Tata Cara Melakukan Klaim Asuransi Rumah Atau Properti

Apakah yang dimaksud dengan asuransi rumah atau properti? Sebelum menjawab hal tersebut ada baiknya apabila Anda mengetahui mengenai asuransi itu sendiri. Asuransi merupakan bentuk istilah yang digunakan dalam melakukan rujukan atas tindakan, sistem, atau bahkan bisnis, yang mana berguna sebagai perlindungan finansial, dan biasanya dianggap sebagai bentuk ganti rugi secara finansial. Asuransi ini dapat digunakan untuk kebutuhan perlindungan atas jiwa, kesehatan, atau bahkan rumah dan properti hingga berbagai macam bentuk kekayaan lainnya. Sehingga apabila telah terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan pada beberapa hal yang sudah disebutkan tersebut, maka Anda sebagai pelaku asuransi bisa mendapatkan bentuk penggantian.

Klaim asuransi rumah atau property
Tata Cara Melakukan Klaim Asuransi Rumah Atau Properti
Dalam melakukan asuransi tersebut, Anda juga diwajibkan untuk melakukan pembayaran premi yang mana dilakukan secara berkala dan teratur dalam rentang waktu tertentu. Kemudian sebagai gantinya nanti polis yang akan menanggung dan juga menjamin perlindungan pada diri atau bahkan barang yang Anda asuransikan tersebut, dalam hal yang satu ini adalah rumah atau properti. Bagi Anda yang memiliki bentuk asuransi yang satu ini, dan tidak tahu bagaimana cara untuk  mengajukan klaim, yaitu pengajuan atas pergantian dari kerugian yang dialami oleh Anda selaku pemilik polis yang melakukan asuransi atas rumah dan juga properti tersebut. Maka cobalah untuk mengikuti beberapa bentuk petunjuk pengajuan klaim asuransi di bawah ini, yang berguna untuk memperlancar dan juga menghindari diri dari terjadinya penolakan klaim oleh pihak perusahaan.

Pelaporan Klaim
Saat sesuatu keadaan buruk terjadi pada rumah atau bahkan properti yang Anda miliki, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memberikan informasi kepada pihak perusahaan berupa laporan dari kecelakaan tersebut. Untuk laporan yang diberikan usahakan agar tidak lebih dari waktu 7 hari.

Tindakan Segera Yang Harus Dilakukan
Tindakan yang harus Anda lakukan sesegera mungkin pada saat kecelakaan tersebut terjadi adalah dengan mencegahnya kejadian tersebut berlangsung, baik itu dalam hal mencegah suatu kematian atau bahkan mencegah kerusakan yang mungkin timbul pada harta benda dari rumah serta properti yang Anda miliki. Dalam melakukan pencegahan tersebut dianataranya hal yang dapat dilakukan berupa ;
  • Memanggil pelayanan jasa dari pemadam kebakaran atau bahkan polisi hingga layanan kesehatan yang mana dapat membantu memberikan pelayanan darurat dalam pencegahan hal tersebut.
  • Jika kecelakaan terjadi pada waktu jam kerja, maka Anda diwajibkan untuk melakukan evakuasi kepada seluruh penghuni rumah atau bahkan seluruh staf apabila kecelakaan tersebut berlangsung diwilayah sekitar kantor.
  • Apabila properti yang diasuransikan berupa mesin, maka saat mesin tersebut mengalami kerusakan maka lakukanlah cara perbaikan terlebih dahulu terhadapnya.
  • Libatkan pula sistem keamanan dalam menjaga  tempat berlangsungnya kejadian tersebut
  • Bangun perlindungan sementara untuk menghindari hal lain yang tidak diinginkan
  • Memindahkan harta benda yang dapat terselamatkan menuju tempat yang jauh lebih aman.
  • Upayakan untuk menyelamatkan berbagai macam bentuk catatan penting
  • Potretlah setiap kerusakan yang timbul sebagai bentuk bukti yang ada.
Proses Klaim
Setelah melakukan dua hal di bagian atas, dalam proses klaim selanjutnya yang akan terjadi adalah perusahaan asuransi akan menunjuk pihak Loss Adjuster untuk melakukan investigasi terhadap bentuk kecelakaan yang terjadi terhadap barang atau bahkan hal yang Anda asuransikan. Dalam hal yang satu ini biasanya adjuster tersebut akan turun langsung ke lapangan, kemudian mendokumentasikan apa saja yang terjadi, menetapkan nilai pergantian, serta melakukan wawancara yang berhubungan dengan terjadinya kecelakaan tersebut.

Untuk mempercepat proses klaim itu ada baiknya apabila Anda membantu pihak adjuster dengan mempersiapkan kronologi serta estimate untuk nilai penggantian kepada pihak adjuster saat mereka melakukan survey ke lokasi kejadian. Setelah hal tersebut dilakukan, biasanya pihak adjuster akan memberikan laporan baik secara tertulis dan juga melakukan penjelasan kepada perusahaan asuransi tersebut, kemudian Anda diwajibkan untuk mempersiapkan berbagai macam bentuk dokumen yang dibutuhkan  dalam waktu secepatnya (tidak boleh lebih dari 15 hari)

Apabila dokumen telah diserahkan pada pihak perusahaan, maka mereka akan melakukan pengecekan kembali mengenai kesesuaian atas isinya. Kemudian hal tersebut diproses, dan adjuster akan membuat laporan berkaitan dengan perhitungan klaim, serta proposal pembayaran yang juga membutuhkan persetujuan dari pihak Anda selaku pemilik asuransi. Apabila proposal tersebut telah disepakati bersama, maka pihak perusahaan akan meminta Anda untuk menyetujui Discharge Form yang biasanya dilakukan sebelum transfer uang ganti tersebut dilakukan dalam jangka 7 hari sebelumnya dari asuransi rumah/ properti tersebut.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Bisnis Online Updated at: 9:36:00 AM
Tags :

Related : Tata Cara Melakukan Klaim Asuransi Rumah Atau Properti

0 komentar:

Post a Comment