dapat menanggung biaya pendidikan anak hingga dewasa. Itu sebabnya asuransi pendidikan menawarkan solusi untuk masa depan anak Anda. Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa jenis asuransi yang umum beredar di Indonesia.

Pengertian Singkat Asuransi Pendidikan

Asuransi Kesehatan
Merupakan jenis asuransi yang paling banyak dijumpai. Hampir semua orang memiliki asuransi kesehatan, terutama yang bekerja pada instansi, perusahaan, atau pabrik. Bahkan, saat ini pemerintah mewajibkan seluruh penduduk memiliki jaminan kesehatan yang diselenggarakan pemerintah. Secara teknis jaminan kesehatan ini hampir sama dengan asuransi kesehatan yang sudah banyak beredar.

Asuransi kesehatan yang dikelola oleh swasta dapat dibeli langsung melalui agen asuransi. Manfaat yang ditawarkan kepada nasabah berupa jaminan fasilitas kesehatan, seperti biaya pengobatan, atau biaya rawat inap di rumah sakit.

Asuransi Jiwa
Di Indonesia, jenis asuransi ini kurang populer. Oleh sebab itu, banyak perusahaan asuransi yang membuat inovasi asuransi jiwa menjadi paket dalam perjanjian pinjaman dana bank atau kartu kredit. Sebenarnya, fungsi asuransi jiwa sebagai pelindung untuk keluarga yang ditinggalkan. Diharapkan dengan uang pertanggungan asuransi tersebut, kehidupan keluarga nasabah tidak terlantar. Beberapa perusahaan asuransi mengombinasikan asuransi jiwa dengan asuransi pendidikan.

Asuransi Kendaraan Bermotor
Jenis asuransi ini biasanya disertakan langsung ketika nasabah terikat perjanjian kredit pembelian kendaraan bermotor dengan pihak leasing (pembiayaan). Tujuan asuransi ini untuk melindungi kerugian yang mungkin saja terjadi pada kendaraan yang dibeli, seperti kehilangan atau kerusakan akibat kecelakaan.

Asuransi Pendidikan
Seperti yang telah disebutkan, bahwa asuransi ini menjamin masa depan anak, dengan menanggung biaya pendidikan anak. Tujuan dari asuransi pendidikan adalah sebagai jaminan pendidikan bagi putra-putri Anda untuk menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk beberapa produk asuransi, uang pertanggungan juga akan dibayarkan apabila orang tua anak mengalami kecelakaan atau kematian.

Keuntungan Membeli Asuransi Pendidikan
Ada tiga manfaat yang dapat diambil dari produk asuransi ini, yaitu sebagai investasi, perlindungan ekonomi, dan keberlanjutan.

Manfaat investasi
Maksud manfaat investasi yang diberikan asuransi pendidikan adalah perusahaan asuransi mengelola dan menginvestasikan sebagian premi yang dibayarkan nasabah. Pada akhir masa kontrak, perusahaan asuransi akan membayarkan sejumlah dana yang jumlahnya sesuai dengan polis asuransi yang telah disepakati. Dana tersebut akan dibayarkan ketika anak akan masuk sekolah.

Tentunya hal ini meringankan beban orang tua, yang biasanya akan mengeluarkan banyak uang untuk membayar biaya pendidikan anak. Ketika masuk sekolah, calon siswa diwajibkan untuk membayar uang gedung, seragam, buku, kegiatan, dan SPP yang jumlahnya tidak sedikit.

Manfaat perlindungan
Dari sisi perlindungan ekonomi, asuransi pendidikan juga memberikan jaminan sejumlah dana apabila orang tua mengalami kematian. Uang pertanggungan yang akan dibayarkan biasanya disesuaikan dengan biaya pendidikan anak yang sudah disepakati pada polis asuransi.

Manfaat keberlanjutan
Saat Anda sehat (belum meninggal dan tidak mengalami cacat permanen), saldo dana investasi yang berasal dari premi dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan biaya pendidikan anak. Ke depannya asuransi tersebut dapat diteruskan sebagai dana pensiun, jalan-jalan, bahkan untuk warisan.

Jenis asuransi yang beredar memang sangat variatif, namun untuk melindungi masa depan anak asuransi pendidikan merupakan pilihan terbaik. Mempersiapkan dana pendidikan anak merupakan kewajiban orang tua. Untuk itu, Anda harus menjamin dana pendidikan anak, agar masa depan anak tidak terlantar.

Semua jenis asuransi yang sudah disebutkan tersebut sama-sama penting dimiliki. Tapi sekali lagi jika tujuan Anda untuk menjamin masa depan anak, maka pilihlah asuransi pendidikan. Jenis asuransi pendidikan tidak ditawarkan dalam paket, kecuali beberapa perusahaan asuransi yang menawarkan bersama dengan asuransi jiwa. Jika berminat membeli asuransi pendidikan, Anda bisa membeli melalui agen perusahaan asuransi yang menjual produk asuransi pendidikan. Pilihlah produk asuransi yang menawarkan sistem pembayaran klaim dengan syarat mudah. Itulah pengertian asuransi pendidikan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Bisnis Online Updated at: 8:48:00 PM
Tags :

Related : Pengertian Singkat Asuransi Pendidikan

0 komentar:

Post a Comment