Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Pengajuan Klaim Jamsostek Secara Online e-Klaim

Selain cara offline, ada cara klaim Jamsostek online atau e-Klaim yang bisa Anda coba. Hal ini tentu akan mempermudah Anda dalam mencairkan saldo JHT. Apalagi kalau jarak rumah Anda ke kantor Jamsostek terdekat cukup jauh. Kemudian, Anda juga tidak perlu lama menunggu akibat antrean panjang di kantor. Klaim Jamsostek secara online juga terbilang mudah. Bermodalkan PC atau laptop dan koneksi internet mumpuni, Anda sudah bisa mempraktikan e-Klaim di rumah.


Sesuai peraturan per tanggal 1 September 2015, Anda bisa mencairkan saldo Jamsostek sebesar 100%. Bahkan bagi mereka yang kena PHK atau baru saja resign. Namun, Anda setidaknya harus menunggu tas, selama satu bulan setelah tanggal Anda berhenti untuk pengajuan klaim. Lantas, bagaimana cara Anda mencairkan saldo dengan e-Klaim?

Mengisi Data di Formulir Online
Cara kesatu adalah Anda harus mengakses https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/eklaim/. Setelah itu, Anda akan dihadapkan dengan beberapa kotak dialog berisi:
  • Nomor E-KTP    : isi nomor identitas sesuai EKTP Anda, jumlahnya ada 16 digit;
  • Nama lengkap   : isi dengan nama lengkap sesuai dengan EKTP;
  • Tanggal lahir     : isi dengan tanggal lahir, formatnya DDMMYY. Contoh: 170845;
  • Nomor KPJ       : isi dengan nomor KPJ Anda, jumlahnya 11 digit;
  • Alasan klaim     : pilih meni drop down yang tersedia;
  • Nomor ponsel   : isi dengan nomor ponsel yang masih aktif. Lewat nomor ini, Anda akan mendapatan kode verifikasi atau PIN;
  • Alamat e-mail    : isi dengan alamat e-mail yang masih aktif dan Anda pakai. Lewat e-mail ini, Anda akan mendapatkan kode verifikasi atau PIN.
Memasukkan Kode Verifikasi atau PIN
Anda akan memperoleh pemberitahuan berupa gambar, lalu lanjutkan dengan mengisi kolom berikutnya. Jika sudah selesai, klik Proses untuk mendapatkan kode verifikasi atau PIN. Kode ini akan Anda dapat dari pesan singkat atau alamat e-mail. Cara klaim Jamsostek online selanjutnya adalah memasukkan kode verifikasi tadi pada formulir selanjutnya. Namun, sebelumnya, Anda harus menyiapkan beberapa dokumen untuk melengkapinya.

Menyiapkan Dokumen untuk e-Klaim
Dokumen-dokumen penting yang harus Anda siapkan masih sama dengan untuk klaim offline. Hanya saja bentuk salinannya berupa scan. Di antaranya adalah KTP atau tanda pengenal lain seperti SIM, kartu Jamsostek, kartu keluarga, surat pernyataan berhenti kerja, dan buku tabungan pribadi. Format scan dari dokumen tadi bisa berupa .jpeg, .jpg, .png, .bmp, atau .pdf. Unggah semua fail scan tersebut ke formulir e-Klaim.

Memeriksa Kelengkapan Isi Formulir
Semua kolom dalam formulir harus lengkap terisi. Beberapa kolom mungkin akan terisi secara otomatis. Setelah itu, pilih kantor cabang Jamsostek di kota Anda. Kemudian, masukkan kode verifikasi atau PIN yang dikirim lewat SMS atau alamat e-mail. Selanjutnya, masukkan nama dari pemilik rekening, bank, serta nomor rekening Anda. Terakhir, unggah dokumen-dokumen penting yang sudah Anda scan sebelumnya. Jika sudah selesai, Anda akan menemukan pemberitahuan dalam kotak merah.

Menunggu Konfirmasi Jamsostek
Jika semua data yang Anda masukkan berhasil disimpan, akan muncul pemberitahuan lewat e-mail. Di dalam e-mail tersebut, Anda akan menemukan tulisan Data telah berhasil direkam dan sedang dalam proses persetujuan [nama kantor cabang Jamsostek yang Anda pilih]. Anda biasanya akan diminta menunggu proses ini selama 1 x 24 jam. Kemudian, Anda akan memperoleh informasi selanjutnya lewat e-mail. Anda akan diminta untuk datang ke kantor cabang dengan membawa dokumen asli serta salinannya. Jangan lupa untuk mencetak e-mail konfirmasi dari pihak Jamsostek tersebut.

Proses Transfer Saldo di Kantor Cabang Jamsostek
Setibanya di kantor cabang Jamsostek, tunjukkan dokumen serta konfirmasi pada satpam. Satpam lalu akan memberikan nomor antrean khusus bagi mereka yang melakukan e-Klaim. Beda dengan klaim offline, Anda tidak akan menunggu terlalu lama untuk melakukan proses klaim online. Anda akan dipanggil untuk mengurus proses transfer saldo Jamsostek. Biasanya, Anda butuh 10 hari kerja sampai dana JHT dikirim ke rekening Anda.

Semoga informasi cara klaim Jamsostek online ini bermanfaat bagi Anda!

60 komentar untuk "Cara Pengajuan Klaim Jamsostek Secara Online e-Klaim"

  1. Saya kok tiap mengisi formulir eklaim selalu dibalas nama dan tanggal lahir tidak sama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu seperti yang saya alami pak, jadi solusinya bapak datang saja ke kantor BPJS membawa Kartu BPJS dan KTP untuk melakukan koreksi data. tidak sampai 1x24 jam data sudah terkoreksi seperti yang sebenarnya. itu pengalaman saya.

      Hapus
    2. itu artinya ada data yg di ektp bapak sama data di database bpjs tk nya ada yg kurang sesuai, biasanya harus perbaikan data dulu baru ke kacab penerbit lalu bisa klaim pak amran

      Hapus
    3. Kenapa kalau eklaim selalu bermasalah di servernya, sauah 1 bulan mencoba tiap hari tidak pernah berhasil, file upload sudah mengikuti aturan. Solusinya kira-kira jam berapa biar bisa berhasil download.

      Hapus
  2. waruh ko ga bisa daptar eklim sih
    ada apa gerangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa daftarnya bagaimana pak?

      Hapus
    2. pastikan bisa cek saldo dulu pak, karena statu di Profile -> Layanan -> status layanan harus aktif biar bisa eklaim mas... share info aja ^^

      Hapus
    3. Saya jga ga bisa klaim kty fitur sdg diperbaharui

      Hapus
  3. Setiap buka link selalu di alihkan muluu...

    BalasHapus
  4. Udah isi formulirnya dari bulan April tapi belum ada penindakan .
    Gimana ini ?
    Bisa atau tidak sebenarnya ?

    BalasHapus
  5. tiap mau masukin data gk bsa d klik button nya , mnta solusi

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba untuk refresh dulu atau pencet F5. Semoga berhasil

      Hapus
  6. E-klaim menggunakan hp tidak bisa ya??

    BalasHapus
  7. tiap mau mengupload data gak bisa di klik kenapa ya ? minta solusinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba refresh atau tekan f5 untuk refresh

      Hapus
  8. This site can’t be reached

    es.bpjsketenagakerjaan.go.id’s server DNS address could not be found.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin sedang down masbro, coba di reload lagi

      Hapus
  9. Error page mulu kenapa yaa web nya bpjs? Gabisa masuk ke web nya.. mohon bantuannya..

    BalasHapus
  10. lagi lagi server not found.. :(

    BalasHapus
  11. Klo klaim di kntor bpjs yg bda dgn alamat di ktp hrus pke srat dmisili ga?

    BalasHapus
  12. gue gk bisa di cairin atas NA katanya..tpi saya masih aktif kerja di buatnya padahal udah resign bantu dong..

    BalasHapus
  13. Maaf permisi... mau tanya
    e klaim itu bisa lwat hp android gk???
    mohon penjelasannya yg paham

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat di andriod rencananya akan diadakan tapi memang sedang dalam fitur pengembangan maka dari itu cek saldo juga lagi sering terkendala

      Hapus
  14. formulir eklaimnya ko g muncul ya?

    BalasHapus
  15. mohon bantuannya maksud dari tenaga kerja NA apa ya??? cz ketika ditahap pengajuan ekalim muncul keterangan TRANSAKSI GAGAL, KLAIM HARUS DILAKUKAN OLEH TENAGA KERJA NA ??? maksudnya apa?? tolong bantuannya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengajuan klaim diproses oleh tenaga kerja non-aktif (sudah tidak aktif bekerja dimanapun) pastikan status kepesertaan kpj sahabat sudah dinonaktifkan perusahaan terima kasih

      Hapus
  16. dapat balasan dr bpjs.nya brp lama ya?
    koqq saya sudah 5 hr blm dpt balasan jg.

    BalasHapus
  17. saya sudah 2minggu lebih mengajukan e-klaim, tp blm dapat blsn jg,, dan kmaren itu itu kolom formulir nya tdk ada kode ferivikasi nya,, itu gmn ya,,?

    BalasHapus
  18. mw tanya .. bpjs yg lama sudah non aktif..tp skrg status masih kerja.. pake bpjs baru lg bukan yg lama,, kira kira bisa ga yg lama di cairin mas,, trima kasih ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. blm bisa bu. karena nanti saat ibu di kacab bpjs akan ada verifikasi data dan nanti di cek dari data2 ibu yg ada di ktp, karena buat cairkan bpjs seluruh kartu yg dimiliki harus non-aktif...

      Hapus
  19. sory gan sebelumnya saya mau tanya saya sudah ngisi semua lalu ada balasan dari email yg kedua kalinya yg prtama berisi data sudah direkam yg kedua mbelu, memenuhii syarat tapii yg anehnya saya ditentuuin tanggal untuk datamg ke kantor selama 7 hari yg akan datang ...
    mnurut agan sedulur apa data saya sedang di proses atoo gagal ..
    ttrimaksih ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu artinya emang ada hal yg gak lengkap gan tapi melengkapi datanya sekalian pas agan datang ke kacab bpjs yg dipilih biar diperbaiki ditempat abis itu cair deh

      Hapus
  20. qalou ada email masuk belum memenuhi persyaratan tapii saya disuruh datang ke kntor yg ditentukan oleh pihak kantor kurang lebih seminggu yg akan datang . itu mnurut agan data saya sudah dpores atau belum yah tolong informasinya

    BalasHapus
  21. saya udah 2 minggu ngajuin klaim tapi statusnya klaim belum diproses itu gimana ya,.....mesti nunggu berapa lama

    BalasHapus
  22. aneh banget ya saya sudah masukin data lengkap tetapi gagal terus "keterangan data nik/ttl tidak sama" padahal saya udah datengin kantor bpjs untuk kecocokan data.
    gimana solusinya pak, terimakasih .

    BalasHapus
  23. saya sudah mengisi kelengkapan administrasi, connectingnya lama, terus semua data yg sudah saya isi tdk dapat tersimpan. sehingga hrs mulai dari awal lagi dan terus spt itu ga da akhirnya ga kelar kelar.
    mohon bantuannya please ....

    BalasHapus
  24. saya sdh mengisi semua kelengkapan administrasi, connecting lama dan selalu tdk dpt tersimpan. saya sdh coba ulang dan selalu seperti itu terus tdk pernah ada akhirnya. jadi harus bagaimana ...
    mohon dibantu pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sempat juga ditanya oleh teman teman yang lain, ternyata sambungan internet lelet, dan banyaknya lalulintas terhadap server bpjs yang membuat loading lama. Saran kami sih berusaha terus menerus dan lebih baik dilakukan saat malam.

      Hapus
  25. saya sudah coba telp 1500910 utk minta bantuan dgn tekan 0 utk custumer service tapi selalu tdk terhubung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya itu sedang nada tunggu karena menurut info yg ada di layanan telpon bpjs memang super padat

      Hapus
  26. Gan mau nanya prosedurnya pengobatan bpjs yg dirujuk kerumah sakit ada batas pemeriksaannya yah soalnya sy barusan kerumah sakit Sumber waras katanya pemeriksaan nya dr jam 7 pagi sampai jam 1 siang aja... Apa setiap rumah sakit punya kebijakannya masing2 yah... Thanks

    BalasHapus
  27. suseh juga,, gak gampang ,e klaim pertama via internet datang dari perusahaan salah nama ibu kandung dll, sudah datang ke kantor bpjs terdekat, persayaratan sudah beres dgn membuat surat ket dari tempat pekerjaan lama, info dari kantor sudah ok dan surat ket kofirmasi kesesuain data tenaga kerja ,sudah ok ,alias beres,tindak lanjut proses e klaim via on line,,, masih sulit nyambung,,,,,,

    BalasHapus
  28. sdh 9 hari dari senen kemaren tgl 13 feb saya claim BPJS JHT belum ada proses. katanya 1 x 24 jam

    BalasHapus
  29. Sy mau mengajukan klaim JHT kemana ya? Sy di Grogol dan sdh tidak bekerja dimanapun sejak 2014, Thx.

    BalasHapus
  30. saya mau e-klaim tapi pas sumbit form transaksi gagal terus. dan ada tulisan "Klaim ini hrs dilakukan oleh tenaga kerja NA" itu ada yg tau ga knp. bantu jawab ya Agan/aganwati..

    BalasHapus
  31. pak mau tanya kalo saya udh nyoba beberapa kali tp gagal terus, pas d klik simpan malah muncul halaman tulisanya The owner of eklaim.bpjsketenagakerjaan.go.id has configured their website improperly. To protect your information from being stolen, Firefox has not connected to this website.

    Learn more…

    BalasHapus
  32. dari semalam mau mengajukan eklaim selalu error (404 Not Found). kenapa ymohon bantuannya, trims

    BalasHapus
  33. th 2014 saya resign dari kantor lama,kemudian pindah ke tempat kerjaan baru,,setelah 2 bulan kerja ditempat yang baru saya ada rencana ambil JHT dr tempat kerja yg lama,tapi setibanya di kantor BPJS saya tidak bisa klaim JHT saya,infonya JHT saya dilanjut di tempat kerja yang baru,,tapi awal tahun kemarin saya cek saldo JHT yang muncul cuma JHT dari tempat kerja yang baru,,
    itu bagaimana ya

    BalasHapus
  34. nama penguna rekening ngga boleh sama itu gimana ya?

    BalasHapus
  35. data data persyaratan klaim jht ko ga bisa di upload ke eclaim??
    napa ya...

    BalasHapus
  36. kana data2 persyaratan klaim jht ga bisa diupload ke eclaim ya...

    BalasHapus
  37. Pak kalau pake tabungan suami bisa ngk ? istri saya mau mencairkan bpjs ketenagakerjaan

    BalasHapus
  38. saya tidak bisa claim knapa ya.. saya dri pc dan sudah lewat satu bulan satu hari. tetapi masih belom bisa klaim. bertuliskan belom mencapai satu bulan. padahal syarat semua komplit. mnta solusi gan...

    BalasHapus
  39. saya udah coba isi data, tp tiap mau isi nama pemilik rekening kok ga bias ya? disitu tulisannya nama pemilik rekening tidak sama dengan nma pemohon, itu kira2 kenpa ya, soalnya jelas2 nama pemohon dan rekening ats nama saya sendiri, mohon bantuannya

    BalasHapus
  40. SAYA KO TIAP INPUT PIN AKTIVASI NYA GAGAL TERUS.. PADAHAL MASUKIN PIN NYA UDAH SESUAI SAMA PIN YANG DITERIMA DARI BPJS VIA EMAIL.. BISA TOLONG DIBANTU APA YANG SALAHNYA?

    BalasHapus
  41. saya daftar ajah gabis lohh malah ada report PASTIKAN EMAIL ANDA HARUS AKTIF ,padahal email saya aktif terus .,tolong lah jangan buat kami bolak balik ke kantor bpjs kita tuh orang yg perluuu

    BalasHapus
  42. SAYA TDK BISA KLAIM krn ada informasi proses : NIK anda telah terdaftar atas akun email yvesgeoffrey@gmail.com.gunakan email tersebut untuk login.
    memang 2 bln lalu dompet berisi KTP,kartu BPJS dll..hilang.Tapi sdh diurus krn sdh habis kontrak kerja dan mau mencairkan dananya.Mohon bantuannya.

    BalasHapus