Apa Itu Asuransi Unit Link?

Asuransi Unit Link merupakan asuransi yang memberikan dua keuntungan sekaligus, yaitu proteksi dan investasi. Asuransi jenis ini memberikan perlindungan santunan asuransi kepada nasabah dan juga merupakan sebuah investasi dalam bentuk nilai tunai. Asuransi unit link memberikan penawaran yang sama dengan asuransi pada umumnya, yaitu perlindungan terhadap kecelakaan, kesehatan dan berbagai manfaat lainnya sesuai dengan yang dipilih peserta.

asuransi unit link
Asuransi Unit link
Kenapa Memilih Asuransi Unit Link?
Asuransi unit link menawarkan dua keuntungan yang wajib dimiliki dan penting yaitu proteksi dan investasi.

Proteksi
Proteksi dapat melindungi Anda dari berbagai risiko terjadinya hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan, sakit atau bahkan meninggal dunia.

Investasi. 
investasi diperlukan untuk merancang kondisi finansial Anda kedepannya, yaitu sebagai biaya pendidikan atau sebagai dana pensiun.

Selain itu yang istimewa pada asuransi unit link ini adalah adanya manfaat dari hasil investasi dari premi, pengelolaan dananya sesuai dengan kondisi pasar uang dan pasar saham yang sesuai dengan unit link yang dipilih nasabah.

Ada banyak sekali kelebihan Asuransi Unit Link diantaranya adalah:
·         Untuk unit link premi tunggal, keluarga yang ditinggalkan akan memperoleh perlindungan, yaitu mendapatkan uang pertanggungan sebesar 150% dari nilai awal investasi. Sebagai contoh seorang pensiunan usia 55 tahun menempatkan dana pensiunnya pada unit link premi tunggal sebesar Rp 500 juta. Seiring bertambahnya tahun nilai ekonomi menurun dan nilai investasi-pun menurun menjadi Rp 300 juta. Kemudian orang tersebut meninggal, maka keluarga yang ditinggalkan akan memperoleh Rp 500 juta dikali 150% sehingga dana yang diperoleh keluarga menjadi Rp 750 juta.

·         Dengan jumlah yang sedkit, Anda bisa membeli reksa dana dengan asuransi unit link. Dengan investasi hanya Rp 50.000 dalam satu bulan, Anda bisa membeli reksa dana. Dengan asuransi unit link, nasabah bisa menginvestasikan dananya sebesar Rp 250.000 untuk proteksi, dan Rp 50.000 sebagai dana investasi setiap bulannya.

·         Bagi orang yang memiliki kondisi yang rawan karena mengalami sakit yang serius, unit link bisa menjadi solusi untuk keluarga Anda. Karena dengan unit link premi tunggal keluarga sudah pasti akan mendapatkan perlindungan 150% dari premi awal.

Dengan banyaknya kelebihan tersebut tentunya unit link premi tunggal lebih menguntungkan bagi nasabah dibanding dengan unit link premi regular (berkala). Namun unit link premi regular akan memberikan keuntungan yang lebih banyak bagi para penjual unit link.

Selain itu pada beberapa program asuransi unit link ada fasilitas cuti bagi para nasabah dimana nasabah bisa tidak membayar premi selama periode tertentu tanpa harus membuat polis gugur. Ditambah lagi dengan transaksi dan perkembangan dana yang transparan, yaitu dengan dilaporkan secara periodik kepada nasabah. Laporan tersebut menginformasikan bahwa seberapa besar premi yang digunakan sebagai proteksi dan seberapa besar premi yang digunakan sebagai investasi untuk membeli unit, selain itu dalam laporan tersebut juga dimuat harga unit pada saat itu, berapa jumlah unit yang dimiliki, jumlah dana kelolaan dan juga biaya beban.

Dalam asuransi unit link setiap premi yang dibayar oleh nasabah dialokasikan untuk proteksi nasabah dan juga investasi yang disesuaikan dengan permintaan Anda. Jika Anda menginginkan pertanggungan yang lebih besar, biaya asuransi unit premi juga semakin besar dan unit investasi akan semakin sedikit.

Yang membuat asuransi unit link semakin istimewa adalah adanya fasilitas “fund switching” yaitu keleluasaan nasabah dalam memindahkan dana kelolaan dari dana kelolaan satu ke dana kelolaan yang lain. Hal ini bisa menjadi kelebihan karena ada banyak pilihan jenis dana kelolaan yang ditawarkan perusahaan. Dalam memilih jenis dana kelolaan unit link, sebaiknya sesuaikan dengan tujuan investasi Anda dan besarnya risiko yang mungkin terjadi. Anda juga harus menyesuaikan kesiapan Anda dalam menghadapi risiko investasi yang mengalami fluktuasi.

Meskipun perusahaan mengijinkan untuk memindahkan dana, namun Anda tidak bisa berpindah dengan frekuensi yang terlalu sering. Hal ini karena perusahaan memberikan batasan frekuensi atas pemindahan dana yang Anda lakukan. Perpindahan dana ini tidak gratis lho, karena setiap melakukan perpindahan dana perusahaan akan mengenakan biaya administrasi.

Dengan adanya kelebihan yaitu penggabungan antara proteksi dan investasi, Asuransi Unit Link lebih menarik minat masyarakat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Bisnis Online Updated at: 10:55:00 AM
Tags :

Related : Apa Itu Asuransi Unit Link?

0 komentar:

Post a Comment