Skip to main content

Cara Pengajuan Klaim Jamsostek Secara Online e-Klaim

Selain cara offline, ada cara klaim Jamsostek online atau e-Klaim yang bisa Anda coba. Hal ini tentu akan mempermudah Anda dalam mencairkan saldo JHT. Apalagi kalau jarak rumah Anda ke kantor Jamsostek terdekat cukup jauh. Kemudian, Anda juga tidak perlu lama menunggu akibat antrean panjang di kantor. Klaim Jamsostek secara online juga terbilang mudah. Bermodalkan PC atau laptop dan koneksi internet mumpuni, Anda sudah bisa mempraktikan e-Klaim di rumah.


Sesuai peraturan per tanggal 1 September 2015, Anda bisa mencairkan saldo Jamsostek sebesar 100%. Bahkan bagi mereka yang kena PHK atau baru saja resign. Namun, Anda setidaknya harus menunggu tas, selama satu bulan setelah tanggal Anda berhenti untuk pengajuan klaim. Lantas, bagaimana cara Anda mencairkan saldo dengan e-Klaim?

Mengisi Data di Formulir Online
Cara kesatu adalah Anda harus mengakses https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/eklaim/. Setelah itu, Anda akan dihadapkan dengan beberapa kotak dialog berisi:
  • Nomor E-KTP    : isi nomor identitas sesuai EKTP Anda, jumlahnya ada 16 digit;
  • Nama lengkap   : isi dengan nama lengkap sesuai dengan EKTP;
  • Tanggal lahir     : isi dengan tanggal lahir, formatnya DDMMYY. Contoh: 170845;
  • Nomor KPJ       : isi dengan nomor KPJ Anda, jumlahnya 11 digit;
  • Alasan klaim     : pilih meni drop down yang tersedia;
  • Nomor ponsel   : isi dengan nomor ponsel yang masih aktif. Lewat nomor ini, Anda akan mendapatan kode verifikasi atau PIN;
  • Alamat e-mail    : isi dengan alamat e-mail yang masih aktif dan Anda pakai. Lewat e-mail ini, Anda akan mendapatkan kode verifikasi atau PIN.
Memasukkan Kode Verifikasi atau PIN
Anda akan memperoleh pemberitahuan berupa gambar, lalu lanjutkan dengan mengisi kolom berikutnya. Jika sudah selesai, klik Proses untuk mendapatkan kode verifikasi atau PIN. Kode ini akan Anda dapat dari pesan singkat atau alamat e-mail. Cara klaim Jamsostek online selanjutnya adalah memasukkan kode verifikasi tadi pada formulir selanjutnya. Namun, sebelumnya, Anda harus menyiapkan beberapa dokumen untuk melengkapinya.

Menyiapkan Dokumen untuk e-Klaim
Dokumen-dokumen penting yang harus Anda siapkan masih sama dengan untuk klaim offline. Hanya saja bentuk salinannya berupa scan. Di antaranya adalah KTP atau tanda pengenal lain seperti SIM, kartu Jamsostek, kartu keluarga, surat pernyataan berhenti kerja, dan buku tabungan pribadi. Format scan dari dokumen tadi bisa berupa .jpeg, .jpg, .png, .bmp, atau .pdf. Unggah semua fail scan tersebut ke formulir e-Klaim.

Memeriksa Kelengkapan Isi Formulir
Semua kolom dalam formulir harus lengkap terisi. Beberapa kolom mungkin akan terisi secara otomatis. Setelah itu, pilih kantor cabang Jamsostek di kota Anda. Kemudian, masukkan kode verifikasi atau PIN yang dikirim lewat SMS atau alamat e-mail. Selanjutnya, masukkan nama dari pemilik rekening, bank, serta nomor rekening Anda. Terakhir, unggah dokumen-dokumen penting yang sudah Anda scan sebelumnya. Jika sudah selesai, Anda akan menemukan pemberitahuan dalam kotak merah.

Menunggu Konfirmasi Jamsostek
Jika semua data yang Anda masukkan berhasil disimpan, akan muncul pemberitahuan lewat e-mail. Di dalam e-mail tersebut, Anda akan menemukan tulisan Data telah berhasil direkam dan sedang dalam proses persetujuan [nama kantor cabang Jamsostek yang Anda pilih]. Anda biasanya akan diminta menunggu proses ini selama 1 x 24 jam. Kemudian, Anda akan memperoleh informasi selanjutnya lewat e-mail. Anda akan diminta untuk datang ke kantor cabang dengan membawa dokumen asli serta salinannya. Jangan lupa untuk mencetak e-mail konfirmasi dari pihak Jamsostek tersebut.

Proses Transfer Saldo di Kantor Cabang Jamsostek
Setibanya di kantor cabang Jamsostek, tunjukkan dokumen serta konfirmasi pada satpam. Satpam lalu akan memberikan nomor antrean khusus bagi mereka yang melakukan e-Klaim. Beda dengan klaim offline, Anda tidak akan menunggu terlalu lama untuk melakukan proses klaim online. Anda akan dipanggil untuk mengurus proses transfer saldo Jamsostek. Biasanya, Anda butuh 10 hari kerja sampai dana JHT dikirim ke rekening Anda.

Semoga informasi cara klaim Jamsostek online ini bermanfaat bagi Anda!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar